Tips Membuat Kata-kata Promosi Jualan Online biar Laris

8 Agustus 2022

Banyak sekali contoh kata-kata promosi jualan online yang bisa kamu lihat. Apalagi dengan semakin banyaknya orang yang melakukan promosi di media sosial. Promosi merupakan bagian penting untuk kamu berjualan, apalagi kalau kamu berjualan online. Kata-kata promosi jualan online juga harus dipikirkan saat berjualan.

Sekarang jauh lebih mudah mencari barang ataupun jasa secara online. Itu disebabkan oleh kemajuan teknologi. Kemajuan tersebut membuat transaksi antara pembeli dan penjual juga menjadi semakin mudah. Transaksi juga lebih sering menggunakan sistem cashless.

Dengan begitu, tidak perlu repot-repot untuk mengambil uang. Begitu pun dengan berjualan online. Kamu tidak perlu lagi sibuk blusukan untuk mencari pemasok, ataupun mencari lahan untuk tempat berjualan. Kamu bisa menggunakan media sosial ataupun e-commerce. 

Baca juga: Cara Promosi yang Menarik Saat Berbisnis Online Shop

 

Tidak hanya barang baru, barang bekas juga dapat kamu beli melalui online. Kebutuhan sehari-hari juga dapat kamu beli secara online. Bahkan, kamu bisa beli perabotan dan alat elektronik secara online. Selain itu, pasar online ini tidak hanya berguna bagi para-para penjual baru. Para penjual-penjual yang sudah bertahun-tahun pun berlomba-lomba mempunyai toko online agar dapat meraih pasar yang lebih luas.

Jika kamu sering berbelanja, terutama di toko-toko yang mempunyai strategi pemasaran tertentu, kamu dapat menemukan promosi yang diadakan oleh toko tersebut sewaktu-waktu. Promosi sendiri perlu dilakukan jika kamu berjualan sebagai salah satu bentuk strategi penjualan. Bahkan, toko-toko ternama dan besar sekalipun tetap melakukan melakukan promosi.

 

Manfaat Melakukan Promosi

Promosi lazim dilakukan oleh orang yang berjualan, baik yang masih berjualan dalam skala kecil maupun skala besar. Banyak manfaat yang didapat dengan melakukan promosi, yaitu:

1. Menambah Penjualan

Dengan melakukan promosi, tujuan utama yang dituju tentunya adalah meningkatkan penjualan. Dengan promosi, konsumen yang sebelumnya masih ragu untuk membeli menjadi semakin yakin membeli. Dengan iming-iming potongan tertentu, kemungkinan para konsumen membeli dengan jumlah lebih banyak pun semakin besar.

2. Mencari Pelanggan Baru

Dengan melakukan promosi pada produk yang kamu jual, calon konsumen pasti akan merasa lebih penasaran dengan promosi yang dilakukan. Apalagi jika kata-kata promosi jualan online tersebut ternyata menarik bagi mereka. Dengan mendapatkan pelanggan baru, produk kamu akan lebih dikenal dan pendapatan usaha kamu juga pasti meningkat. Kamu dapat memberikan promosi untuk pembelian pertama di toko kamu.

3. Menghargai Loyalitas Pelanggan Lama

Tidak hanya bagi pelanggan baru, kamu juga dapat menggunakan promosi dengan memberi apresiasi pada pelanggan lama. Dengan memberikan promosi yang berbentuk reward kepada pelanggan yang sering melakukan perbelanjaan di toko kamu, mereka akan merasa senang. Bukan hanya itu, kenyamanan dan kesenangan pelanggan akan membawa hal positif bagi produk dan brand kamu. Semakin mereka nyaman, semakin mungkin mereka hanya akan berbelanja di toko milik kamu.

4. Membangun Awareness

Terkadang, promosi bukan hanya melulu soal angka. Awareness juga penting bagi sebuah produk ataupun brand. Bagaimana pelanggan bisa membeli kalau mereka saja tidak tahu tentang produknya. Kalau produknya sudah dikenal dan ada minat, penjualan pun akan meningkat seiring waktu.

