Waktu Terbaik Posting Instagram di 2022 untuk Bisnis

10 Oktober 2022

Kamu bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk posting di Instagram agar bisa mendapat pengikut dan engagement atau keterlibatan yang lebih banyak? 

Seperti strategi pemasaran digital marketing lainnya, Instagram menjadi sebuah ekosistem yang terus berkembang. Hal ini membuat bisnis turut terjun ke dunia Instagram agar mendapat perhatian target audiens dan tentunya berujung pada penjualan.

Namun, menambah pengikut dan membuat mereka terlibat dengan Instagram bisnis tidak selalu mudah karena kamu bersaing dengan banyak pembuat konten, bisnis, dan merek lain. 

Oleh karena itu, kamu bisa melakukan salah satu strategi yang sudah digunakan banyak bisnis di luar sana yaitu memposting konten pada saat sebagian besar audiens kamu aktif di Instagram untuk terlibat dengan mereka. 

Secara lebih lengkap, mari simak artikel Koala berikut agar kamu tahu waktu terbaik untuk posting Instagram dan kenapa hal tersebut penting bagi binsis kamu. 

Kapan Waktu Terbaik untuk Posting Instagram?

Berikut adalah waktu terbaik untuk posting Instagram  menurut socialpilot.com agar bisnis kamu mendapat lebih banyak pengikut dan keterlibatan dengan audiens yang lebih banyak.

  • Senin : 06.00-10.00  
  • Selasa : 09.00-10.00
  • Rabu : 05.00, 11.00, 15.00
  • Kamis : 12.00 dan 17.00
  • Jumat : 09.00-10.00 dan 17.00-18.00
  • Sabtu : 08.00 - 12.00
  • Minggu : 10.00 -14.00


Namun, sejatinya kamu bisa menggunakan data tersebut jika bisnis kamu baru mulai menumbuhkan pengikut. Setelah kamu mengumpulkan pengikut yang cukup besar, kamu harus menggunakan data Instagram untuk menemukan berapa kali pengikut kamu terlibat dengan konten kamu sehingga tahu kapan waktu terbaik untuk posting Instagram.

Baca juga: Begini Caranya Membuat Link Whatsapp di Instagram!

Kenapa Menemukan Waktu Terbaik untuk Posting di Instagram Penting?

Instagram terus mengutak-atik algoritmanya dan membuat ketepatan waktu menjadi sangat penting untuk Instagram bisnis. Kamu sudah sadar dengan beberapa algoritma Instagram berikut ini?

  • Minat: Postingan yang memiliki konten serupa dengan apa yang kamu minati sebelumnya akan muncul di feed Instagram kamu.
  • Kekinian: Postingan terbaru akan diprioritaskan untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi pada feed selama beberapa hari atau postingan yang lebih lama.
  • Hubungan: Akun yang sering berinteraksi dengan kamu sebelumnya di Instagram memiliki peringkat yang lebih baik di timeline Instagram kamu.


Dengan keterkinian menjadi faktor utama dalam menentukan peringkat postingan di Instagram, memilih waktu yang tepat untuk memposting menjadi cukup penting.

Jika lebih banyak orang aktif melihat postingan, tingkat keterlibatan lebih tinggi dalam satu jam pertama postingan. Berdasarkan hal ini, algoritme Instagram akan memutuskan berapa banyak lagi feed yang ditampilkan postingan tersebut untuk lebih meningkatkan interaksi setelah diposting.

Jadi, apa artinya ini bagi kamu?

Ini berarti jika kamu memilih waktu terbaik postingan saat audiens bisnis kamu paling aktif di Instagram, mereka akan lebih cepat menemukan postingan bisnis Instagram kamu di timeline mereka.

Baca juga: Cara Membuat Link di Bio Instagram Agar Lebih Menarik

Seberapa Sering Kamu Harus Posting?

Jawabannya, tergantung pada beberapa faktor. Pertama, apakah kamu memiliki cukup gambar produk, konten, dan ide untuk diposting beberapa kali per hari atau minggu? 

Tujuannya adalah untuk memposting secara konsisten. Jangan abaikan pengikut kamu karena mereka bisa kehilangan minat dan berhenti mengikuti akun Instagram bisnis. Jangan juga asal sembarang memposting demi membuat postingan yang teratur, luangkan waktu untuk melakukan strategi konten yang bijaksana.

Jika kamu tidak memiliki banyak ide posting, cobalah memposting tiga kali seminggu. Kemudian kamu bisa menyesuaikan setelah sekitar satu bulan untuk melihat bagaimana jadwal posting tersebut bekerja untuk kamu dan bisnis.

