Apa Saja Isi Format Order Olshop dan Apa Manfaatnya

9 September 2022

Membuat format order olshop sangatlah penting untuk setiap usaha bisnis online. Dengan adanya format order olshop, setiap pesanan akan lebih jelas apa saja detail yang diperlukan seperti alamat pengiriman, nama pembeli, hingga barang apa saja yang dibeli.

Membuat format order olshop juga akan sangat membantu proses berjalannya usaha. Mulai dari kemudahan untuk mengirimkan barang hingga meminimalisir permasalahan lain seperti kesalahan paket dan isi produk. Pentingnya format order olshop yang jelas harus diperhatikan oleh semua olshop.

Pengertian Format Order

Apa yang dimaksud dengan format order?

Pengertian dari format order adalah suatu dokumen yang di dalamnya berisi data-data transaksi antara pihak pembeli dan pihak penjual. Di dalamnya tercatat data seputar tokomu dan data penting milik pelanggan.

Format order tidak selalu berupa dokumen resmi. Di era digital ini, format order bisa dibuat lewat whatsapp atau jalur pemesanan lainnya. Format order olshop adalah salah satu jenis format order yang sering ditemui. Bentuknya juga tidak selalu formal seperti dokumen format order yang dibuat resmi dari perusahaan. Bahkan format order olshop sering kali dibuat menyenangkan agar lebih ramah di mata pelanggan.

Baca Juga: Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Feed Instagram

 

Manfaat Format Order Olshop

Format order olshop adalah poin penting yang tidak bisa dihindari. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari format order olshop untuk kelangsungan usaha:
 

1. Memudahkan Pekerjaan

Adanya format order olshop akan sangat memudahkan para pemilik olshop dan pekerjanya. Format order tersebut bisa digunakan untuk mengidentifikasi alamat pelanggan untuk dikirim, apa saja barang yang dibeli, serta nomor yang bisa dihubungi. Nantinya saat proses pengemasan barang, para olshop tidak akan kebingungan seputar detail dari pesanan. Mereka bisa mengetahui apa saja barang yang dibeli dan tahu mana barang yang harus dikirimkan.

Tidak hanya itu saja, format order olshop juga akan memudahkan proses pengemasan barang jika pelanggan meminta permintaan khusus untuk pesanannya. Misalnya jika pelanggan membeli barang, tapi ingin label harga dihapus dari kemasan untuk diberikan sebagai hadiah. Format order olshop yang lengkap bisa mengakomodasi fitur ini dan mempermudah proses pengemasan barang.
 

2. Sebagai Bukti Resmi

Format order olshop juga bisa dijadikan sebagai bukti resmi untuk pembelian barang. Pembeli yang mengisi format order olshop dengan lengkap berarti sudah memastikan pembeliannya. Jadi penjual bisa mempersiapkan barang yang akan dibeli dengan mudah dan cepat. Selain itu, adanya format order juga bisa dijadikan data untuk membuat bukti pembelian atau nota dari penjual.

Karena dalam format order olshop berisi data lengkap, penjual bisa menggunakan data tersebut untuk membuat bukti pembelian dan juga bukti pembayaran. Selanjutnya data tersebut juga bisa disimpan sebagai data pelanggan yang akan bermanfaat di kemudian hari.
 

3. Menghemat Waktu

Format order olshop terdiri dari poin-poin penting yang diperlukan oleh usaha untuk memproses pesanan dari pelanggan. Data tersebut disimpan menjadi satu dan diolah oleh pihak olshop. Cara ini bisa mempersingkat waktu karena data yang dibutuhkan sudah lengkap di dalam format order olshop tersebut.

Saat proses pengemasan barang juga tidak memerlukan waktu lama. Data lengkap pelanggan seperti apa saja pesanannya, alamat pengiriman, hingga nama pelanggan sudah tersedia dalam format order olshop sehingga pihak olshop hanya tinggal mencetak data tersebut untuk diproses.
 

4. Sistem Lebih Terstruktur

Saat mengelola usaha, memiliki sistem yang terstruktur bisa menjadi hal yang positif untuk usahamu. Ini karena keteraturan dalam pengelolaan usaha akan memudahkan usaha berjalan lancar dan normal. Format order olshop juga merupakan salah satu poin yang bisa mendukung proses keteraturan sistem dalam usaha.

