Impresi Instagram adalah: Pengertian dan Cara Meningkatkannya

6 Oktober 2022

Saat kamu menggunakan media sosial seperti Instagram, impresi Instagram adalah istilah yang sering didengar. Terutama jika kamu menjalankan bisnis di Instagram, maka kamu juga perlu memperhatikan impresi Instagram.

Saat melakukan iklan atau membuat konten untuk usahamu, impresi instagram adalah patokan yang digunakan untuk melihat performa dari konten atau iklanmu. Tanpa adanya impresi Instagram, kamu tidak akan bisa menganalisa mana iklan yang sukses dan mana konten yang sesuai dengan pengikutmu.

Pengertian Impresi Instagram Adalah

Setiap media sosial pasti memiliki informasi data untuk melacak performa suatu konten yang telah dibuat. Sama halnya dengan Instagram yang juga memiliki beberapa istilh yang digunakan untuk membantu penggunanya memeriksa performa konten dan akunnya. Salah satunya adalah impresi.

Impresi Instagram adalah jumlah angka untuk menghitung berapa kali kontenmu baik itu post, story, dilihat oleh pengguna Instagram. Impresi Instagram adalah bagian dari Analytics yang ada di Instagram. Di dalam Analytics terdapat juga beberapa istilah lain seperti Reach yang memiliki pengertian hampir sama dengan Impresi. Perbedaan Reach dan Impresi Instagram adalah Reach adalah total angka per post, sedangkan Impresi adalah total keseluruhan. 

Jika angka Impresi Instagram milikmu lebih tinggi dibandingkan dengan Reach, maka pengguna atau pengikut Instagrammu melihat konten milikmu berulang-ulang. Penggunaan data Impresi Instagram adalah untuk melihat mana post yang menarik perhatian lebih tinggi dibandingkan dengan yang lainnya. Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa membuat konten serupa lebih banyak.

 

Cara Memeriksa Impresi Instagram

Cara mengetahui berapa total impresi Instagram adalah hal yang sangat mudah. Kamu hanya perlu langsung menuju profil Instagram milikmu lalu klik Insight. Di dalamnya kamu akan mendapat berbagai macam jenis analytic Instagram selain Impresi Instagram.

Kamu juga bisa memeriksa per postingan yang sudah kamu post secara rutin. Cara memeriksa per postingan untuk impresi Instagram adalah cukup membuka postingan yang telah kamu post, lalu klik Insights. Selanjutnya kamu akan melihat berbagai pilihan fitur analytic untuk performa postingan tersebut.

Baca Juga: Tips Kelola Aplikasi Jualan Tanpa Modal Besar

Cara Meningkatkan Impresi Instagram

Saat kamu menjalankan Instagram untuk Bisnis, memiliki impresi instagram yang tinggi adalah salah satu hal yang penting. Impresi instagram yang cukup tinggi merupakan bonus pemasaran untuk usahamu. Jika impresi Instagram cukup tinggi, berarti ada banyak pengguna yang mengetahui usahamu dan ingin mencoba produkmu.

Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan Impresi Instagram. 

1. Manfaatkan Fitur Targeting dari Instagram

Instagram memiliki fitur targeting untuk membantumu memilih target pengguna saat membuat iklan. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk memaksimalkan performa iklan yang telah kamu buat. Fitur targeting juga sudah cukup spesifik. Kamu bisa memilih pengguna berdasarkan usia, gender, lokasi, minat, dan lainnya.

Selain bermanfaat untuk memilih target pengguna, fitur ini akan membantumu menuju pengguna yang memiliki minat yang serupa. Misalnya jika kamu menjual baju bayi, kamu tentunya memilih target pasar seorang perempuan berusia 25 hingga 30 tahun ke atas sebagai target. Kemudian Instagram akan menunjukkan iklan usahamu hanya pada pengguna di usia tersebut. Ini bermanfaat sekali untuk usahamu karena kamu bisa mendapatkan target pasar yang sesuai sehingga peluang penjualan naik semakin tinggi.

2. Post di Waktu Terbaik

Setiap akun pasti memiliki jam terbaik untuk posting. Beberapa akun mungkin memiliki pengikut yang aktif di saat jam makan siang dan beberapa yang lainnya memiliki pengikut yang aktif di jam sebelum tidur. Memanfaatkan waktu tersebut sangat penting untuk mendapatkan impresi yang maksimal.

