Tips-tips Desain Katalog Produk untuk Bisnis Milik Kamu

28 Juni 2022

Desain katalog produk merupakan salah satu hal yang harus kamu lakukan jika mempunyai bisnis sendiri.

Perlu diingat, banyak yang harus dipikirkan sebelum memulai usaha. Memulai bisnis sendiri tidak semudah kamu membalikkan telapak tangan.

Baca juga: Deskripsi Produk Makanan

Banyak orang yang memulai berbisnis, terutama di online karena ingin menambah pemasukan. Di masa sekarang ini, sulit untuk hanya mengandalkan pemasukan dari satu sisi aja.

Keadaan ekonomi yang tidak menentu ini juga dapat mengganggu perekonomian kamu maupun keluarga. Oleh karena itu, memulai bisnis sebaiknya dilakukan sedini mungkin. 

Memulai usaha di zaman yang semakin modern ini juga semakin mudah, kamu bisa memulai usaha secara online jika kamu tidak mempunyai modal banyak untuk membuka toko fisik. Kalo kamu mempunyai modal yang cukup dan kamu belum mempunyai ide bisnis, kamu bisa saja membuka usaha melalui franchise.

Terlebih lagi, usaha franchise sudah bertebaran di mana-mana. Jadi hal tersebut semakin memudahkan kamu untuk melihat mana brand franchise yang berjalan dengan baik. Kamu juga semakin mudah untuk menentukan mana yang kamu inginkan. Sebaiknya kamu menjalankan bisnis yang kamu rasa lebih familiar agar dapat mempermudah kamu dalam mengelola bisnis tersebut. 

Banyak jenis usaha yang bisa kamu lakukan. Mulai dari usaha makanan, minuman, pakaian, maupun barang sehari-hari. Sebelum memulai usaha, sebaiknya kamu mempersiapkan business plan. Persiapan yang baik tentunya bisa menjadi modal yang baik untuk memulai usaha.

Kamu perlu mempersiapkan modal yang cukup untuk memulai usaha. Modal yang kamu perlukan baiknya dari uang yang dingin. Uang yang dingin di sini maksudnya merupakan uang yang tidak kamu pakai. Jangan sampai modal tersebut mempertaruhkan biaya kehidupan sehari-hari.

Kamu tetap memerlukan hal tersebut. Kamu juga sebaiknya mempunyai dana cadangan. Karena pendapat yang kamu dapatkan dari bisnis pastilah relatif.  

Lalu kamu perlu menjaga konsistensi, Kamu jangan mudah menyerah. Membangun bisnis tidak semudah itu, Kamu memerlukan mental yang juga kuat.

Kamu harus selalu konsisten dalam berjualan. Tentu saat memulai tidak akan ramai. Kamu juga memerlukan promosi untuk berjualan. Kamu bisa melakukannya mulai dari keluarga dan teman-teman terdekat milikmu.

Kemajuan teknologi juga dapat kamu manfaatkan dengan menggunakan ads maupun sosial media tertentu. Kamu juga bisa berjualan secara online.

Berjualan online akan mempermudah kamu dalam menjual barang dan memasarkannya. Berjualan melalui online juga membutuhkan modal yang lebih sedikit dibandingkan berjualan fisik.

Selain itu, kalau produk yang kamu jual bukan merupakan produk yang kamu sendiri atau homemade, kamu perlu mencari supplier yang bisa kamu andalkan.

Selain kualitas barang, harga juga memerlukan pertimbangan. Karena itu, kamu perlu mendapatkan harga yang berbanding lurus dengan kualitas. Tentunya hal itu tidak mudah, tapi tetap perlu kamu lakukan.

Selain itu kamu juga memerlukan strategi pemasaran yang baik. Salah satu hal yang bisa menjadi pertimbangan kamu adalah desain katalog produk.

Kenapa desain katalog produk bisa jadi pertimbangan untuk kamu? Karena desain katalog produk yang baik tidak hanya terlihat indah, namun juga mempermudah konsumen untuk membeli produk milikmu. 

 

Elemen-elemen desain katalog produk

Desain katalog produk tentunya terdiri dari beberapa hal, berikut elemen-elemen yang perlu jadi pertimbangan saat kamu membuat desain katalog produk

  • Foto

Foto produk yang baik pada desain katalog produk akan menarik minat pelanggan. Kualitas foto tentunya yang paling utama. Kualitas foto yang kurang baik bisa membuat produk kamu diragukan pelanggan.

