Ini Beberapa Cara Jualan Online Laris di Facebook!

8 September 2022

Kalau kamu berjualan online pasti kamu sering bertanya-tanya cara jualan online laris di Facebook. Karena masih banyak yang menggunakan Facebook, jualan online di Facebook bisa menjadi pilihan. Banyak cara jualan online laris di Facebook yang bisa kamu lakukan. Apalagi beberapa tahun belakangan jualan online semakin populer.

Semenjak kemunculan media sosial, banyak perubahan yang terjadi di masyarakat. Apalagi didukung teknologi yang semakin berkembang. Untuk mengetahui kabar seseorang, kamu tidak perlu repot-repot menelpon. Jika kamu sudah mengikuti mereka di media sosial, kamu dapat dengan mudah mengetahui kabar mereka. Apalagi 10 tahun belakangan media sosial semakin masif.

Berkat media sosial, penyebaran informasi juga semakin luas. Kamu dapat mendapatkan informasi yang sejatinya bisa didapatkan beberapa hari kemudian dengan kekuatan sosial media. Contohnya seperti jika terjadi sesuatu di belahan dunia lain, informasi dapat kamu raih dengan cepat melalui sosial media. Kamu bisa menemukan informasi tersebut terkadang hanya dalam hitungan menit.

Namun, banyak pula yang menganggap bahwa media sosial memberikan pengaruh buruk. Seperti mis informasi serta cyber-bullying. Namun, hal tersebut dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Manfaat media sosial jauh lebih banyak dibandingkan efek buruk yang dihasilkan. Karena itulah media sosial masih tetap eksis sampai sekarang, bahkan dengan pengguna yang setia.

Salah satu manfaat yang didapat dari media sosial adalah uang. Dengan media sosial kamu bisa menghasilkan uang. Banyak artis tv yang memulai karir sebagai influencer yang terkenal di media sosial. Meskipun yang mereka lakukan tentunya tidak mudah. Kamu juga bisa mencari uang di media sosial dengan berjualan. 

Baca Juga: Mengapa Online Shop adalah Bisnis yang Ramai Pembeli?

 

Berjualan Online

Berjualan online sudah ada dan dilakukan beberapa tahun belakangan. Namun belakangan, transaksi online semakin menjadi-jadi. Meledaknya e-commerce serta pandemi membuat banyak masyarakat lebih memilih menggunakan transaksi online. Apalagi semakin banyak pilihan metode pembayaran yang aman untuk dilakukan.

Salah satu media sosial yang kerap dijadikan lapak berjualan adalah Facebook. Meskipun sebenarnya Instagram lebih sering terlihat dijadikan tempat berjualan, ternyata Facebook juga sering dijadikan lapak berjualan. Salah satu alasannya adalah banyak masyarakat yang lebih mengerti memakai Facebook dibandingkan Instagram, terutama orang dewasa. Tapi ada beberapa cara jualan online laris di Facebook.

 

Cara-cara Jualan Online Laris di Facebook

1. Memakai Foto

Cara jualan online laris di Facebook yang paling utama adalah memakai foto. Orang tidak akan percaya jika kamu tidak menggunakan foto, apalagi semakin banyak penipu di media sosial yang bermaksud jahat. Oleh karena itu kamu sebaiknya mencantumkan foto produk ketika kamu menjualnya.

Selain itu, foto yang kamu sematkan juga sebaiknya asli dan berkualitas bagus. Kamu tidak perlu menggunakan kamera yang mahal. Yang penting foto produk yang kamu gunakan jelas dan menangkap segala sisi produk yang kamu jual. Kamu juga jangan memakai foto orang untuk menjual produk kamu. Kalau pembeli melihat hal tersebut, kemungkinan besar dia akan berpikir bahwa kamu penipu. 

2. Bergabung di Grup

Cara jualan online laris di Facebook yang kedua adalah dengan bergabung di grup. Grup apa itu tergantung pada barang apa yang kamu jual. Kamu dapat bergabung dengan grup komunitas tertentu agar kemungkinan barang kamu dilirik oleh calon pembeli semakin besar. Contohnya jika kamu menjual kandang burung, kamu dapat bergabung dengan komunitas pecinta burung. Tentunya mereka di sana adalah yang mempunyai burung sehingga mereka merupakan target pasar yang kamu tuju.

