Tips Mencari Jasa Ekspedisi yang Pas untuk Usaha Kecil

10 November 2022

Menemukan jasa ekspedisi yang paling pas untuk usaha adalah bagian yang cukup rumit terutama jika kamu adalah seorang pemilik usaha yang baru saja memulai usahanya. Menemukan ekspedisi yang tepat dengan harga yang pas juga harus disesuaikan dengan kondisi usahamu. Jasa ekspedisi biasanya menerima pesanan pengiriman barang dalam jumlah besar dan sedikit. Jika kamu bekerja sama dengan ekspedisi dalam bentuk kemitraan, kamu bisa mendapatkan layanan tertentu dari jasa ekspedisi tersebut. Sedangkan jika kamu menggunakan jasa ekspedisi tanpa layanan kemitraan, biasanya kamu akan sedikit kerepotan saat proses pengiriman.

Tips Mencari Jasa Ekspedisi yang Pas untuk Usaha Kecil

Menemukan jasa ekspedisi untuk usaha kecil adalah salah satu hal yang bisa cukup sulit. Terutama jika lokasi usaha cukup jauh dari keramaian. Saat ini usaha online tidak memerlukan lokasi yang padat penduduk. Karena promosi dan penjualan dilakukan secara online, area yang cukup jauh dari keramaian sudah cukup bisa digunakan. Ini mengakibatkan usaha mengalami kesulitan untuk menemukan jasa ekspedisi yang pas untuk menjadi rekan usaha mereka.

Kendala lainnya tentu saja di bidang modal usaha. Usaha kecil tidak memiliki modal besar untuk bekerjasama langsung dengan ekspedisi yang besar. Jadi mereka harus mengirimkan paket lewat jalur biasa terlebih dahulu. Dengan sistem kerjasama, kedua pihak akan mendapat keuntungan yang besar. Berikut ini adalah tips mencari jasa ekspedisi yang pas untuk usaha kecil. 

  1. Kepercayaan
    Percaya satu sama lain adalah faktor penting dalam setiap kerjasama bisnis. Kerjasama dalam jangka panjang akan memerlukan kepercayaan yang kuat antara kedua pihak. Dengan kepercayaan yang kuat, kerjasama bisa berjalan dengan lancar juga. Untuk melihat apakah ekspedisi tersebut bisa dipercaya atau tidak, kamu bisa melihat dari bagaimana cara mereka memperlakukan pelanggan. Apakah mereka membeda-bedakan pelanggan atau tidak? Seharusnya usaha apa pun melayani pelanggan mereka dengan sama rata.

    Selanjutnya apakah mereka memiliki rekam jejak yang bagus atau tidak. Ini bisa dilihat dari siapa saja daftar usaha yang menjadi klien mereka. Perhatikan juga bagaimana etika bisnis mereka. Ini bisa dilihat dari awal sebelum melakukan proses kerjasama. Selanjutnya kamu bisa memeriksa transparansi jasa ekspedisi terhadap biaya pengiriman, potongan harga, timbangan, dan lainnya.

    Kamu juga perlu memantau bagaimana mereka melakukan proses pengiriman. Pastikan bahwa barang aman ada di tangan mereka saat pengiriman. Jadi paket bisa dikirimkan dengan kondisi yang baik sampai di tangan pelanggan.
     
  2. Cukup Realistis
    Semua usaha pasti akan menunjukkan keunggulannya kepada pelanggan. Jadi saat mencari ekspedisi yang tepat kamu perlu memastikan bahwa keunggulan dari jasa ekspedisi tersebut cukup realistis. Saat mereka memberikan informasi seputar keunggulan mereka, kamu juga perlu menyaksikan bukti realistis yang mereka berikan.

    Pentingnya memperhatikan hal ini untuk kerjasama jangka panjang selama bisnis berjalan. Jadi selain keunggulan mereka yang memang sudah terbukti, pihak ekspedisi juga bisa membuktikan kemampuan usaha mereka dengan lebih baik lagi.

    Baca Juga: Rekomendasi Situs Gratis Membuat Logo Online Shop Fashion
     
  3. Harga dan Layanan
    Kemudian kamu juga perlu mempertimbangkan harga dan apa saja layanan yang mereka berikan. Harga yang ditawarkan ekspedisi juga harus sesuai dengan kondisi keuangan usahamu. Biasanya, jasa ekspedisi akan memberikan beberapa pilihan layanan yang bisa kamu pilih untuk usahamu. Dari pilihan tersebut, masing-masing memberikan layanan yang berbeda. Kamu perlu mempertimbangkan mana layanan yang paling dibutuhkan usahamu dan memilih layanan yang sesuai dengan kondisi usahamu.
     