Format order olshop memiliki fungsi untuk memperjelas pembelian yang dilakukan oleh pelanggan. Dengan kejelasan tersebut, proses melayani pembelian pelanggan akan jauh lebih mudah. Olshop bisa langsung mengirimkan produk yang dibeli pelanggan tanpa harus menunggu lama. Barang juga bisa sampai di tangan pelanggan lebih cepat.
 

5. Lebih Profesional

Memiliki format order yang jelas dan teratur akan memberikan kesan profesional kepada pelanggan. Pelanggan bisa lebih percaya pada usahamu dan transaksi juga berjalan lebih lancar. Ketika pelanggan sudah percaya dengan usahamu, maka mereka bisa melakukan pembelian ulang di masa mendatang. Ini akan memberikan keuntungan besar untuk usahamu.

Meskipun format order yang dimiliki oleh olshop tidak selalu formal, tapi menggunakan format order yang jelas juga bisa membuat pelanggan lebih percaya kepadamu. Format order yang sederhana dan ramah bagi pelanggan memang cukup menarik. Bukan berarti format order dengan gaya casual menjadi tidak resmi lagi.

Jika usahamu belum menggunakan format order yang jelas, kamu perlu membuatnya saat ini juga. Format order banyak membantu pemilik usaha. Baik olshop maupun perusahaan besar pasti memiliki format order untuk setiap transaksi yang mereka buat.

Baca Juga: Tips Membuat Kata Promosi Jualan Agar Laris

 

Isi Format Order Olshop

Untuk para pemilik olshop, berikut ini adalah daftar isi yang wajib dimasukkan ke dalam format order olshop kalian:

1. Nama Usahamu

Memasukkan nama usahamu atau nama tokomu dalam format order adalah langkah awal yang tidak bisa dilewatkan. Fungsi dari memasukkan nama toko atau nama usahamu adalah agar format order tersebut tidak tertukar. Pelanggan juga bisa mengetahui apakan mereka membeli di toko yang tepat atau tidak.
 

2. Nomor Telepon Tokomu

Nomor telepon ini digunakan jika pesanan tidak diterima pelanggan dan memerlukan pengembalian, pihak kurir bisa menghubungimu dengan mudah.
 

3. Nama Pembeli

Selanjutnya yang perlu dimasukkan adalah nama pembeli. Dengan menuliskan nama pembeli dalam format order akan memudahkan proses pengemasan. Data nama pembeli diperlukan untuk menulis data pengiriman pesanan. Jika nama pembeli tidak ditulis dengan jelas maka proses pengiriman barang akan terhambat.
 

4. Alamat Lengkap Pembeli

Alamat lengkap pembeli perlu juga dimasukkan ke dalam format order. Alamat lengkap pembeli digunakan untuk data pengiriman barang kepada pelanggan. Penulisan alamat harus lengkap mulai dari nomor rumah, jalan, kecamatan, hingga kode pos. Ini untuk memudahkan kurir mengirimkan paket.

Jika pengiriman menggunakan jasa pengiriman sehari atau same day seperti GoSend, pelanggan harus memberikan koordinat titik pengiriman barang agar proses pengiriman bisa dilakukan sesuai dengan titik tersebut. Ini juga akan memudahkan kurir yang melakukan pengiriman untuk menemukan alamat.
 

5. Nomor yang Bisa Dihubungi

Nomor pelanggan yang bisa dihubungi agar memudahkan komunikasi antara penjual kepada pelanggan atau kurir kepada pelanggan.
 

6. Detail Pesanan

Berisi tentang apa saja produk yang dipesan serta jumlah produk yang dipesan. Jika usahamu bergerak di bidang jasa, detail pesanan ditulis dengan jasa yang dipesan oleh pelanggan.
 

7. Tambahan

Poin ini adalah opsional, kamu bisa menuliskan tambahan atau tidak. Tambahan digunakan jika terdapat permintaan khusus dari pelanggan. Misalnya seperti menghapus label harga, tidak mencantumkan detail produk, dan lainnya.


Format order olshop sangat penting untuk dilengkapi agar proses pengelolaan usaha menjadi lebih mudah. Kamu harus memperhatikan poin ini sebagai pemilik olshop. Agar pengelolaan usahamu berjalan lancar, kamu juga bisa menggunakan KoalaApp. KoalaApp adalah aplikasi yang membantumu mengelola usaha dengan fitur atur transaksi serta beberapa fitur lainnya seperti website jualan dan kelola kontak pelanggan. Langsung cek KoalaApp sekarang!