Cara Melihat Insight Instagram untuk Promosi Bisnismu!

11 November 2022

Saat ini, banyak yang kamu lakukan untuk mengisi keseharianmu, seperti memiliki bisnis online atau usaha-usaha kecilan untuk menambah penghasilan. Bisnis online merupakan hal yang populer dilakukan saat ini. Hal ini disebabkan karena bisnis ini dapat dilakukan dengan hanya menggunakan smartphone-mu lho.

Salah satu platform media sosial yang sering digunakan untuk bisnis online adalah Instagram. Dalam mengelola usaha atau bisnis online di Instagram, kamu perlu mengenal banyak fitur di Instagram, khususnya di dalam Instagram Business. 

Banyak fitur-fitur di dalam Instagram Business yang dapat membantu mengelola usaha online-mu dengan baik dan mudah, salah satunya adalah mengetahui cara melihat insight Instagram. 

Bagaimana cara melihat insight Instagram? Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita mengenal apa itu insight instagram terlebih dahulu sebelum mengetahui cara melihat insight Instagram.

Apa itu Insight Instagram?

Insight Instagram adalah suatu fitur yang dapat memberikan informasi mengenai perkembangan dari postingan-postingan yang ada di akun kita. Insight Instagram merupakan fitur yang penting karena dapat memungkinkan kita untuk memonitor strategi pemasaran dengan sangat mudah. Maka dari itu, adalah hal penting untuk kamu pebisnis online untuk mengetahui cara melihat insight Instagram.

Fitur ini merupakan alat untuk menganalisis serta menyediakan data tentang demografi dan tindakan pengikut akun anda, dan juga menganalisis dan menyediakan data tentang konten kamu yang unggah di akunmu.

Selain itu, Insight Instagram membantu kamu untuk membandingkan konten yang diunggah, mengukur kesuksesan kampanye di akunmu, dan melihat bagaimana kinerja masing-masing postingan yang diunggah di akunmu.

Namun, perlu diketahui bahwa fitur ini hanya tersedia di akun bisnis Instagram atau Instagram Business seperti yang disebutkan sebelumnya di atas. Maka, kamu perlu mengubah akunmu menjadi akun bisnis terlebih dahulu untuk mengetahui cara melihat insight Instagram

Baca Juga : Cara Membuat Iklan di Instagram dan Tips Terbaiknya

Lalu bagaimana cara melihat insight Instagram? Mari kita membahas cara melihat insight Instagram di bagian berikutnya!

Cara Melihat Insight Instagram

Terdapat banyak cara melihat insight instagram, namun ada lima cara yang bisa kamu lakukan. Sekali lagi, ingat ya, insight instagram hanya dapat dilihat dalam mode Instagram bisnis. Jika kamu belum dapat melihat dan menggunakan fitur ini, hal ini disebabkan karena kamu masih menggunakan mode personal pada akun Instagram kamu.

Agar kamu lebih mengenal dan semakin familiar dengan cara melihat insight Instagram, kamu bisa mempelajari trik yaitu dengan menghafal istilah-istilah yang muncul di dalam fitur insight Instagram agar kamu dapat lebih merasa terhubung dan memahami manfaat setiap metrik yang ada di dalamnya.

Berikut ini merupakan beberapa cara melihat insight Instagram:

  • Professional Dashboard

Di laman profil Instagram bisnis kamu, lihat bagian paling atas. Kemudian kamu dapat menekan tombol “Professional Dashboard”. Setelahnya kamu akan disuguhkan dengan sebuah grafik kunjungan pengikutmu selama 30 hari terhitung kamu membuka menu atau tombol ini serta performa profil Instagram bisnismu. 

Selanjutnya, kamu bisa lebih mengetahui cara melihat insight Instagram dengan detail dengan melihat di menu “See All”. Kalau kamu menekan tombol ini, maka tampilan insight akan sama dengan cara kedua dan ketiga yang akan diberitahukan di bagian selanjutnya.

Tampilan yang lebih detail dan jelas ini bisa disebut dengan “tampilan insight lengkap” yang akan dibicarakan secara terpisah di bagian setelah ini agar dapat kamu pahami dengan lebih mudah.

