Cara Melihat Insight Instagram dan Bagaimana Menganalisanya

8 Agustus 2022

Apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara melihat insight instagram? Jika belum kamu perlu mempelajari hal tersebut. Karena dengan cara melihat insight Instagram, kamu akan bisa mempelajari banyak hal seputar audience untuk jualanmu dan juga apa kesukaan pelanggan. Di artikel berikut ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara melihat insight Instagram serta cara menganalisa insight tersebut.

Cara Melihat Insight Instagram untuk Jualanmu

Jika kamu memiliki Instagram untuk usahamu, memeriksa insight adalah hal rutin yang perlu kamu lakukan. Memeriksa insight Instagram adalah bagian dari pekerjaan terutama untuk meningkatkan penjualan. Memanfaatkan sosial media seperti Instagram untuk digital marketing bisa menghemat pengeluaran untuk pemasaran usaha yang relatif mahal.

Dengan cara melihat insight Instagram, kamu bisa mengetahui data penting seputar pelanggan dan perkembangan Instagram untuk usahamu. Berikut ini adalah cara melihat insight Instagram:

1. Buka Profil Instagram

Pertama-tama, pastikan bahwa profil Instagram untuk usahamu dalam keadaan public bukan dalam keadaan private. Instagram yang ada dalam kondisi private tidak akan bisa diakses oleh banyak orang kecuali pengikut saja. Ini akan mempengaruhi cara melihat insight Instagram. Karena data yang masuk bukan data keseluruhan. Tetapi hanya dari sebagian pengikut saja.

Setelah membuka profil Instagram usahamu, kamu bisa klik tanda tiga garis di pojok kanan atas profil. Tanda ini adalah yang mengarah ke pilihan untuk pengaturan dan pilihan cara melihat insight Instagram. Selain membuka tiga garis di pojok kanan atas, kamu juga bisa langsung klik Insight yang ada di profil Instagram bisnis. Ini adalah cara melihat insight Instagram yang paling cepat dan mudah.

2. Pindah ke Akun Bisnis Jika Belum

Apabila kamu kesulitan menemukan tombol Insight pada langkah pertama, kamu bisa mencoba untuk memeriksa apakah akun usahamu sudah dalam keadaan business account atau belum. Caranya adalah dengan masuk ke profil, lalu klik tombol tiga garis, scroll ke bawah dan pilih switch to business account. Dengan berubah ke business account kamu bisa mendapatkan insight Instagram dengan lebih lengkap.

Dengan menggunakan business account kamu juga bisa menambahkan produk di instagram. Pembeli bisa memeriksa instagram dan langsung membeli barang yang mereka inginkan. Instagram bisa menjadi katalog dan platform jualan yang menarik untuk 

3. Sambungkan dengan Facebook

Langkah ini adalah langkah tambahan untuk cara melihat insight Instagram. Kamu bisa menghubungkan akun instagram usahamu dengan akun Facebook. Manfaat dari menggabungkan kedua sosial media ini adalah agar kamu bisa menjangkau lebih banyak audience dan mendapatkan insight yang lebih baik. Ini bisa menjadi cara untuk meningkatkan penjualan usahamu.

 

Menganalisa Insight Instagram Jualanmu

Setelah mengetahui cara melihat insight instagram, selanjutnya adalah menganalisa insight tersebut agar menjadi data yang nantinya membantumu untuk mengambil keputusan usaha. Insight Instagram sudah cukup lengkap terutama untuk usaha kecil dan menengah. Kamu bisa menggunakan Instagram untuk promosi dan mengiklankan usahamu. 

Pastikan kamu sudah memasukkan daftar produk yang kamu jual. Caranya adalah masuk ke profil Instagram usahamu, lalu klik tab add shop. Selanjutnya kamu tinggal memasukkan akun mana yang ingin kamu pakai untuk berjualan dan memasukkan email yang diperlukan. Selanjutnya kamu bisa set up dengan mudah produk yang kamu jual. Masukkan juga deskripsi produk yang menarik untuk pelanggan.

Selanjutnya kamu hanya perlu menganalisa insight Instagram tersebut agar menemukan cara jualan yang sukses. Berikut adalah istilah yang ada dalan insight Instagram dan fungsinya untuk jualanmu:

1. Insight Overview

Pada tab Insight, kamu akan menemukan Insight Overview. Di dalamnya, terdapat rangkuman dari insight yang telah dikumpulkan Instagram pada jangka waktu tertentu. Dalam Insight Overview, terdapat rangkuman dari seluruh interaksi baik untuk kiriman stories, feed, atau sekedar kiriman untuk katalog jualanmu. Ada juga cara melihat insight Instagram untuk setiap postingan yang nanti juga akan dijelaskan di artikel ini. 

