Pengertian dan Manfaat Delivery Order Untuk Usaha

9 November 2022

Bagi para penjual online, delivery order artinya penting. Dengan adanya delivery order, artinya para penjual sudah mengirimkan barang yang dibeli oleh pembeli. Karena pasti mereka yang berjualan, terutama online, akan sering berurusan dengan jasa pengiriman. Oleh karena itu, penting untuk tahu perihal jasa pengiriman.

Semakin banyak orang yang berjualan, terutama online. Hal tersebut tak lepas dari kemajuan digital. Kemajuan digital memungkinkan orang melakukan transaksi secara online. Sekarang, pembayaran saja sudah disarankan digital. Di kota besar, kios-kios kecil bahkan bisa dibayar menggunakan pembayaran digital.

Baca Juga: Apa Saja Isi Format Order Olshop dan Apa Manfaatnya

Karena kemajuan begitu pesat, masyarakat tidak boleh ketinggalan. Semua orang sebaiknya dapat mengimbangi kemajuan tersebut. Karena jika tidak mengikuti kemajuan, perlahan kamu bisa tertinggal. Terbukti banyak merek besar yang dulunya sukses, akhirnya harus hilang dimakan zaman karena tidak mampu beradaptasi.

Karena itu para pelaku usaha UMKM juga harus mampu beradaptasi agar bisa bertahan dan berkembang di tengah terpaan kemajuan. Dengan begitu, tidak masalah bagaimanapun dunia berubah nantinya, kamu akan mampu mengikuti perkembangan tersebut.

Jualan online sendiri memberi banyak kemudahan. Pelaku usaha tidak perlu mempunyai toko fisik untuk berjualan. Mereka juga tidak perlu memiliki alat-alat yang biasanya dimiliki oleh toko konvensional. Saat ini banyak aplikasi yang bahkan gratis untuk membantu berjualan. Penerimaan pesanan juga dilakukan secara online. Jualan online tidak hanya menghemat biaya, namun juga waktu dan tenaga.

Namun tidak berarti jualan online jauh lebih mudah. Proses berjualan juga tetap harus dilewati. Tanpa melalui proses tersebut, bisnisnya juga akan lebih sulit untuk berkembang. Banyak yang harus dipelajari oleh pelaku usaha, baik sebelum membuka usaha maupun saat bisnis tersebut sedang berjalan.

Salah satu yang harus dipelajari adalah masalah pengiriman. Berbeda dengan toko fisik di mana terdapat interaksi langsung antara penjual dan pembeli, di toko online tidak ada. Pemesanan di toko online dilakukan secara online sehingga transaksinya pun juga seperti itu. Pembeli memilih barang mana yang ingin dibeli dan kemudian mengirimkan uangnya sebelum akhirnya pembeli mengirim barang tersebut ke lokasi penerima.

Karena belanja online semakin meledak, tidak heran jika kamu bisa melihat kurir pada berlalu lalang. Variasi ekspedisi juga semakin bertambah. Hal tersebut tidak lepas dari semakin banyaknya transaksi online yang terjadi. Contohnya seperti saat di e-commerce, kamu akan mendapatkan beragam pilihan ekspedisi dan jenis pengiriman yang bisa kamu gunakan.

Oleh karena itu, penting bagi pelaku usaha online baru untuk mengerti tentang perihal pengiriman barang. Pengiriman barang sendiri adalah hal yang sensitif. Biasanya para pembeli akan sering bertanya apakah barang tersebut sudah dikirimkan ke lokasi mereka. Nah biasanya jika kamu sudah mengirimkan barang ke ekspedisi untuk dikirimkan ke penerima, kamu akan diberikan delivery order.

Apa Artinya Delivery Order?

Delivery order sendiri diterjemahkan sebagai pemesanan pengiriman. Jadi delivery order artinya adalah seseorang sudah mengirimkan barang melalui ekspedisi sehingga ekspedisi menerima delivery order. Delivery order sendiri berisi informasi mengenai paket yang akan dikirimkan. Seperti pengiriman jenis apa, barang apa yang ada di dalamnya, alamat penerima yang dituju, serta kapan dikirim.

Delivery order sendiri perlu diisi dengan tepat agar pengiriman barang bisa sampai ke tangan penerima sesuai yang disepakati dengan penerima. Kamu juga bisa mencantumkan apabila barang tersebut adalah barang pecah belah. Dengan adanya delivery order juga, kamu bisa menunjukkan pada pembeli bahwa barang telah dikirimkan.

