Mengenal Arti Repeat Order dan Cara Memaksimalkannya

9 Agustus 2022

Apakah kamu sudah mengetahui arti repeat order? Repeat order adalah salah satu istilah dalam bisnis online yang cukup sering ditemui saat kamu melakukan bisnis online. Selain repeat order, kamu juga akan menemukan istilah bisnis online lainnya seperti omset, dropship, reseller, dan cancel order.

Arti repeat order dalam Bahasa Indonesia adalah pemesanan kembali atau pesan ulang. Istilah ini umum dipakai dalam istilah bisnis terutama untuk penjualan dan juga sering ditemui dalam istilah pemasaran. Arti repeat order dalam bisnis online adalah pesanan lain dari seorang pembeli yang sudah membeli barang atau jasa yang sama sebelumnya.

Arti repeat order terkadang memiliki definisi yang berbeda tergantung pada jenis usaha yang dijalankan. Meskipun berbeda konsep arti repeat order sama seperti pengertiannya. Contoh sederhana untuk arti repeat order adalah dalam bisnis dengan ranah yang berbeda.

Dalam suatu bisnis katering harian, seseorang bisa memesan paket A yang berisi nasi, sayur, ikan, dan minuman. Jika pelanggan tersebut memesan lagi paket A pada pembelian selanjutnya, maka hal tersebut bisa dikategorikan dalam repeat order meskipun dengan menu yang berbeda.

Sama dengan bisnis di ranah lain. Misalnya untuk bisnis yang berhubungan dengan perawatan kuku. Seorang pelanggan memesan jasa manicure lengkap dengan pemakaian kutek. Pembelian selanjutnya, pelanggan tersebut memesan jasa pedicure tanpa pemakaian kutek. Hal ini juga bisa disebut dengan repeat order meskipun kondisinya berbeda di kedua jenis usaha.

Contoh di atas akan memberikan gambaran tentang arti repeat order jadi kamu bisa menyimpulkan bagaimana konsep dan arti repeat order yang sesuai dengan usahamu. Meskipun ranah bisnis berbeda, arti repeat order akan tetap memiliki konsep yang sama. Jadi kamu perlu meningkatkan cara agar repeat order terus terjadi dalam usahamu.

 

Manfaat Repeat Order

Penting sekali untuk sebuat bisnis membuat strategi agar pelanggan selalu melakukan repeat order. Repeat order dapat memberikan banyak manfaat bagi suatu usaha. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari repeat order untuk usahamu:

1. Repeat Order Menghasilkan Lebih Banyak Uang

Sebagian besar pelanggan yang melakukan repeat order memutuskan untuk membeli barang atau jasa lebih banyak dari sebelumnya. Seperti yang dijelaskan dalam arti repeat order di atas, pelanggan yang kembali membeli barang atau jasa di suatu usaha akan menambah pembelian mereka daripada yang sebelumnya. Pelanggan yang melakukan repeat order cenderung ingin mencoba produk yang lain juga.

2. Pelanggan Lebih Percaya

Pelanggan yang melakukan repeat order berarti sudah memiliki kepercayaan terhadap produk atau jasamu. Jadi, jika dibandingkan produk dari kompetitor usahamu, mereka akan lebih memilih produk usahamu. 

3. Cukup Sulit Mencari Pelanggan Baru

Mencari pelanggan baru memang salah satu tujuan pemasaran dari satu usaha, tapi hal tersebut cukup menguras tenaga dan dana usaha. Banyak sekali cara dan strategi yang harus dilakukan untuk mencari pelanggan baru. Karena alasan inilah banyak usaha lebih fokus pada mempertahankan pelanggan dibandingkan dengan mencari pelanggan baru. Terutama jika produk usahamu merupakan produk yang cukup bagus dan membuat pelanggan puas.

4. Pelanggan Tetap Akan Mempromosikan Usahamu

Pelanggan setia akan mempromosikan usahamu kepada rekan terdekat dan keluarga mereka. Inilah yang membuat pelanggan dengan repeat order lebih mudah menjadi strategi pemasaran terbaik. Pelanggan yang puas dengan produkmu akan senantiasa merekomendasikan produk usahamu karena mereka senang dengan produkmu dan tidak keberatan melakukan repeat order.

Mengenali arti repeat order dan apa saja manfaatnya bisa menjadi salah satu strategi untuk menyusun pemasaran yang paling ampuh menarik lebih banyak pembeli, sehingga usahamu bisa tetap berjalan dengan semakin banyaknya pembeli.

