Contoh Deskripsi Produk Makanan Yang Menarik Untuk Berbisnis

27 Juni 2022

Ada yang tahu salah satu contoh deskripsi produk makanan yang dipakai untuk berbisnis? Dalam menjual makanan online, pastinya kamu diharuskan memposting foto makanan dan menuliskan deskripsi makanan. Mendeskripsikan mulai dari bentuk makanan, bahan-bahan, dan rasa dari makanan tersebut.

Sebelumnya, kamu dapat memikirkan terlebih dahulu contoh deskripsi produk makanan agar sesuai dengan foto. Deskripsi produk sendiri bertujuan untuk menjelaskan informasi secara detail terkait produk yang ditawarkan untuk konsumen.

deksprisi produk makanan

Dalam berbisnis makanan, kamu harus bisa mendeskripsikan produk makanan yang menarik dan unik. Hal tersebut sangat penting untuk mengajak konsumen agar tertarik dengan makanan yang kamu jual. Cara dalam mendeskripsikan makanan ini menjadi teknik marketing yang biasa disebut dengan copywriting. Nggak cuma sebatas menjelaskan saja, namun juga mencakup kebutuhan promosi untuk produk makanan tersebut.

 

Isi Deskripsi Produk Makanan Secara Garis Besar

Dengan menjelaskan secara spesifik, kamu bisa mendeskripsikan detail produk serta keamanan dalam mengonsumsi produk makanan. Tujuannya, agar meyakinkan konsumen kalau makanan yang dijual worth it untuk dibeli. Berikut isi deskripsi produk secara garis besar yang perlu kamu tulis.

Bahan-bahan

Dalam menjual produk makanan, kamu bisa menjelaskan bahan-bahan dasar dari pembuatan makanan ini. Contohnya tepung terigu, tepung kanji, ragi, dan lainnya. Hal ini membuat kosumen membayangkan citra rasa dari makanan tersebut. 

Ukuran atau porsi

Terlebih dahulu kamu menjelaskan ukuran atau porsi makanan. Dengan itu, konsumen akan mengetahui jumlah makanan yang cocok dimakan untuk berapa orang.

Penyimpanan produk makanan

Menginformasikan bagaimana ketahanan dari produk makanan yang akan dikirimkan. Apabila makanan yang dijual nggak menggunakan pengawet, kamu bisa menyarankan suhu ideal dalam menyimpan makanan, seperti di suhu ruang, kulkas, atau freezer.

Pengiriman

Untuk mencegah kerusakan produk makanan pada saat pengiriman, biasanya akan dijelaskan bagaimana cara pengiriman yang aman. Maka dari itu, biasanya terdapat pilihan jika makanan tersebut harus dikirim melalui ekspedisi khusus atau butuh tambahan seperti bubble wrap.

Tanggal kedaluarsa

Tanggal kedaluarsa adalah hal yang sangat penting untuk ditulis. Pastikan juga makanan yang kamu jual masih jauh dari tanggal kedaluarsa agar konsumen merasa aman saat mengonsumsi makanan.

Cara memasak

Jika produk makanan yang kamu jual ada frozen food atau mentah, berarti kamu harus menjabarkan cara memasak yang baik dan benar.

Deskripsi Produk Makanan

 

Contoh Deskripsi Produk Makanan yang Menggiurkan

Setelah mengetahui isi deskripsi produk makanan secara garis besar, kamu bisa langsung membuat deskripsi produk makanan yang bikin konsumen tertarik. Pentingnya untuk memilih bahasa yang cocok dan bagaimana cara berkomunikasi dengan konsumen dengan baik. Berikut contoh deskripsi produk makanan yang menggiurkan.

 

1. Contoh deskripsi produk makanan keripik singkong

Kamu bisa membuat deskripsi produk makanan seperti makanan ringan yaitu keripik singkong yang sangat renyah dan enak. Contoh deskripsi produk makanan untuk keripik singkong bisa seperti ini: "Keripik singkong ini renyah dan banyak varian rasa. Keripik singkong ini bebas MSG, bebas gluten, dan rendah kalori. Dibuat dari singkong pilihan yang cocok buat kamu yang hobi ngemil."