2. Account Reached

Dalam tab account reached berisi semua akun unik yang telah melihat kirimanmu paling tidak sekali. Akun unik ini tidak hanya akun dari para pengikut Instagram usahamu, tetapi juga akun lain yang tidak mengikuti akunmu. Cara melihat insight Instagram untuk account reached adalah dengan melihat persentase yang diberikan oleh Instagram. Persentase tersebut merupakan angka untuk perhitungan dalam jangka waktu tertentu. Jumlah angka yang muncul adalah para audience yang mungkin tertarik dengan jualanmu.

3. Account Engaged

Tab account engaged merupakan jumlah akun yang berinteraksi dengan postinganmu. Termasuk di dalamnya postingan iklan dari produk jualanmu. Dalam account engaged yang tersedia, kamu akan melihat angka untuk semua jenis interaksi yang terjadi pada akunmu. Mulai dari likes, share, comment, save, dan juga replies. Persentase yang ditunjukkan oleh Instagram untuk account engaged lebih spesifik dibanding account reached. Karena tab ini berisi semua akun yang bereaksi untuk setiap kirimanmu.

Baca Juga: Cara Menentukan Target Pemasaran Bisnis Online

4. Total Followers

Total followers adalah seluruh total pengikut akun Instagrammu. Untuk membaca total followers, Instagram akan menyediakan angka pertumbuhan seberapa banyak pengikutmu bertambah atau berkurang. Meningkatkan jumlah pengikut bisa memberikan dampak positif untuk jualanmu. Karena semakin banyak pengikut, potensi pembeli juga semakin tinggi.

5. Content You Shared

Content you shared adalah jumlah konten yang kamu bagikan dalam jangka waktu tertentu. Baik konten berupa post, reels, stories, videos, Live videos, hingga iklan jualan yang kamu pasang. Tab ini akan sangat membantu cara melihat insight Instagram karena dari konten yang dibagikan, insight akan berkembang. Kamu juga bisa mengetahui mana produk yang paling laris dan menarik perhatian para pembeli lewat insight ini.

6. Active Promotion

Active Promotion atau promosi yang sedang aktif. Berisi tentang semua promosi yang telah kamu lakukan lewat Instagram. Agar jualanmu tetap laris dan mendapatkan calon pembeli yang banyak, kamu bisa melakukan promosi lewat Instagram. Dengan menggunakan iklan, Instagram akan membantu untuk menjangkau lebih banyak pembeli.

 

Istilah-istilah untuk cara membaca insight Instagram di atas, merupakan istilah yang cukup umum dan mudah dipahami. Insight yang ada di dalam Instagram juga bisa dilihat berdasarkan tiap postingan yang kamu buat. Kamu bisa melihat insight untuk setiap postingan dengan cara membuka postingan tersebut lalu klik view insight yang ada di bawah setiap postingan.

Jika kamu ingin memeriksa insight dari stories yang kamu buat, kamu juga bisa melakukan cara melihat insight Instagram seperti di atas atau buka stories yang telah kamu bagikan, lalu scroll ke atas.

Penjelasan istilah untuk cara melihat insight Instagram dalam setiap postingan tetap sama seperti poin-poin di atas. Tetapi ada satu poin tambahan yaitu profile activity. Dalam profile activity, berisi tentang tindakan yang diambil oleh akun lain terhadap akunmu setelah melihat konten yang kamu bagikan. Misalnya seperti follow, profile visit, website tap, sticker tap, dan lainnya.

Dengan mengetahui cara melihat insight Instagram seperti di atas, kamu bisa meningkatkan kinerja Instagram untuk jualanmu. Data-data yang diberikan Instagram cukup lengkap untuk dianalisa dan dipelajari. Pastikan kamu rajin mengunggah konten bermanfaat agar cara melihat insight Instagram usahamu bisa lebih mudah dan potensi pembeli yang tertarik pada produkmu di Instagram jadi semakin tinggi juga.

Jika kamu tidak membagikan konten secara rutin, maka Instagram akan kesulitan mendapatkan insight yang lengkap. Produk yang kamu jual juga akan mengalami kesulitan untuk berkembang.

Agar usahamu bisa berjalan dengan lancar, kamu juga bisa menggunakan Koala App. Koala App adalah aplikasi yang bisa membantu pemilik usaha untuk mengelola setiap transaksi, memeriksa ongkos kirim, serta mengelola kontak pelanggan tanpa harus berpindah ke aplikasi lain. Koala App memudahkan setiap pemilik usaha untuk menjalankan bisnisnya kapan pun dan dari mana pun. Pastikan kamu pilih Koala App untuk mengelola usahamu.