Selain itu, jangan menggunakan foto produk dari situs penyedia foto berbayar atau dari mesin pencari. Foto yang kamu gunakan akan memberikan identitas produk kamu. Jika foto yang kamu gunakan bukan merupakan foto produk kamu sendiri, orisinalitas produk kamu akan diragukan. Untuk itu, kamu harus memotret produk yang ingin kamu jual.

Salah satu contohnya adalah menggunakan latar belakang yang tepat untuk produk yang kamu gunakan. Jangan sampai foto produk kamu jadi tertutup oleh latar belakangnya. Selain itu, jika barang tersebut bisa dikenakan, lebih baik jika kamu memberikan foto di mana produk itu dikenakan. Dengan begitu, pelanggan dapat mengira-ngira barang yang akan mereka beli pada desain katalog produk.

 

  • Tema

Tentukan tema yang inginkan saat membuat desain katalog produk. Seperti warna misalnya. Warna yang kamu gunakan pada desain katalog produk harus selaras dengan warna brand kamu. Penggunaan warna yang senada akan membuat konsumen lebih mudah mengenali produk kamu.

Penggunaan tema yang tepat akan membuat produk kamu lebih tersorot. Kamu perlu memilih tema yang sesuai dengan produk agar dapat saling melengkapi. Layout desain katalog produk juga penting karena berpengaruh pada kemudahan konsumen saat melihat-lihat. Layout yang rumit hanya akan menjauhkan pelanggan karena hal itu termasuk pengalaman kenyamanan berbelanja.

 

  • Deskripsi

Pada desain katalog produk, penting sekali bagi kamu untuk memberikan deskripsi untuk suatu produk. Deskripsi tersebut dapat berisi tentang bahan produk tersebut, warna dari produk tersebut, ataupun ukuran dari produk tersebut.

Kamu perlu memberikan informasi yang detil pada deskripsi produk kamu. Selain mengurangi pelanggan bertanya, hal tersebut akan membuat pelanggan lebih mudah jika mereka perlu membeli produk tersebut dengan cepat.

 

  • Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang kamu gunakan pada desain katalog produk  juga harus sesuai dengan target pasar kamu. Jika kamu menjual barang yang lumayan prestisius, sebaiknya kamu menggunakan kata-kata yang lebih formal agar tidak terlihat murahan.

Sedangkan jika produk yang kamu jual adalah barang yang populer di kalangan anak muda, sebaiknya kamu menggunakan bahasa yang lebih kasual. Selain itu, gunakan kata-kata yang sering digunakan dan menggunakan kaidah KBBI agar kata-kata tersebut lebih sering muncul di mesin pencari.

Tapi kamu harus memilih kata-kata yang aman pada desain katalog produk karena kata-kata yang tertera di produk akan mencerminkan brand kamu. 

 

  • Font

Jenis font yang kamu gunakan pada desain katalog produk juga harus kamu pilih. Jangan sampai kamu menggunakan font yang sulit dibaca.

Ukuran yang digunakan juga penting karena ukuran font yang tepat pada desain katalog produk akan memudahkan konsumen untuk membaca nama produk maupun deskripsi produk kamu. Warna font juga berpengaruh pada desain katalog produk jadi pastikan warnanya sesuai dengan tema.

 

  • Call to Action

Call to Action atau CTA juga perlu kamu cantumkan di akhir produk. Hal tersebut akan membuat konsumen secara tidak langsung ingin membeli produk tersebut. CTA yang baik akan mengubah pikiran konsumen untuk membeli produk.

 

Hal-hal di atas merupakan elemen yang perlu kamu pikirkan saat membuat desain katalog produk. Sama seperti halnya kamu membuat bisnis, hal seperti ini juga kamu pikirkan dengan matang karena detil kecil pada akhirnya dapat membuatmu kedatangan konsumen. Contohnya seperti sistem pelayanan dan penjualan. 
 

Dengan sistem digital di Koala, kamu punya sistem yang bisa merangkap transaksi penjualan, pesanan dari pembeli, maupun kemampuan untuk mengecek pengiriman pemesanan hanya lewat aplikasi. Jadi mudah, kan? Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa cek di sini.