Untuk iklan, terdapat data bahwa pengguna instagram lebih aktif di hari Senin sekitar pukul 3 hingga 4 sore. Waktu tersebut disebut dengan peak times. Puncak waktu ramainya Instagram tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menarik perhatian pembeli yang bisa meningkatkan penjualanmu.

3. Coba-Coba dengan Hashtag

Hashtag juga bisa membantu untuk meningkatkan impresi Instagram. Hashtag masih menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian pengguna Instagram. Gunakan hashtags yang relevan dengan postingan usahamu dan target pengguna yang kamu tuju.  Hashtags tersebut akan muncul di pengguna yang mencari konten dengan spesifik.

Kamu bisa menggunakan hashtag yang populer di kalangan pengguna atau hashtag spesifik untuk usahamu. Pengguna lain akan lebih mudah menemukan konten usahamu dan postinganmu dengan hashtag yang ada. Saat menggunakan hashtag, kamu akan memiliki peluang meningkatkan impresi Instagram dan menarik perhatian lebih banyak pengguna.

4. Gunakan Gambar atau Video Berkualitas

Salah satu cara naiknya impresi Instagram adalah dengan menggunakan gambar atau video berkualitas. Instagram tidak akan lengkap tanpa gambar atau video berkualitas karena Instagram sendiri merupakan platform yang digunakan untuk foto dan video. Sebelum menaikkan kontenmu, pastikan kamu menggunakan foto dan video yang berkualitas agar bisa menarik perhatian pengguna Instagram. Pengguna yang melihat tentunya lebih suka melihat gambar dan video yang jelas dibandingkan yang blur dan kurang menarik.

5. Aktif di Instagram

Kamu juga bisa meningkatkan impresi Instagram milikmu dengan tetap aktif di Instagram. Misalnya dengan cara like dan comment di postingan yang akun lain. Ini adalah cara yang dilakukan untuk meningkatkan impresi Instagram juga. Dengan tetap aktif di Instagram, maka kamu jadi lebih mudah untuk meningkatkan performa Instagram bisnismu juga. Jangan lupa juga untuk terus membagikan kontenmu kepada pengguna agar pengikutmu selalu tahu apa hal baru yang ada di akunmu. Memberikan Like dan Comment juga merupakan cara mudah berkomunikasi dengan pelanggan usahamu.

Baca Juga: Cara Menghitung Untung Jualan Hingga Ekspansi Perlahan

6. Gunakan Fitur Ads di Instagram

Setiap media sosial memiliki fitur iklan yang bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah Instagram dengan fitur ads miliknya. Kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk meningkatkan impresi Instagram usahamu. Karena impresi Instagram adalah jumlah orang yang melihat kontenmu, maka dengan menggunakan iklan atau ads hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Pastikan kamu memilih target pengguna yang tepat sebelum menentukan iklan agar kamu bisa menjangkau pengguna yang tepat dan tidak mengalami kesalahan seperti menurunnya impresi Instagram.

7. Buat Akun Instagram yang Terpercaya

Saat kamu memeriksa Instagram dari perusahaan atau merek besar, pasti kamu melihat bahwa jenis konten yang mereka post benar-benar jenis konten yang menarik dan terlihat dipercaya. Meskipun beberapa akun belum memiliki centang biru yang merupakan tanda akun tersebut verified, tetap saja postingan mereka terlihat sangat profesional.

Membangun akun instagram yang terpercaya juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan impresi Instagram. Ketika akun Instagram milikmu terlihat profesional dan menarik, tentunya pelanggan akan percaya dengan instagram tersebut. Kepercayaan tersebut bagus untuk proses transaksi di masa depan. Semakin banyak yang percaya dengan akunmu, maka semakin tinggi juga pengikut yang percaya dengan usahamu.

 

Impresi instagram adalah bagian dari peningkatan bisnis secara online. Kamu perlu memperhatikan hal tersebut jika kamu fokus pada usaha online.

Hal lain yang bisa juga kamu fokuskan adalah dengan menggunakan Koala untuk meningkatkan layanan jualanmu dengan fitur website jualan, keyboard jualan, atur transaksi hingga template chat yang bisa memudahkan komunikasi kamu dengan pelanggan. Langsung saja daftar Koala sekarang.