Bagaimana Menemukan Waktu Terbaik Untuk Posting Instagram?

Setelah kamu tahu waktu terbaik posting Instagram pada umumnya, kenapa menemukan waktu terbaik cukup penting bagi bisnis, dan seberapa sering kamu harus posting, mari selanjutnya bahas hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk menemukan waktu terbaik untuk posting di Instagram.

1. Menganalisis Instagram Insights

Pertama, siapkan akun kamu sebagai bisnis atau kreator untuk melihat Instagram Insights. Jika akun belum diatur menjadi bisnis atau kreator, kamu dengan mengeklik tautan sebelumnya untuk menyiapkan akun.

Setelah kamu memiliki pengikut hingga 100 pengikut atau lebih, kamu bisa melihat demografi  termasuk usia, jenis kelamin, dan lokasi pengikut kamu. Instagram Insights juga memberi kamu kemampuan untuk menganalisis postingan berkinerja tinggi.

Kemudian kamu bisa bertanya-tanya pada diri sendiri, apa yang berhasil dari postingan berkinerja tinggi tersebut? Apakah gambar berkualitas tinggi? Apakah waktu posting? Apakah kontennya menarik? Atau apakah campuran dari semua ini? Dengan begitu, kamu bisa membuat postingan serupa di masa mendatang.

Menganalisis konten kamu termasuk memerhatikan waktu terbaik postingan Instagram akan memudahkan kamu untuk melihat apa yang berjalan dengan baik beserta alasannya.

Baca juga: Cara Melihat Insight Instagram dan Bagaimana Menganalisanya

2. Menggunakan Alat Bantu Pihak Ketiga

Kamu juga bisa menggunakan alat bantu dari pihak ketiga di luar sana untuk melihat analsisis dan menjadwalkan postingan Instagram.

Menggunakan platform manajemen konten atau menganalisis Instagram Insights akan memungkinkan kamu dengan mudah menyesuaikan waktu terbaik posting Instagram dengan zona waktu audiens kamu dan menyesuaikan konten dengan audiens kamu.

3. Memeriksa Konten Pesaing Bisnis

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa konten dan waktu posting pesaing bisnis kamu. Misalnya, apakah postingan hari Selasa jam 2 siang mereka berkinerja baik, atau apakah waktu lain bekerja lebih baik untuk mereka?

Melakukan hal ini juga bisa membantu kamu agar tahu topik-topik terbaik yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk bisnis kamu. 

4. Mengoptimalkan Strategi Konten Instagram

Sekarang setelah kamu memiliki semua tips untuk mendapatkan waktu terbaik posting Instagram yang tepat, saatnya untuk mulai membangun atau menyesuaikan strategi konten Instagram bisnis kamu. Proses ini harus berkembang dan fleksibel, sehingga kesabaran alah kunci utamanya. 

Yang penting tetap konsisten. Posting secara teratur dan periksa kembali sesering mungkin untuk melihat performa postingan kamu. Seiring waktu, semakin banyak konten yang kamu miliki, semakin akurat data kamu untuk menganalisis strategi posting Instagram. Kemudian, kamu bisa mengubah strategi konten kamu berdasarkan hasil analisis tersebut.

Satu hal terakhir yang perlu diingat ketika membuat strategi konten kamu adalah hari libur. Apakah bisnis ingin memposting pada hari-hari libur, membuat promosi untuk audiens, atau menghindarinya sama sekali?

Kesimpulan

Seperti yang kamu baca, perlu waktu untuk mengetahui waktu terbaik posting Instagram. Namun begitu kamu mulai melakukannya, kamu bisa  membuat strategi konten Instagram yang efektif yang memenuhi tujuan bisnis. 

Meskipun waktu posting adalah bagian penting, kamu masih perlu memilih tagar, visual, dan tulisan yang tepat untuk postingan bisnis. Kamu juga perlu memiliki template chat agar bisa merespons audiens sebagai calon pelanggan bisnis kamu secara cepat dan kosisten.

Seperti Template Chat dari aplikasi Koala yang bisa membantu kamu untuk membalas pesan yang sering diajukan oleh audiens atau pelanggan. Untuk selengkapnya, kamu bisa cek Template Chat Koala dengan mengklik tautan di sini.

Pada akhirnya, kamu harus menyeimbangkan semua variabel termasuk waktu terbaik untuk posting Instagram agar mampu mengembangkan pengikut dan meningkatkan keterlibatan secara konsisten.