 

Kata-kata Promosi Jualan Online

Tiap brand atau merek tentunya ingin mempunyai promosi yang menarik. Promosi yang menarik juga tidak selalu soal potongan harga yang bombastis dan lain-lain. Terkadang, kata-kata promosi jualan online yang menarik juga akan membuat pelanggan datang. Berikut tips-tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat kata-kata promosi jualan online yang menarik:

  • Menggunakan Bahasa yang Menarik

Kamu bisa menggunakan bahasa yang kasual saat membuat kata-kata promosi jualan online yang menarik. Apalagi mayoritas pengguna e-commerce dan media sosial adalah remaja dan dewasa muda. Dengan menggunakan kata-kata yang tren dan menarik, calon konsumen akan tertarik pada penglihatan awal. 

Baca juga:Contoh Deskripsi Produk Makanan Yang Menarik Untuk Berbisnis

  • Memakai Foto yang Menarik

Kamu bisa menggunakan foto atau gambar produk kamu yang menarik di samping kata-kata promosi jualan online kamu. Banyak orang yang fokus pada visual sebuah benda. Dengan menarik perhatian melalui gambar yang menarik, selanjutnya promo tersebut dapat bekerja dengan lebih baik.

  • Menulis Kelebihan Produk Kamu

Yang namanya promosi juga tentunya harus menonjolkan produk yang kamu highlight. Kamu bisa menuliskan keunggulan produk kamu pada kata-kata promosi jualan online. Akan lebih baik lagi jika yang kamu tonjolkan adalah kelebihan yang tidak dimiliki kompetitor. Sebagai contoh, “Di AAA Catering, semua menu yang disajikan dengan porsi kalori tertentu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir”.

  • Memberikan Harga Spesial

Siapa sih yang nggak tertarik dengan harga yang lebih murah dari biasanya. Kamu dapat menggunakan kata-kata promosi jualan yang menawarkan harga spesial dengan syarat dan ketentuan tertentu. Kamu bisa memberikan harga khusus untuk produk tertentu dengan melakukan sesuatu terlebih dahulu. Contoh kalimatnya adalah, “Dapatkan kue cubit dengan harga 10 ribu jika kamu tag kamu di Twitter.”.

  • Memberikan Gratis Ongkir

Salah satu yang bentuk promosi yang paling disenangi oleh para orang yang belanja online adalah gratis ongkir. Terkadang mungkin harga ongkos kirimnya tidak seberapa, namun itu tetap membuat mereka senang. Apalagi jika benda yang mereka beli tergolong ringan atau murah, mereka akan sangat menghargai gratis ongkos kirim tersebut. Kamu juga dapat meletakkan kata ‘gratis ongkir’ pada kata-kata promosi jualan online. Contoh kalimat seperti adalah “Gratis ongkir setiap membeli 2 sandal wanita tipe tertentu”. Hal tersebut akan mendorong para konsumen untuk membeli 2 sandal.

Baca juga: Kunci Sukses Membuat Kata-Kata Jualan Online di Facebook

  • Memberikan Bonus

Bonus adalah suatu hal yang dinanti semua orang. Termasuk pelanggan. Bonus yang kamu berikan tidak perlu muluk-muluk. Bahkan di Tiktok, mereka yang membuka toko memberikan bonus berupa undian untuk bonus tambahan. Hal tersebut membuat para pelanggan berlomba-lomba untuk checkout barang yang mereka beli. Contoh kalimatnya seperti, “Kamu akan mendapatkan masker gratis setiap membeli eyeliner”.

  • Memberikan Batas Waktu

Terkadang pada kata-kata promosi jualan online, kamu juga perlu meletakkan waktu berlangsungnya promosi tersebut. Dengan begitu, pelanggan akan mempunyai urgensi karena tidak mau ketinggalan promosi tersebut. Apalagi jika waktu yang dibutuhkan tergolong cepat. Kata-kata seperti “Jangan sampai ketinggalan. Potongan 30% untuk pembelian kasur lipat di toko ABCD. Cuma 2 hari dan stok terbatas!” Kalimat seperti itu akan menimbulkan urgensi meskipun pelanggan mungkin belum membutuhkan hal tersebut.


Tips-tips di atas bisa kamu jadikan referensi untuk membuat kata-kata promosi jualan online. Tapi ingat, kamu harus siap jika toko kamu jadi banjir orderan. Jangan sampai keteteran, karena nanti nama toko kamu jadi kurang baik jika tidak bisa memberikan pelayanan terbaik. Supaya nggak kewalahan, kamu bisa pakai Koala. Apa sih kegunaannya? Dengan Koala, kamu bisa bales chat konsumen sampai kirim barang cuma dari satu aplikasi. Mudah, kan? Kalau kamu pengen tahu fungsi lainnya, yuk cek di sini.