Inilah Manfaat dari Format Order Pesanan pada Bisnis

11 Oktober 2022

Setiap usaha tentu mempunyai format order pesanan masing-masing. Hal tersebut tergantung masing-masing industri karena produk yang dijual pun berbeda macamnya. Tetapi format order pesanan merupakan salah satu hal yang wajib diisi pelanggan saat melakukan pemesanan kepada suatu usaha, baik itu online maupun offline.

Orang-orang yang membuka usaha semakin bertambah. Itu tidak lepas dari kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi membuat masyarakat lebih mudah untuk memulai bisnis. Kalau sebelumnya sebuah usaha harus mempunyai toko fisik, dengan kemajuan teknologi, hal itu tidak terlalu krusial lagi. Pelaku usaha dapat membuka sebuah usaha dengan membuat akun di marketplace ataupun media sosial.

Banyak kelebihan yang didapatkan dari berjualan secara online. Selain praktis, pelaku usaha juga bisa menghemat energi dan modal dengan berjualan secara online. Bagaimana tidak, pelaku usaha cukup mempunyai sebuah gawai dan akun berjualan. Mereka dapat menerima pesanan tanpa perlu keluar dari rumah.

Selain itu, promosi juga mempunyai alternatif baru dengan kemajuan teknologi. Salah satunya adalah ads maupun media sosial. Ads bisa digunakan oleh para pelaku usaha di mana saja. Ada bermacam-macam ads mulai dari ads di media sosial, digital ads dan lain-lain. Begitu pula dengan media sosial, seseorang bisa mempromosikan toko dan produk yang mereka jual atau representasikan tanpa mengeluarkan biaya. Meskipun tetap harus menggunakan konsep yang baik agar dapat dipasarkan.

Baca Juga: Mengenal Arti Repeat Order dan Cara Memaksimalkannya

Tapi selain dari hal-hal tersebut, baik pelaku usaha online maupun offline tetap sama. Mereka tetap harus melalui proses menentukan konsep, mengumpulkan modal, menentukan target pasar, promosi dan semacamnya. Yang membedakan hanyalah platform yang ada jadi lebih praktis.

Format Order Pesanan

Begitu pula dengan pemesanan. Ketika pelanggan ingin melakukan pemesanan, tentu mereka melihatnya dari katalog produk yang sudah disediakan. Apalagi jika di marketplace, mereka hanya melakukan pembelian yang ada dan pelaku usaha memprosesnya. Namun, kesalahan pemesanan lebih besar terjadi pada bisnis online. Apalagi jika tidak memiliki sistem manajemen yang baik.

Karena itu, biasanya tiap usaha online yang tidak memiliki sistem untuk memesan dari katalog, akan menggunakan format order pesanan untuk produk yang ingin dibeli oleh pelanggan. Dengan begitu, kemungkinan pesanan salah kirim akan menjadi kecil. Berikut adalah format order pesanan yang biasa digunakan oleh usaha-usaha.

Nama Pembeli

Para calon pelanggan harus mengisi nama mereka dalam format order pesanan. Sebaiknya juga mereka harus menggunakan nama asli. Hal itu karena nama pembeli akan dijadikan nama penerima ketika barang dikirimkan pada alamat tujuan.

Nomor Telepon

Calon pelanggan juga harus mengisi nomor telepon mereka pada format order pesanan. Selain akan ditulis untuk detail pengiriman barang, no telepon juga diperlukan jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada barang atau pengirimannya. Akan lebih mudah untuk mengontak pembeli jika ia mencantumkan no teleponnya.

Alamat

Ini adalah salah satu poin format order pesanan yang paling penting. Karena alamat akan digunakan untuk lokasi pengiriman barang yang sudah dipesan. Jadi alamat yang dicantumkan juga harus detail agar produk bisa sampai dengan baik di tujuan tanpa tertunda. Selain mencantumkan kota dan provinsi, ada baiknya nama jalan, ataupun kecamatan/ kelurahan juga dituliskan.

Produk yang Dipesan

Ini adalah poin penting lainnya dalam format order pesanan. Format ini diisi tentu karena pelanggan ingin membeli barang. Pastikan barang yang dituliskan sesuai dengan produk yang ingin kamu beli. Karena bagian yang mengurus produk, akan mengirimkan produk yang ada sesuai dengan informasi produk yang dipesan di format order pesanan.

