Mengenal Dekat TikTok serta Barang-barangnya yang Viral

7 Juli 2022

Kamu pernah beli barang viral di TikTok? Atau justru kamu belum tahu TikTok itu apa? TikTok adalah sebuah aplikasi media sosial dari Tiongkok yang semakin besar. Konten-konten TikTok biasanya berisi potongan video-video pendek. Namun, hal itu yang membuatnya menarik. Kreator video tidak perlu membuat video-video panjang seperti di Youtube.

Banyak juga barang viral di TikTok. TikTok sendiri sebenarnya sudah muncul dari tahun 2016 dari Tiongkok dengan nama Douyin yang hanya eksklusif untuk rakyat Tiongkok. Saat ini, TikTok tersedia di kurang lebih 154 negara dan memiliki pengguna sebanyak lebih dari 1 milliar orang.

TikTok sendiri mempunyai konsep yang tidak jauh berbeda dengan Musically dan Vine. Pada TikTok, kamu bisa menemukan bermacam-macam video. Mulai dari video joget, hingga video tutorial dan semacamnya. Beragam informasi bisa kamu dapatkan dari TikTok.

Semenjak pandemi berlangsung, TikTok mulai mendapatkan perhatian. Mobilitas yang dibatasi membuat masyarakat harus mencari hiburan tertentu. TikTok datang di saat yang tepat. TikTok membuat banyak masyarakat terhibur selama pandemi. Bahkan barang viral di TikTok. Selain itu, mulai banyak influencer yang muncul dari TikTok.

Baca juga: Contoh Kerajinan Rotan

 

Bahkan berdasarkan data, jumlah pengguna TikTok pada tahun 2022 mencapai 92 juta orang dibanding 37 juta pengguna pada tahun 2020. Penggunaan TikTok menjadi semakin masif. Banyak lagu-lagu yang dijadikan sound pada TikTok, kemudian menjadi terkenal kembali.

Konsep TikTok yang hanya menyediakan video sederhana menjadi kemudahan tersendiri bagi para pengguna. Tetapi, bukan berarti mudah untuk membuat sesuatu viral di TikTok. Algoritma TikTok yang berbeda membuat para kreator memutar otak.

Kalau di Instagram yang muncul di beranda hanya orang yang kita ikuti, berbeda halnya dengan TikTok. Pada beranda TikTok, ada dua bagian di beranda. Yang satu berisi konten dari kreator yang kita ikuti. Sedangkan yang kedua adalah for you page atau fyp.

Pada FYP, kamu bisa menemukan beragam video. Mulai dari video yang sudah viral, hingga bahkan video tidak terkenal. FYP tersebut juga nantinya akan menyesuaikan dengan selera video yang kamu sudah tonton dan kamu sukai. TikTok sendiri akhirnya juga menjadi sasaran para pemilik bisnis untuk menjual dan mempromosikan bisnisnya. Brand-brand besar juga berlomba untuk membuat produknya menjadi barang viral di TikTok..

Baca juga:Cara Membuat Nama Online Shop

 

Pada kenyataannya, membuat viral tidak semudah itu. Bahkan di media sosial lain yang sudah ada 10 tahun belakangan, hal-hal viral bukanlah sesuatu yang dapat dibuat secara organik. Bahkan malah banyak masyarakat yang ingin viral justru melakukan hal negatif.

Selain hal tersebut tidak pantas dilakukan, viral karena negatif juga akan membuatmu tenggelam dengan cepat juga. Apalagi TikTok. TikTok yang masih tergolong baru membuat para pekerja yang bekerja di seputar sosial media terus membedah TikTok untuk menemukan formulanya sendiri agar dapat berhasil.

 

Seperti media sosial yang sudah sudah, TikTok juga menjadi media bagi para pengusaha untuk menjual produk bisnisnya. Baik dalam skala kecil maupun besar. TikTok sendiri mempunyai fitur yang dinamakan TikTok shop.

Apa sih TikTok Shop? TikTok Shop adalah fitur yang tersedia bagi para pengguna TikTok dengan akun bisnis. TikTok shop muncul pada 2021 karena seringnya barang viral di TikTok. Fitur ini sudah ada bagi para pengguna TikTok di Indonesia, Kanada, Amerika Serikat di Inggris. Selain itu, kamu bisa melakukan ads placement di TikTok.