  • Home

Mirip dengan cara yang pertama, kamu masih perlu membuka laman profile Instagram bisnismu. Hal yang berbeda adalah kamu langsung saja menekan tombol fitur “Insights”. Kamu akan dibawa ke laman detail analytics dan akan terpampang dengan lengkap di laman ini. Kamu dapat mengatur durasi data yang kamu ingin analisis. Hal ini bisa kamu atur jaraknya, misalkan selama 7 hari ke belakang, 3 minggu, 20 hari, atau kapanpun yang kamu mau.

Setelah kamu tekan tombolnya, tampilan insight yang lengkap akan terpampang di layar smartphone-mu.

  • Tiga Garis

Cara melihat insight Instagram yang ketiga adalah dengan membuka profil Instagram bisnismu, lalu klik tiga garis di pojok kanan lalu pilih menu “Get insights” dan lalu pilih dan tekan “Insights”. Melalui cara ini, kamu dapat melihat tampilan insights yang lengkap juga. 

  • Postingan Tunggal di Feed

Melalui cara melihat insight Instagram yang keempat ini, kamu bisa membuka tiap postingan yang sudah kamu unggah untuk melihat insights yang lebih spesifik di setiap postingannya.

Pertama, kamu dapat buka salah satu postingan yang ada di feedmu, lalu klik “View”. Kamu bisa buka konten yang kamu mau, lalu pilih “View Insights” di bagian bawah. Cara ini akan memberimu data yang spesifik dan terperinci mengenai unggahanmu.

Cara melihat insight Instagram yang satu ini akan menampilkan data-data yang spesifik seperti:

  1. Comments atau jumlah komentar yang ada di postinganmu.
  2. Jumlah akun yang sudah mengikuti akunmu setelah melihat konten tersebut.
  3. Like atau jumlah like yang kamu dapatkan dalam satu konten itu.
  4. Saved atau jumlah akun yang telah menyimpan postinganmu.
  5. Kumpulan dari like, komentar, serta aktivitas penyimpanan pada postinganmu.
  6. Jumlah akun yang telah menekan tombol email yang ada di profilmu setelah melihat postingan atau kontenmu.
  7. Jumlah akun yang telah menekan tombol telepon yang ada di profilmu setelah melihat postingan atau kontenmu.
  8. Get direction atau jumlah akun yang telah menekan tombol “get direction” setelah melihat isi postinganmu.
  9. Impressions anda Views atau jumlah penayangan konten atau postinganmu.
  10. Profile visit atau total kunjungan ke profilmu setelah melihat postinganmu.
  11. Jumlah jangkauan akun yang telah melihat postinganmu.
  12. Jumlah para akun yang telah mengirim SMS setelah melihat kontenmu.
  13. Website clicks atau jumlah akun yang menekan tombol tautan website yang ada di profilmu.

 

  • Instagram Story

Cara melihat insight Instagram berikutnya adalah dengan melalui Instagram story. Kamu dapat membuka story yang sudah kamu unggah, lalu tekan “Seen by”. Kamu dapat melihat berapa banyak orang yang telah melihat story yang tela kamu unggah.

Hal-hal yang bisa dilihat di insight Instagram story tidak terlalu beda dengan insight yang dapat kamu lihat di postingan di feed-mu. Namun, ada beberapa hal yang beda, seperti:

  1. Back atau jumlah total akun yang telah menekan layar untuk melihat kembali unggahan Instagram story-mu.
  2. Jumlah klik sebelum akun meninggalkan story yang kamu unggah.
  3. Jumlah klik yang dilakukan akun untuk melihat story selanjutnya yang telah kamu unggah.
  4. Link Opens atau jumlah link yang tertaut pada story yang dibuka akun pengunjung.
  5. Next Story atau jumlah akun yang langsung berpindah ke story akun lain.
  6. Jumlah balasan yang kamu dapat dari story yang kamu telah unggah.

 

Baca Juga: Waktu Terbaik Posting Instagram di 2022 untuk Bisnis

Itulah cara melihat insight Instagram yang bisa kamu lakukan! Bagaimana? Mudah bukan cara melihat insight Instagram? Ketika kamu menggunakan Instagram sebagai channel penjualanmu, kamu perlu mengetahui cara melihat insight Instagram untuk mengukur performa postingan dan akunmu. Semoga kamu dapat mengaplikasikan cara melihat insight Instagram di atas ya!


Nah, selain cara di atas, kamu bisa memanfaatkan fitur dari KOALA untuk memperlancar jalannya bisnis online-mu! Mulai dari mengatur transaksi, mengelola kontak pelanggan, hingga atur transaksi, semuanya bisa di KOALA!