Ada beberapa manfaat dari delivery order, yaitu sebagai berikut. 

Sebagai Berkas Resmi

Adanya delivery order menunjukan bahwa hal tersebut adalah sebuah bekas resmi yang artinya penjual sudah melakukan pemesanan pengiriman kepada ekspedisi bahwa barang tersebut sudah diberikan beserta informasinya. Dengan begitu, ada dokumen tertulis yang menunjukkan hal tersebut. 

Berbeda jika tidak ada berkas resmi. Bisa jadi suatu saat jika terjadi kesalahan, penjual tidak memiliki bukti kuat bahwa kesalahan tidak ada di tangan menjual melainkan di ekspedisi ataupun kurir yang mengirimkan. Apalagi sekarang serba digital sehingga lebih mudah lagi untuk mendapatkan delivery order.

Bukti Pengiriman kepada Penerima

Tentu dengan berkas yang ada, hal tersebut menunjukkan bahwa penjual telah melakukan pemesanan pengiriman kepada kurir atau ekspedisi bahwa barang dikirimkan sesuai dengan informasi yang sudah diberikan. Tetapi, hal tersebut juga bisa dijadikan bukti pengiriman untuk penerima.

Pembeli orang cenderung lebih sering menanyakan bagaimana dan kapan paket akan dikirimkan. Tentu kita tidak bisa menyalahkan mereka, pembelian online tidak bisa lebih dipercaya dari transaksi secara fisik. Apalagi jika mereka sebelumnya tidak pernah melakukan pembelian di tokomu. Mereka pasti akan merasa skeptis. Dengan menunjukkan delivery order, kamu bisa membuat mereka sedikit lebih lega bahwa barang sudah diserahkan kepada kurir.

Untuk Melacak Paket

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, para pembeli online cenderung lebih skeptis karena mereka tidak bisa bertemu langsung dan melakukan transaksi fisik dengan penjual. Hal itu menyebabkan mereka akan lebih sering bertanya, termasuk apakah barang yang mereka beli sudah dikirimkan, ataupun di mana paket tersebut berada.

Pada delivery order, terdapat nomor resi pengiriman. Resi tersebut merupakan identitas produk yang sedang dikirimkan oleh ekspedisi menuju lokasi penjual. Saat ini, kamu bisa melacak di mana produk tersebut berada, baik sedang dibawa kurir maupun sedang berada di gudang. Resi tersebut bisa dilacak menggunakan situs ekspedisi. Kamu bisa memberikan nomor resi tersebut sehingga penerima bisa melacak sendiri barang tersebut.

Baca Juga: Inilah Manfaat dari Format Order Pesanan pada Bisnis

Perjanjian Pengiriman dengan Ekspedisi

Delivery order artinya adalah perjanjian pengiriman antara penjual dan pengirim barang telah terjadi. Oleh karena itu, aturan-aturan mengenai keadaan pengiriman telah disetujui oleh kedua belah pihak. Jadi jika suatu saat terjadi sesuatu, kamu bisa melakukan tindakan sesuai aturan yang berlaku.

Misalnya terjadi kerugian atau kerusakan pada pengirim atau penerima, dengan adanya delivery order kamu bisa melakukan komplain. Karena jika hal tersebut terjadi saat pengiriman, kamu sudah mempunyai bukti kuat bahwa kamu melakukan pengiriman dengan ekspedisi itu. Hal itu akan menolongmu saat melakukan komplain.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai artinya delivery order serta manfaat yang didapatkan oleh sebuah bisnis dari hal tersebut. Penting bagi pelaku usaha, terutama yang baru, untuk terus mempelajari bagaimana sebuah bisnis terus berjalan. Apalagi seperti yang disebutkan sebelumnya, dunia terus berubah jadi kamu harus mampu untuk terus beradaptasi.


Seperti banyaknya aplikasi yang dapat membantumu mengurus jualan agar tidak kewalahan. Dengan Koala, kamu bisa terbantu dalam menjalankan bisnis. Contohnya fitur kontak pelanggan. Kamu dapat mengorganisir kontak pelanggan sehingga kamu tidak perlu kewalahan untuk mencari nantinya. Belum lagi fitur seperti template chat yang membuat kamu tidak perlu repot membalas pertanyaan yang itu-itu saja dari pelanggan. Tunggu apalagi, yuk pakai Koala!