Manfaat, Cara Menulis, dan Contoh Ucapan Terima Kasih kepada Pembeli Online

29 Maret 2022

Dalam dunia bisnis, ucapan terima kasih bukan sekadar menunjukkan sikap sopan. Jika disampaikan dengan cara yang benar, manfaatnya bahkan bisa berdampak jangka panjang sekaligus menentukan kesuksesan usahamu. Berikut sejumlah hal yang perlu diketahui soal ucapan terima kasih, manfaat, cara menuliskannya, dan contoh ucapan terima kasih kepada pembeli online.

Pentingnya ucapan terima kasih

Ketika seseorang mengucapkan terima kasih padamu dengan tulus, apa yang kamu rasakan? Sama halnya dalam keseharian, perasaan menyenangkan yang muncul lewat ucapan sesederhana terima kasih juga berlaku dalam bisnis online. Bagi pembeli, ucapan terima kasih bahkan bisa jauh lebih berarti.

1. Merasa dihargai, diapresiasi, dan dipedulikan

Ucapan terima kasih akan membuat pembeli merasa dihargai, diapresiasi, sekaligus dipedulikan. Seluruhnya merupakan salah satu hal terpenting dalam bisnis.

Studi yang dihelat New Voice Media menemukan bahwa perasaan tidak dihargai adalah alasan utama pelanggan berpindah tempat pembelian. Sekitar 60 persen bisnis yang terlibat dalam studi juga mengaku harus kehilangan pelanggan karena pembeli merasa tidak dipedulikan.

2. Memberi kepuasan

Selain dihargai, ucapan terima kasih juga akan meningkatkan kepuasan pelanggan karena mereka merasa senang. Pembeli yang merasa senang bukan hanya akan kembali melakukan pembelian di tokomu, tapi juga bisa menyebarkan kebaikan soal membeli di tempatmu.

3. Mempererat hubungan

Di era digital seperti saat ini, penjual hampir jarang melakukan tatap muka dengan pelanggan. Sebagai gantinya, mengirimkan ucapan terima kasih secara online bisa menjadi cara yang tepat untuk memelihara hubungan sekaligus merangkul pelanggan secara digital.

 

Manfaat mengucapkan terima kasih kepada pembeli

Pentingnya mengucapkan terima kasih, selain dirasakan langsung oleh pembeli, juga bermanfaat besar bagi bisnis yang kamu jalankan. Apa saja?

1. Meningkatkan penjualan

Konsultan Pemasaran Jeffrey Slater pernah melakukan eksperimen terima kasih pada pelanggan. Ia meminta 10 sales untuk menelepon klien yang membeli sesuatu dalam 18 bulan terakhir hanya untuk berterima kasih kepada mereka. Hasilnya, perusahaan Slater melihat peningkatan 10 persen dalam pesanan dari pelanggan tersebut.

2. Meningkatkan kepercayaan

Ucapan terima kasih bisa memenangkan hati dan kepercayaan seseorang. Satu survei menunjukkan, 55% pembeli jadi kurang mempercayai tempatnya membeli hanya karena tidak pernah diberi ucapan terima kasih setelah membeli. Artinya, tanpa terima kasih kamu mungkin perlu bekerja ekstra keras untuk memenangkan hati pelanggan.

3. Membangun reputasi yang baik

Pelanggan yang senang setelah diberi ucapan terima kasih bukan hanya kembali membeli dan menyebar isu baik soal bisnismu, tapi juga membangun reputasi yang baik soal bisnis, merek, maupun produk yang kamu jual.

4. Meningkatkan loyalitas

Selain mempererat hubungan dan menunjukkan penghargaan, ucapan terima kasih juga akan membantu menanam benih kesetiaan pelanggan terhadap merek yang kamu jual. Menurut studi Emotion pada 2014, mengucapkan terima kasih pada pembeli cenderung membangun hubungan berkelanjutan yang membuatnya menjadi pelanggan tetap.

5. Meningkatkan keuntungan

Dengan meningkatnya loyalitas pelanggan, berarti kamu telah menciptakan peluang masa depan untuk bisnis yang dijalankan. Statistik dalam eksperimen Slater menunjukkan, sedikit peningkatan (5 persen) dalam retensi pelanggan dapat meningkatkan keuntungan perusahaan sebesar 75 persen. Jadi, terbayang kan berapa keuntungan yang bisa didapat dengan semakin banyaknya pelanggan setia?

