Inilah 4 Manfaat Media Promosi Online untuk Usaha UMKM

30 Desember 2022

Pelaku usaha UMKM harus tahu tentang jenis dan manfaat media promosi online. Dalam menjalankan usaha, promosi merupakan hal yang penting dilakukan. Hal ini bukan tanpa alasan karena promosi yang dilakukan bisa membuat produk atau jasa bisa dikenal banyak orang. Jika sudah dikenal maka banyak orang tertarik untuk membelinya. Dengan begini maka tingkat penjualan akan meningkat dan keuntungan yang didapatkan bisa lebih maksimal. Bagi kamu yang belum tahu apa saja jenis dan manfaat dari media promosi online, langsung saja simak ulasan berikut ini.

Jenis Media Promosi Online untuk Usaha UMKM

Ada banyak jenis media promosi secara online yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku UMKM. Dimana ada media yang bisa digunakan untuk promosi secara gratis dan ada yang berbayar. Berikut nama-nama media promosi tersebut:

1. Facebook

Salah satu media sosial ini ternyata tidak hanya bisa untuk komunikasi dengan orang lain saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan sebagai media untuk promosi. Selain itu, Facebook juga bisa digunakan untuk jualan produk secara online. Promosi dengan media sosial ini bisa dilakukan dengan mudah dan gratis.

Cara jualan online laris di Facebook yaitu pertama harus membuat akun Facebook terlebih dahulu. Setelah itu, upload produk dan jasa yang ditawarkan kepada masyarakat. Supaya lebih menarik jangan lupa ditambahkan dengan caption. Semakin banyak pengguna Facebook yang menekan tombol like dan share, maka usaha UMKM yang sedang kamu jalankan akan semakin dikenal.

2. Instagram

Tidak hanya Facebook, pelaku usaha UMKM juga bisa memanfaatkan Instagram sebagai media promosi dan jualan. Instagram sendiri mendukung pelaku usaha untuk melakukan promosi dengan media sosial ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya fitur yang bisa digunakan untuk promosi, seperti Instagram Stories, Reels, Live dan Feed.

Fitur-fitur tersebut harus dimanfaatkan dengan baik agar penjualan produk bisa mencapai target yang ditentukan. Namun, sebelum melakukannya terlebih dahulu harus memiliki akun Instagram.

3. Twitter

Media sosial lainnya yang bisa digunakan sebagai media promosi online adalah Twitter. Promosi melalui Twitter akan membantu kamu mengenalkan usaha UMKM yang dijalankan agar semakin banyak dikenal banyak orang.

Promosi dengan Twitter memiliki kelemahan berupa keterbatasan dalam menulis cuitan yaitu maksimal 280 saja. Meski begitu, kamu masih bisa muncul di Twitter setiap hari dengan menggunakan kata-kata singkat dan menarik untuk mempromosikan produk dan jasa. Selain itu, juga bisa menyertakan berbagai diskon dan promosi menarik.

Baca Juga : 9 Kata-Kata Menarik untuk Promosi di Media Sosial!

4. TikTok

Akhir-akhir ini nama aplikasi TikTok semakin naik daun dan populer di masyarakat. Hari demi hari penggunanya semakin banyak dan bisa dimanfaatkan untuk melakukan promosi dan jualan secara online.

Cara promosi di TikTok tidak kalah mudah dibanding media sosial lainnya yaitu pertama harus membuat akun terlebih dahulu. Setelah itu, unggah video promosi yang unik dan menarik. Supaya hasilnya maksimal, unggah video secara berkala dan menggunakan hashtag.

5. Marketplace

Media promosi online untuk usaha UMKM selanjutnya adalah marketplace. Saat ini ada banyak situs marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk promosi, seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Blibli dan sebagainya. Marketplace tersebut bisa membantu pelaku usaha UMKM untuk memiliki halaman toko sendiri dan melakukan aktivitas promo maupun pemasaran produknya.

6. Website

Media online yang bisa digunakan sebagai sarana promosi adalah website. Saat ini sudah ada banyak situs yang menyediakan jasa untuk membantu membuat website secara gratis. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membuat website.

Di dalam website yang dimiliki nantinya bisa dimasukkan penjelasan tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Setelah itu, bisa menjualnya agar memudahkan pembeli untuk membelinya.

Baca Juga : Cara Melihat Insight Instagram untuk Promosi Bisnismu!

Inilah 4 Manfaat Media Promosi Online untuk Usaha UMKM

Ada banyak manfaat yang akan dirasakan oleh pelaku usaha UMKM jika menggunakan media online untuk promosi. Berikut beberapa manfaat yang akan dirasakan:

1. Biaya Pemasaran Lebih Murah

Salah satu kendala yang sering dirasakan UMKM adalah keterbatasan dana untuk melakukan promosi. Namun, dengan adanya media online tersebut maka promosi bisa dilakukan dengan mudah dan gratis. Hal ini tentu akan membuat biaya promosi yang harus dikeluarkan menjadi lebih hemat.

Jika dana untuk promosi benar-benar terbatas, kamu bisa memanfaatkan media sosial gratis untuk promosi. Meski gratis tetapi cukup efektif untuk mengenalkan produk atau jasa kepada orang lain. Selain untuk promosi, media sosial juga bisa digunakan untuk jualan produk.

2. Bisa Menjangkau Konsumen Lebih Luas

Manfaat promosi melalui media online yang akan kamu rasakan yaitu bisa menjangkau konsumen yang lebih luas. Jangkauan konsumen yang lebih luas membuat produk atau ajsa yang dijual bisa dikenal banyak orang. Dengan begini maka penjualan produk akan semakin meningkat.

3. Memudahkan Interaksi dengan Pelanggan

Salah satu manfaat melakukan promosi melalui media online adalah memudahkanmu dalam berinteraksi dengan pelanggan. Kamu bisa terhubung dengan pelanggan kapan dan dimana saja secara online. melalui platform internet seperti media sosial, kamu bisa melakukan interaksi dengan pelanggan secara real time. Hal ini tidak hanya menguntungkan penjual tetapi juga pembeli.

4. Meningkatkan Penjualan

Manfaat paling utama yang akan dirasakan yaitu promosi dengan media online akan meningkatkan penjualan. Terlebih lagi jangkauan konsumen yang lebih luas membuat produk atau jasa yang dipromosikan bisa dikenal masyarakat secara luas. Hal ini membuat produk semakin dikenal dan banyak yang tertarik untuk membelinya. Dengan begini tidak hanya penjualan saja yang akan meningkat tetapi juga keuntungan yang didapatkan.

Itulah informasi tentang jenis dan manfaat media promosi online untuk usaha UMKM. Jika kamu memiliki dana terbatas untuk promosi, manfaatkan media online tersebut dengan baik. Melakukan promosi dengan media tersebut memang gratis tetapi kamu harus kreatif dalam membuat video, caption, gambar dan sebagainya agar masyarakat lebih tertarik.

Selain melakukan promosi, kamu juga bisa mengembangkan usaha UMKM dengan menggunakan aplikasi Koala+. Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang bermanfaat untuk usaha yang sedang kamu jalankan. Beberapa fitur tersebut seperti fitur Broadcast Message yang berguna untuk menyebarkan promosi toko atau produk melalui pesan broadcast Whatsapp Business API.

Ada juga fitur Chatbot yang berguna membantu kamu membalas pesan pelanggan lebih cepat. Selain itu, ada fitur Manajemen Produk & Transaksi yang bisa membantu mengelola produk, transaksi maupun membuat website jualan yang terintegrasi dengan Koala.