  4. Ketersediaan
    Tidak semua ekspedisi tersedia di seluruh area. Kamu perlu menanyakan apakah ekspedisi tersebut tersedia di lokasi usahamu. Terutama jika kamu memulai usaha di area yang tidak terlalu padat penduduk. Area ini akan jauh dari area yang ramai dan kamu bisa kesulitan menemukan ekspedisi terdekat. Mengirimkan barang juga akan cukup sulit dilakukan. Jadi pastikan ketersediaan jangkauan ekspedisi sebelum bekerjasama dengan ekspedisi tersebut.
     
  5. Tracking Paket
    Cara tracking paket akan sangat diperlukan oleh pemilik usaha. Ekspedisi yang tepat akan menyediakan layanan tracking paket yang dikirimkan. Jadi penjual bisa memberikan informasi yang jelas seputar barang yang dikirimkan oleh penjual kepada pelanggan. Selain manfaat tersebut, tracking paket juga akan menjadi solusi jika terjadi kendala saat pengiriman barang. Misalnya terjadi kesalahan pengiriman, kerusakan, barang hilang dan lainnya. Dengan adanya tracking paket, permasalahan tersebut bisa diselesaikan dengan baik.
     
  6. Teknologi yang Digunakan
    Ekspedisi perlu menggunakan teknologi terkini sebagai salah satu bentuk pelayanannya. Teknologi juga bisa memudahkan proses pengiriman paket dan pengemasan paket. Dengan adanya teknologi yang akurat, proses pengiriman barang juga semakin tersistem dengan baik. Jadi permasalahan human error akan bisa dikurangi. Untuk mengetahui bagaimana teknologi yang digunakan oleh suatu ekspedisi, kamu bisa menanyakan langsung bagaimana sistem pengiriman mereka dan bagaimana sistem penyortiran barang. Kamu juga bisa melihat dari tampilan website dan layanan pelanggan yang mereka sediakan.

    Baca Juga: Waktu Terbaik Posting Instagram di Tahun 2022 untuk Bisnis
     
  7. Layanan Pelanggan
    Ekspedisi profesional memiliki layanan pelanggan yang profesional juga. Mereka siap menjawab pertanyaan pelanggan kapan pun dan di mana pun. Selain itu, layanan pelanggan juga akan membantu pelanggan mengatasi permasalahan yang mungkin terjadi seputar pengiriman barang. Jadi penting sekali memilih ekspedisi yang memiliki layanan pelanggan aktif dan responsif.
     
  8. Sesuai dengan Value Usaha
    Ada banyak sekali pilihan jasa ekspedisi yang bisa ditemukan saat ini. Masing-masing ekspedisi tersebut memiliki keunggulan sendiri. Jadi kamu perlu memilih mana ekspedisi yang sesuai dengan value usahamu. Misalnya jika kamu fokus pada pengiriman yang bersifat Same Day, kamu bisa memilih jenis ekspedisi yang memang ahli dalam melayani pengiriman same day. Agar tidak terjadi masalah pengiriman dan juga masalah lainnya, kamu perlu memilih ekspedisi yang sesuai dengan value usaha dan kebutuhan usahamu agar proses kerjasama bisa berjalan dengan lancar.
     
  9. Layanan Tambahan
    Kamu juga perlu menanyakan layanan tambahan yang diberikan oleh ekspedisi tersebut. Masing-masing ekspedisi memiliki layanan tambahan yang berbeda. Jadi menanyakan apakah layanan ekspedisi bisa memberikan layanan tambahan akan bisa jadi manfaat untuk usahamu. Misalnya apakah ekspedisi tersebut memiliki layanan jemput paket atau garansi menjamin barang sampai tanpa kerusakan atau tidak. Layanan kecil tapi penting seperti ini sangat bermanfaat untuk usaha kecil. Kamu bisa mendapatkan layanan yang tepat dari ekspedisi yang tepat juga.


Hal lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah lokasi ekspedisi tersebut. Baik lokasi pengiriman maupun lokasi mana saja yang dijangkau oleh ekspedisi tersebut. Beberapa ekspedisi hanya mencakup wilayah Indonesia tertentu, sehingga penjual bisa menghadapi kesulitan saat mengirimkan barang. Jadi kamu perlu menanyakan wilayah mana saja yang dijangkau oleh jasa ekspedisi agar usahamu bisa semakin lancar. Agar proses pengelolaan usaha menjadi lebih baik, kamu bisa menggunakan KoalaApp. Dengan fitur kontak pelanggan, kamu bisa berkomunikasi secara langsung dengan pelangganmu dengan mudah. Langsung cek KoalaApp sekarang.