Selain itu, pastikan ketersediaan produk tersebut sebelum mengisi format order pesanan untuk berjaga-jaga. Pastikan produk yang kamu pilih ditulis secara detail. Karena ini bukan memilih barang secara otomatis, jadi lebih baik kamu mencegah hal tersebut dengan memasukkan informasi produk yang kamu inginkan sejelas mungkin. Mulai dari jenis barang, warna, ukuran, rasa dan lain-lain.

Keterangan

Hal ini bisa diisi pada format order pesanan jika ternyata pelanggan mempunyai sebuah permintaan tertentu. Seperti jika pada pemesanan kue ia meminta tulisan di atas kue tersebut. Atau misalnya jika melakukan pre-order makanan, pelanggan meminta agar suatu bahan tertentu tidak digunakan pada makanan yang ia beli.

Setelah mengisi format order pesanan, biasanya penjual akan memproses untuk mengetahui ongkos kirim ekspedisi yang dibutuhkan hingga sampai ke alamat pembeli. Setelah itu, pelanggan akan diharapkan untuk melakukan pembayaran agar barang yang dibeli bisa langsung diproses oleh penjual.

Baca Juga: Apa Saja Isi Format Order Olshop dan Apa Manfaatnya


Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan format order pesanan, di antara lain:

Bukti Pemesanan

Tentu saja format pesanan order akan menjadi bukti pemesanan dari pelaku usaha maupun pembeli. Ini adalah salah satu manfaat yang bisa berguna bagi kedua belah pihak. Ketika ada pembeli melakukan komplain namun kamu tidak merasa salah, kamu bisa memberikan bukti bahwa kamu sudah mengirim barang sesuai pesanan. 

Hal tersebut juga berlaku sebaliknya bagi pembeli. Dengan adanya format pesanan order yang tertulis, komplain yang ia lakukan valid jika ternyata barang yang ia terima tidak sesuai dengan barang yang ia pesan. Ini adalah salah satu alasan kenapa sebaiknya usaha online menggunakan format order pesanan yang menguntungkan kedua belah pihak.

Mempercepat Proses

Manfaat lain dari format pesanan order adalah mempercepat proses. Dengan mengisi format tersebut, seorang pembeli dapat memberikan pesanan yang ia inginkan pada penjual. Setelah itu, penjual dapat langsung memproses pesanan tersebut sesuai dengan informasi yang sudah diberikan oleh pembeli.

Bayangkan jika tidak ada format pesanan order, tentu penjual akan menjadi kelimpungan saat memproses pemesanan tersebut. Tanpa format tertentu juga akan merepotkan. Karena penjual nantinya jadi harus berulang kali mencari tahu informasi tersebut.

Lebih Terorganisir

Menggunakan format pesanan order akan membuat usahamu jadi lebih terorganisir. Sebuah usaha perlu mempunyai sistem yang terorganisir sehingga proses usaha dapat berjalan dengan baik dan lancar. Adanya format tertentu akan membuat usaha tersebut mempunyai sistem yang berjalan dengan baik.

Adanya format tersebut juga sedikit banyak membantu agar tidak berantakan. Manajemen yang baik akan membantu mempermudah karyawan untuk bekerja. Keterlambatan produksi ataupun pengiriman barang pun bisa dicegah dengan adanya format order pesanan bagi produk yang dibeli. 

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai format pesanan order serta manfaat yang kamu dapatkan dari bisnis. Format tersebut biasanya digunakan oleh usaha yang tidak mempunyai marketplace dan menyediakan pemesanan melalui chat. Jadi, format tersebut akan sangat membantu.

Selain format yang baik, pelaku usaha juga perlu mempunyai aplikasi yang membantumu dalam berbisnis. Satu aplikasi yang menyediakan berbagai macam fitur untuk membantu para wirausahawan. Dengan Koala, banyak yang bisa kamu dapat. Mulai dari manajemen produk, manajemen transaksi, live customer service dll. Tunggu apalagi, langsung aja pakai Koala!