 

2. Contoh deskripsi produk makanan nasi kebuli

Nasi Kebuli identik dengan nasi yang kaya akan rempah dan lauknya yang beraneka ragam. Contoh deskripsi produk makanan dari nasi kebuli seperti ini: "Nasi kebuli yang super yummy dan homemade ini, cocok untuk makan siang. 1 porsi berisi nasi kebuli, ayam, tempe orek, telur, dan sambal matah. Lauk bisa dipilih atau ditambah sesuai request. Bisa dipesan untuk berbagai acara."

 

3. Contoh deskripsi produk makanan cimol

Biasanya, cimol dijual dalam keadaan frozen agar sampai ke konsumen dengan awet dan tahan lama. Berikut contoh deskripsi produk makanan dari cimol: "Cimol frozen yang praktis bisa langsung dikirim ke tempatmu. Tersedia topping keju, mozzarella, bumbu barbeque, pedas dan asin. Garing di luar, lembut di dalam. Hindari terkena matahari langsung dan simpan ditempat yang sejuk. Pengiriman sudah bisa ke seluruh Indonesia. Yuk di-order!"

 

4. Contoh deskripsi produk makanan roti unyil

Karena ukurannya yang unyil, roti ini pastinya punya beragam rasa dalam satu box pembelian. Kamu bisa membuat contoh deskripsi produk makanan untuk roti unyil seperti ini: "Roti unyil yang lembut dibuat dengan bahan pilihan terbaik. Tersedia rasa coklat, keju, blueberry, strawberry, srikaya, nanas, susu, kacang ijo, sosis, dan kelapa. Made by request. Tahan di ruangan terbuka paling lama 2-3 hari."

Baca juga: Contoh Ucapan Terima Kasih Kepada Pembeli Online 

 

5. Contoh deskripsi produk makanan Korean bento cake

Ada yang belum tahu Korean bento cake? Kue ini biasanya untuk memeriahkan acara ulang tahun, graduation, dan lain-lain. Desain dan ukuran bisa kamu custom untuk siapa dan untuk acara apa kue ini ditujukan. Contoh deskripsi produk makanan untuk korean bento cake seperti ini: "Korean Bento Cake tersedia berbagai rasa, motif, warna, dan gambar. Ukuran cake ini dari 18 cm - 30 cm. Free lilin dan sendok kecil di dalam. Pengiriman untuk Jabodetabek dan via ojek online. Made by order."

 

6. Contoh deskripsi produk makanan kaleng

Makanan kaleng bisa berupa daging, ikan mentah, kacang-kacangan, buah segar, hingga bumbu-bumbu masakan. Contoh deskripsi produk makanan ini adalah: "Tersedia berbagai macam makanan kaleng seperti daging, ikan, kacang-kacangan, buah, dan bumbu. Tanggal kedaluarsa sampai 12/24. Pengiriman hanya untuk Jabodetabek dan wajib dengan bubble wrap

 

7. Contoh deskripsi produk makanan kemasan dari luar negeri

Makanan kemasan yang dimaksud bisa berupa chips, wafer, biskuit, permen, dan lainnya. Makanan ini biasanya dijual satuan maupun kiloan sesuai kebutuhan yang kamu inginkan. Nggak jarang produk makanan ini bisa berasal dari luar negeri atau dari jasa titip (jastip). Contoh deskripsi produk makanan kemasan ini yaitu: "Tersedia chips, wafer, biskuit, permen dalam bentuk kemasan. Bisa dibeli satuan atau kiloan dengan harga yang terjangkau jika minimal pembelian 20 pcs. Diimpor dari Turki dan 100% halal."

 

Contoh deskripsi produk makanan

 

Nah, itulah contoh deskripsi produk makanan untuk kamu yang ingin memulai bisnis jualan online. Dari contoh deskripsi produk makanan di atas, kira-kira sudah terbayang belum ingin menulis deskripsi apa yang cocok dengan produk makanan kamu? Contoh tersebut bisa kamu jadikan inspirasi jika kamu kekurangan ide. Ide tersebut bisa kamu olah lagi berupa konten visual, script video, poster, hingga caption di sosial media.

Setelah kamu memposting produk makanan tersebut, siapkan juga strategi penjualan yang matang agar online shop kamu berjalan dengan aman. Kamu bisa gunakan fitur website jualan di Koala, yang bisa mengatur ketersediaan barang sebelum membeli. Jualan lebih gampang dengan website jualan, praktis dan gratis. Untuk info lebih lanjut, yuk cari tahu di sini.