Baca Juga: Tips Membuat Katalog Produk Untuk Usahamu 

 

Strategi Agar Pelanggan Melakukan Repeat Order

Salah satu kunci agar bisnis bisa terus berjalan adalah dengan adanya pelanggan yang melakukan repeat order atau pelanggan tetap. Seperti yang telah dijelaskan dalam arti repeat order di atas, pembeli yang melakukan pembelian ulang secara terus menerus akan memberikan banyak keuntungan untuk usaha.

Agar usahamu bisa berjalan lancar dan pembeli bisa melakukan repeat order, berikut ini adalah strategi yang bisa kamu lakukan:

1. Fokus Pada Segmentasi Pasar

Saat memulai usaha, fokus dengan segmentasi pasar adalah hal penting yang perlu dilakukan di awal pembuatan strategi pemasaran. Saat kamu sudah memiliki pasar yang jelas, akan lebih mudah mendapatkan repeat order dari pelanggan. Mengingat arti repeat order yang memberikan banyak manfaat seperti yang sudah dijelaskan di atas, fokus pada segmentasi pasar adalah langkah pertama yang bisa kamu lakukan.

2. Kirimkan Email Kepada Pelanggan

Arti repeat order memang sangat menggiurkan untuk pemilik usaha karena manfaat yang diberikan bisa memberikan kelangsungan pada usaha. Untuk itu, langkah yang kamu harus lakukan selanjutnya perlu sangat efektif tanpa harus membuat pelanggan merasa terpaksa. Misalnya dengan mengirimkan email kepada pelanggan berupa ucapan terima kasih telah melakukan pembelian atau promo khusus untuk pelanggan. Email yang menarik lebih sukses dibandingkan dengan telepon atau pesan teks.

3. Kirim Rekomendasi Barang Kesukaan Pelanggan

Cara ini sering ditemukan di marketplace yang pernah kamu kunjungi. Misalnya kamu sedang mencari sepatu di Bukalapak, keesokan harinya kamu mendapatkan iklan macam-macam pilihan sepatu dari Bukalapak. Contoh ini juga bisa kamu gunakan untuk usahamu. Kamu bisa mempelajari apa barang yang disukai pelanggan dan mengirimkan rekomendasi barang yang mereka sukai. Karena arti repeat order adalah pembelian berulang dari pelanggan, pastikan barang yang kamu rekomendasikan tidak jauh berbeda dari apa yang sebelumnya mereka beli.

4. Mulai Loyalty Program

Loyalty program adalah salah satu cara yang juga bisa kamu lakukan agar arti repeat order bisa terwujud dengan lancar dalam usahamu. Memberikan bonus untuk pembelian ke sekian kali membuat pelanggan suka. Ini bisa menjadi cara efektif untuk mempertahankan pelanggan.

5. Tunjukkan Review Produkmu

Cara lain agar arti repeat order bisa sukses terjadi di usahamu adalah dengan menunjukkan review produkmu pada pelanggan. Ini akan membuat pelanggan semakin yakin untuk melakukan pembelian ulang pada produkmu.

6. Kirim Email tentang Barang yang Masih Ada di Troli

Sering kali ketika belanja pelanggan menimbun barang di troli dan tidak segera melakukan pembelian. Inilah alasan untuk melakukan pengiriman email tentang barang yang tertinggal di troli. Tujuannya adalah agar pelanggan segera melakukan pembelian.

 

Sekarang sudahkah kamu memahami apa arti repeat order dan apa saja manfaatnya?

Jika kamu masih belum memahami arti repeat order, maka kamu bisa mempelajarinya dari contoh yang telah diberikan di atas. Secara singkat, arti repeat order adalah pelanggan tetap. Mereka adalah pelanggan yang terus melakukan pembelian pada usahamu, sehingga penting sekali untuk menjaga hubungan dengan pelanggan tetap agar usahamu bisa tetap berjalan dengan baik.

Selain menggunakan strategi repeat order di atas, kamu juga bisa mengelola usahamu agar lebih lancar dengan menggunakan aplikasi KOALA. Aplikasi KOALA adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengelola transaksi yang terjadi di dalam usahamu, memeriksa harga ongkir, dan juga mengelola kontak pelanggan melalui satu aplikasi saja. Dengan memakai aplikasi KOALA, menjalankan usaha jadi lebih mudah deh!