Ada 4 jenis ads di TikTok:

In-feed ads

Ads ini akan kamu temukan ketika kamu sedang  scroll For you page milikmu. Sama seperti video lainnya, kamu juga bisa menyukai atau memberi komen pada video tersebut. Ads ini bentuknya sama seperti video lainnya namun akan ada tautan yang bisa kamu klik untuk masuk layanan produk tersebut.

Hashtag Ads

Tidak berbeda dengan penggunaan hashtag di Twitter, penggunaan hashtag di TikTok juga bisa dimanfaatkan sebagai ajang promosi sebuah kampanye produk. Hashtag tertentu akan muncul di bagian Discovery kamu. Hashtag tersebut biasanya dibuat oleh sebuah brand agar para kreator membuat video dengan tertentu. 

Branded Filter

Penggunaan filter yang lazim digunakan baik di Instagram maupun TikTok membuat filter menjadi salah satu media promosi bagi brand untuk mempromosikan produknya. Biasanya brand akan menggunakan influencer untuk mempopulerkan fitur tersebut.

Top view Ads

Saat kamu membuka TikTok, ads akan muncul di bagian halaman depan. Pada ads ini, kamu bisa menaruh video dengan durasi hingga 60 detik. Selain itu, kamu bisa juga meletakkan link pada ads ini.

Baca juga: Rekomendasi Tas Simple untuk Ibu-ibu

 

Berkat TikTok pula, bukan hanya musisi yang lagunya jadi kembali viral. Para penjual juga mendapatkan keuntungan. Banyak sekali barang viral di TikTok. Ditambah dengan kehadiran TikTok shop membuat TikTok menjadi pasar baru bagi brand dan pelaku usaha. Apalagi saat ini, di mesin pencari kamu bisa menemukan rekomendasi barang viral di TikTok. Berikut adalah contoh barang viral di TikTok:

Pemutih Ketiak

Tidak hanya pemutih kulit yang biasa, ternyata banyak masyarakat yang ingin memutihkan ketiaknya. Banyaknya kreator kecantikan membuat produk seperti pemutih ketiak menjadi barang viral di TikTok. Beberapa merek pemutih ketiak tertentu kemudian menjadi viral berkat TikTok.

Hair Powder

Banyaknya akun-akun barbershop yang viral di TikTok membuat banyak gaya rambut yang viral. Hal tersebut juga membuat banyak produk perawatan pria menjadi barang viral di TikTok. Salah satunya adalah hair powder sebagai barang viral di TikTok. Hair powder ternyata banyak diminati pria yang penasaran dan ingin memakainya untuk mengatur rambutnya.

Moisturizer

Moisturizer yang merupakan pelembab juga menjadi barang viral di TikTok. Kehadiran kreator konten kecantikan di TikTok membuat merek tertentu menjadi viral. Rekomendasi pribadi kreator tersebut membuat banyak pengguna yang percaya dan kemudian membeli barang viral di TikTok.

Sandal Karet Jelly

Sendal juga merupakan salah satu barang viral di TikTok. Banyaknya konten-konten daily vlog atau konten sehari-hari membuat banyak yang membeli sandal tersebut. Seperti barang viral di TikTok sebelumnya, biasanya barang viral karena rekomendasi dari beberapa kreator.

Tempat Tidur Binatang

Tidak hanya manusia, binatang juga bisa menjadi viral di TikTok. Begitu pula barang viral di TikTok untuk binatang. Para kreator yang memelihara binatang juga memberikan rekomendasi barang viral di TikTok. Salah satunya adalah tempat tidur binatang. Tempat tidur ini biasanya digunakan oleh anjing maupun kucing.

 

Nah barang-barang di atas merupakan contoh barang viral di TikTok. Kalau kamu ingin barang yang kamu jual menjadi barang viral di TikTok, kamu bisa memulai membuat konten untuk mempromosikan barang tersebut.

Atau kamu juga bisa ikutan menjual barang viral di TikTok. Tetapi yang paling terpenting adalah saat kamu berjualan, kamu harus mempunyai sistem penjualan yang terpercaya dan mudah. Semua itu bisa kamu dapatkan di Koala. Aplikasinya gratis, tapi membantu banget buat kamu yang jualan.

Dengan sistem digital di Koala, kamu punya sistem yang bisa merangkap transaksi penjualan, pesanan dari pembeli, maupun kemampuan untuk mengecek pengiriman pemesanan hanya lewat aplikasi. Jadi mudah, kan? Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa cek di sini.