 

Cara mengucapkan terima kasih yang baik kepada pembeli

Ada banyak cara untuk menyampaikan terima kasih kepada pembeli. Namun, penting diingat, dalam hal mengapresiasi pelanggan, ketulusan akan mengalahkan tipu muslihat. Inisiatif berterima kasih yang disertai keinginan tulus untuk menyenangkan hati pembeli  bisa dipastikan berhasil dengan memperhatikan cara-cara berikut:

1. Gunakan media yang tepat

Mengungkapkan rasa terima kasih yang baik kepada pelanggan bisa dilakukan melalui berbagai media, di antaranya adalah notes atau catatan, surat, atau email. Sesuaikan media tersebut dengan jenis pelanggan yang kamu hadapi.

2. Sertakan ucapan terima kasih di setiap pesanan

Ini merupakan strategi termudah dan paling efektif untuk mulai diterapkan. Kamu bisa menyelipkan tanda terimakasih dalam kemasan pemesanan, pun berterima kasih di media sosial atau lewat chat jika kamu berjualan di e-commerce.

3. Kirim surat tulisan tangan

Cobalah mengirim surat tulisan tangan berisi terima kasih untuk pembeli tertentu yang sudah menunjukkan loyalitasnya. Di dunia serba otomatis seperti sekarang, ada sesuatu yang istimewa ketika mengetahui bahwa seseorang bersedia meluangkan waktu berkirim surat dengan tulisan tangan. Selain terasa lebih pribadi, pelanggan juga akan merasa lebih dihargai.

Contoh ucapan terima kasih kepada pembeli online

Meski lebih sering disampaikan lewat kata, ucapan terima kasih sejatinya juga bisa diungkapkan dalam berbagai bentuk. Guna memastikan apresiasimu terhadap pelanggan lebih baik dari bisnis pesaing, berikut contoh-contoh ucapan terima kasih kepada pembeli online yang bisa kamu terapkan:

1. Contoh ucapan terima kasih lewat kata

Berterima kasih lewat kata berarti harus memperhatikan penulisan yang baik dan benar. Ini dapat membantu mengungkapkan rasa terima kasih lebih tepat sasaran sehingga berdampak jangka panjang. Sebelum mengirim ucapan terima kasih kepada pembeli , pastikan kamu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Sapa klien dengan nama, dan eja nama mereka dengan benar. Misalnya “Dear (nama klien)”.
  • Ungkapkan rasa terima kasih dan nyatakan dengan jelas mengapa ucapan dikirim.
  • Sertakan detail mengenai pengalaman apa yang kamu rasakan selama proses penjualan bersama klien tersebut.
  • Ulangi bahwa kamu berterima kasih atas pembelian mereka.
  • Akhiri dengan penutupan dan sertakan tanda tangan. Bubuhkan penutupan seperti "salam hangat" atau "best/regards" untuk klien dengan hubungan yang lebih formal, dan kata-kata lebih personal seperti  "cheers" atau “enjoy it more” untuk klien yang hubungannya lebih santai.

 

2. Contoh ucapan terima kasih lewat kejutan

Kejutan bisa membantu mengaktifkan pusat kesenangan di otak. Dengan begitu, mengirimkan ucapan terima kasih dalam bentuk catatan atau bonus kecil kepada klien bisa menjadikannya merasa istimewa. 

Alih-alih mengirim ucapan di waktu yang bisa diprediksi seperti setelah penjualan besar atau Hari Raya, ada baiknya kejutkan pembeli di waktu tidak terduga, dan pelanggan setia dari waktu ke waktu. Misalnya dengan diskon tak terduga, penawaran khusus, atau voucher cashback.

3. Contoh ucapan terima kasih lewat hadiah

Sama halnya kejutan, kamu bisa mengucapkan terima kasih pada pembeli lewat hadiah untuk menyenangkan mereka. Misalnya bonus sticker yang disematkan dalam setiap pembelian, hingga mug atau kaos dengan logo bisnismu untuk pembelian tertentu.

4. Contoh ucapan terima kasih lewat review pelanggan

Kamu bisa menunjukkan rasa terima kasih kepada pembeli yang memberikan review untuk pembelian suatu produk online dengan membalas review tersebut, atau mengirim email dan chat secara personal. Meski terlihat sederhana, cara ini menunjukkan bahwa penjual menghargai feedback maupun opini yang disampaikan konsumennya.

Mulai sekarang, alih-alih terus terjebak menindaklanjuti prospek penjualan, sempatkan waktu sejenak untuk berterima kasih kepada pelanggan atas kesetiaan mereka demi progres bisnis yang lebih nyata. Demikian info mengenai ucapan terima kasih, manfaat, cara menuliskannya, dan contoh ucapan terima kasih kepada pembeli online yang bisa jadi inspirasi untuk bisnismu. Selamat mencoba!