3. Membuat Akun Facebook Business Manager

Cara jualan online laris di Facebook selanjutnya adalah membuat akun bisnis di Facebook. Seperti Instagram, Facebook juga menyediakan Facebook Business Manager untuk kamu yang berjualan. Dengan begitu, kamu dapat memisahkan akun pribadi kamu dengan akun berjualan. Banyak fitur-fitur yang kamu dapatkan. Selain itu, kamu akan lebih mudah mendapatkan report mengenai aktivitas yang terjadi di akun tersebut. 

4. Memberikan Deskripsi yang Detail

Cara jualan online laris di Facebook lainnya adalah dengan memberikan deskripsi yang detail. Saat berjualan, sebaiknya kamu benar-benar memberikan informasi yang dibutuhkan oleh calon pembeli. Karena tidak dapat bertatap muka sebelumnya, pembeli hanya bisa melihat foto dan deskripsi sebagai modal untuk membeli. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memberikan deskripsi yang informatif.

Kamu dapat memberikan informasi tentang bahan dari barang tersebut, ukuran dari barang tersebut atau bahkan cara penggunaannya. Kamu bisa memberikan informasi tersebut agar kamu tidak mendapat komplain nantinya. Dengan memberi informasi yang jelas, kamu tidak menyesatkan pembeli sehingga jika terjadi mis informasi nantinya, bukan menjadi salah kamu.

Baca Juga: Tips Membuat Deskripsi Produk Makanan yang Tepat Sasaran

5. Responsif

Salah satu cara jualan online laris di Facebook adalah dengan responsif. Hal ini tidak berlaku di Facebook namun juga media tempat kamu berjualan. Dengan responsif, para pembeli juga akan merasa dihargai. Apalagi kadang kesempatan tidak datang dua kali, jadi jangan menunda-nunda untuk membalas pelanggan. Kamu juga jangan memberikan respon seadanya. Kamu bisa memberikan respon yang informatif karena kamu adalah penjual barang yang ingin menjual barang.

Selain itu, kamu harus menanggapi chat pelanggan dengan serius. Selalu berasumsi bahwa mereka dapat membeli produk kamu sehingga kamu memberikan pelayanan terbaik. Kamu harus selalu ramah dalam membalas pesan yang dikirimkan oleh pelanggan karena biar bagaimanapun, pelanggan adalah raja.

6. Tampilkan Testimoni Pelanggan

Cara jualan online laris di Facebook lainnya adalah dengan menampilkan testimoni pelanggan produk kamu yang merasa puas dengan pembelian yang dilakukan di toko milikmu. Cara ini sudah dilakukan sejak awal-awal orang berjualan secara online. Dengan begitu, kurang lebih orang bisa melihat review produk milikmu serta jadi lebih percaya dibandingkan jika kamu tidak memiliki testimoni.

7. Gunakan Fitur Marketplace

Cara jualan online laris di Facebook selanjutnya adalah menggunakan fitur marketplace. Kamu bisa menemukan fitur marketplace pada bagian kiri setelah kamu login Facebook. Pada fitur marketplace tersebut, kamu akan menemukan fitur-fitur yang tidak jauh berbeda dengan marketplace terkenal lainnya.

8. Pakai Facebook Ads

Kalau kamu punya sedikit modal untuk digunakan, kamu bisa menggunakan Facebook Ads sebagai cara jualan online laris di Facebook. Dengan Facebook Ads, kamu dapat menjangkau target pelanggan lebih luas lagi. Apalagi pengguna Facebook mencapai milyaran orang. Pastikan kamu menargetkan iklan tersebut untuk mereka yang sesuai dengan target pasar kamu.

Demikian penjelasan singkat mengenai jualan online serta cara jualan online laris di Facebook. Beberapa platform jualan mempunyai cara yang tidak jauh berbeda. Tapi yang namanya berjualan memang tidak mudah, dibutuhkan kesabaran dan kegigihan. Jadi jangan mudah menyerah jika belum berjalan dengan baik. Cari cara lain yang cocok dengan platform dan produk yang kamu jual.


Selain itu, kamu juga bisa berjualan dengan aplikasi. Aplikasinya gratis dan mudah digunakan. Dengan Koala, kamu bisa atur transaksi dengan mudah, chat dengan pelanggan, dan berbagai fitur menarik lainnya. Penasaran, nggak? Yuk, langsung cari tahu aja selengkapnya di sini!