Cara Promosi Makanan di WA agar Jualan Laris Manis

31 Januari 2023

Agar usaha kuliner semakin berkembang, cara promosi makanan di WA penting dipahami dari sekarang. WA atau Whatsapp merupakan aplikasi chatting yang populer saat ini. Tak heran jika aplikasi ini cocok digunakan sebagai sarana promosi makanan. Cukup buat story foto makanan, semua teman di kontak WA bisa mengetahuinya.

Ketika menjalankan usaha makanan memang pada prakteknya ada beberapa pilihan pemasaran serta promosi yang bisa diterapkan salah satunya lewat aplikasi chatting. Tujuan promosi ini sendiri adalah menambah jangkauan usaha yang dijalankan.

Whatsapp menjadi sarana promosi yang cocok untuk pelaku bisnis pemula. Banyak sekali pengguna aplikasi ini sehingga bisa dijadikan sebagai media pemasaran. Lalu bagaimana cara promosi jualan makanan di WA? Yuk simak penjelasannya!

Cara Promosi Makanan di WA

Mempromosikan suatu produk baik itu makanan atau yang lain ada caranya sendiri. Terutama ketika menggunakan aplikasi WhatsApp. Langkah-langkah berikut ini adalah untuk membantu pelaku bisnis memiliki peluang berhasil lebih besar dalam melakukan promosi. 

1. Membuat Daftar Nomor WA Calon Pelanggan

Biasanya pelaku bisnis yang mencantumkan nomor WA pada akun bertujuan untuk memudahkan pelanggan untuk berbicara melalui layanan pelanggan. Kenyamanan pelanggan memang harus diutamakan.

Agar bisa melakukan promosi makanan dan produk lain dengan WhatsApp, pastikan untuk membuat daftar kontak calon pelanggan. Caranya yaitu ketika ada pelanggan yang menghubungi nomer WA jadikan itu databasenya.

Mengumpulkan data serta membuat database merupakan langkah penting untuk kegiatan promosi digital bisnis. Mulai dengan mempromosikan makanan atau produk yang tersedia ke keluarga dan kerabat terlebih dahulu. Manfaatkan grup WA RT atau tetangga agar promosi maksimal.

Penting untuk diingat di sini jangan terlalu sering mengirim pesan promo. Berikan jarak waktu namun tetap konsisten. Jika terlalu sering akan dianggap spam dan beresiko dilaporkan karena mengganggu. Akibatnya, akun whatsapp bisa diblokir.

Baca Juga : Inilah 4 Manfaat Media Promosi Online untuk Usaha UMKM

2. Membuat Foto yang Bagus

Saat kamu membuka usaha atau bisnis makanan, yang perlu ditonjolkan adalah rasa dari produk yang ditawarkan. Cara untuk menyampaikan cita rasa tersebut adalah melalui foto yang menarik dan menggugah selera.

Cara promosi melalui aplikasi WhatsApp bisa dimulai dengan menyiapkan foto produk makanan yang akan dibagikan. Buatlah foto produk yang menarik dengan kualitas bagus. Tentunya dengan alat kamera yang canggih, bening dan berkualitas tinggi.

Foto produk yang baik akan lebih mudah menarik perhatian calon pelanggan. Cita rasa dari makanan yang dipromosikan juga akan tersampaikan dengan baik. Apalagi untuk produk berupa masakan atau makanan, semakin bagus fotonya maka semakin meningkat selera makan pelanggan.

Jika selera makan dan rasa penasaran pada makanan yang dipromosikan tinggi, peluang terjadinya pemesanan akan besar. Untuk foto produk ini sendiri, baiknya jangan asal-asalan karena sangat berpengaruh terhadap penjualan makanan.

Bila perlu menggunakan fotografer makanan maka siapkan budgetnya. Hasil foto produk akan terlihat lebih profesional sehingga pelanggan lebih tertarik. Sekarang sudah banyak fotografer dengan harga ekonomis.

3. Membuat Katalog

Setelah foto produk siap, langkah selanjutnya adalah membuat dan menyiapkan katalog produk. Tujuan pembuatan katalog ini untuk memudahkan pelanggan melihat menu sekaligus harga produk makanan yang ditawarkan.

Pada katalog tersebut pastikan untuk memberikan informasi yang detail dan juga jelas. Produk makanannya terbuat dari bahan utama apa, variasi rasa, cara penyimpanan, kadaluarsanya, dan tentu saja harganya.

Jika masih ada informasi penting lain bisa juga langsung dicantumkan. Sesuaikan saja deskripsi produknya dengan makanan yang dimiliki. Foto yang baik ditunjang ulasan singkat yang tepat akan membuat pelanggan lebih mudah melakukan pemesanan.

Baca Juga : Ide Jualan Makanan Terlaris dan Kekinian Wajib Dicoba

4. Menggunakan Kalimat Promosi

Pelaku bisnis yang baru memulai tentu perlu belajar banyak tentang kegiatan promosi. Seperti dalam melakukan pemasaran produk dengan WhatsApp ini. Jadi ketika akan mengirim pesan promosi pastikan kalimat yang digunakan menarik dan mengajak.

Kata-kata promosi yang baik itu bisa menarik perhatian pelanggan serta mengajak pelanggan untuk melakukan pemesanan. Jika menggunakan kalimat promosi asal-asalan tentunya sulit mendapatkan pesanan.

Jadi paling tidak gunakan kata-kata yang bisa membuat calon pembeli tertarik dan merasa penasaran sehingga bertanya. Ketika sudah bertanya berikan kalimat promosi yang bisa mengarahkan pembelian.

5. Memanfaatkan Fitur-Fitur yang Ada

Aplikasi WhatsApp bisnis memiliki banyak fitur yang bisa digunakan sehingga pemasaran produk makanan berjalan lancar. WA bisnis memang dibuat khusus dengan fitur yang mempermudah pebisnis menjalankan usahanya.

Untuk saat ini pastikan rutin membuat status atau story WhatsApp. Ini bisa menjadi tempat untuk promosi makanan yang efektif. Ketika ada story baru, semua teman di kontak bisa melihat dan pesanan atau order berpotensi meningkat.

Cara ini juga untuk meningkatkan kepercayaan dan keakraban dengan para pelanggan. Fitur lain pun juga bisa dicoba agar lebih mudah melakukannya promosi. Dengan begitu, bisnis kuliner bisa berkembang pesat.

Itulah beberapa cara promosi makanan di WA agar jualan laris yang bisa kamu coba. Jika masih belum bisa memaksimalkan promosi melalui Whatsapp, tenang saja karena saat ini sudah ada aplikasi bisnis yang yang sudah terintegrasi dengan WhatsApp Business API yaitu Koala+.

Koala+ memiliki fitur whatsapp Business API dengan keunggulan pengelolaan chat terbaik yang memudahkan proses transaksi online seperti chatbot, broadcast message dan live customer service dalam satu dashboard Koala+. Fitur-fitur ini bisa membantu kamu saat promosi makanan di WA.

Dengan memanfaatkan semua fitur Koala+ diatas, penjualan makanan bisa naik secara signifikan dan semua chat dari pelanggan akan direspon otomatis dan cepat. Selain itu, kamu lebih hemat biaya operasional karena promosi sudah direct & massal dan punya website sendiri. Tunggu apalagi, yuk daftar Koala+ sekarang juga!