Ingin Penjualanmu Makin Cuan? Ini 7 Cara Promosi di Instagram!

30 Agustus 2022

Terdapat berbagai cara promosi di Instagram yang bisa diterapkan oleh pemilik bisnis untuk dapat meningkatkan angka penjualan secara drastis. 

Bukan hal yang asing lagi, sekarang Instagram adalah kanal media yang sudah maklum digunakan oleh bisnis-bisnis untuk menggaet minat target pasar mereka, seperti memperkenalkan produk, promo terbatas, hingga mengadakan giveaway. Hal ini tentu bukan tanpa sebab; Instagram saat ini masih merupakan salah satu media sosial yang memiliki pengguna aktif bulanan di dunia.

Selain itu, Instagram juga mudah untuk digunakan oleh semua kalangan. Apalagi dengan adanya fitur-fitur terbaru sekarang, Instagram adalah tools marketing yang wajib ada untuk setiap bisnis. 

Namun, di sisi lain, karena dianggap pemakaiannya yang sekadar unggah-mengunggah saja, tidak sedikit pebisnis yang salah kaprah tentang cara promosi di Instagram. Cara promosi di Instagram perlu dipahami secara benar dan dilakukan secara efektif agar tidak hanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tapi juga agar anggaran yang dikeluarkan bisnis untuk promosi tidak sia-sia.

Nah, bagaimana cara promosi di Instagram yang efektif untuk dilakukan oleh pebisnis, terutama untuk pemula? Berikut pada artikel kali ini, kamu akan mengetahui beberapa cara promosi di Instagram yang sudah banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk menaikkan angka penjualan mereka secara efektif. Yuk, simak artikel ini sampai habis jika kamu kepo cara promosi di Instagram!


7 Cara Promosi di Instagram yang Mudah Diterapkan

Agar penjualan bisnis dapat makin cuan, kamu bisa terapkan cara promosi di Instagram di bawah ini!

 

1. Membuat akun Instagram bisnis

Apakah akun Instagram untuk bisnis yang kamu punya dibuat pada akun personal? Kalau iya, ini adalah tandanya bahwa kamu harus membuat akun Instagram for Business khusus untuk bisnismu. Yap, ini adalah langkah pertama pada cara promosi di Instagram. Hal ini karena adanya fitur yang dimiliki akun Instagram bisnis lebih pas digunakan untuk hal promosi, jika dibandingkan akun tipe personal.

Beberapa fitur yang ada di Instagram bisnis, antara lain, adalah bio profil dengan tampilan lebih profesional, akses membuat Instagram Shop, akses ke insight, fitur Instagram Ads, fitur quick reply, hingga fitur penambahan tautan atau link di Instagram Stories. Adanya fitur-fitur ini tentu akan lebih memudahkan untuk aktivitas promosional yang akan dilakukan.

Bagaimana cara beralih ke akun bisnis? Kamu hanya perlu buka bagian menu setting, lalu pilih Account, pilih Switch to professional account, dan pilih Business. Selesaikan prosesnya dan akunmu sudah menjadi Instagram bisnis!

 

2. Membuat content plan 

Cara promosi di Instagram yang selanjutnya adalah membuat content plan dari aktivitas promo yang akan dilakukan. 

Content planning perlu untuk dibuat karena di dalamnya mencakup rangkaian langkah-langkah sebelum sekaligus setelah aktivitas promo selesai. Selain itu, content plan dapat berfungsi sebagai pedoman dan acuan dari pembuatan konten terkait promo. Sehingga dapat dikatakan bahwa content plan adalah dasar dari cara promosi di Instagram yang efektif.

Apa saja yang termasuk dalam content plan? Umumnya, content plan mencakup siapa target audiensnya, periode atau lama berlangsungnya promo, gambaran konten secara garis besar seperti, isi, desain, hingga hashtag, waktu untuk mem-posting, dan mengecek performa dari masing-masing konten.

Baca Juga: 5 Contoh Strategi Harga Coret yang Ampuh Agar Jualan Laris

 

3. Memilih desain yang sesuai

Jika content plan sudah dibuat, membuat desain konten yang sesuai dengan rencana adalah cara promosi di Instagram berikutnya. Memang, untuk dapat menggaet perhatian target audiens, visual dari konten yang dibuat harus semenarik mungkin. 

Tetapi, perlu diingat juga bahwa visual konten tersebut sesuai dengan content plan, norma, dan juga tidak mengandung isu-isu sensitif seperti SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan). Desain konten pada postingan juga perlu selaras dengan gaya bahasa yang ingin ditampilkan kepada target audiens.

 

4. Menulis caption yang menarik

Cara promosi di Instagram juga tidak bisa terlepas dari caption. Caption adalah deskripsi singkat yang ditulis di bawah postingan yang kamu unggah. Visual yang menarik memang diperlukan, tetapi caption juga tidak kalah pentingnya dibuat sedemikian rupa untuk menumbuhkan rasa ketertarikan target audiens. 

Menulis caption Instagram memerlukan gaya bahasa yang sesuai dan penggunaan kata-kata yang  mewakili inti dari postingan yang diunggah. Pastikan bahwa bahasa yang dituliskan pada caption singkat, padat, jelas, dan menarik. Sehingga target audiens dapat dengan mudah menerima maksud dan memahami inti dari postingan tersebut.

 

5. Menggunakan hashtag pada caption

Ingin postinganmu dapat meraih target audiens secara luas? Gunakanlah hashtag pada caption yang kamu tulis. Hashtag dapat membantu cara promosi di Instagram lebih luas karena postinganmu secara otomatis “tertandai” sehingga akun bisnismu dapat dengan mudah ditemukan oleh orang-orang yang mencari hashtag itu sendiri.

Instagram memiliki fitur explore di mana memungkinkan penggunanya untuk mencari akun atau produk hanya dengan menggunakan keyword atau kata kunci saja. Oleh karena itu, kamu cukup menyisipkan hashtag yang terkait dengan produk yang dipromosikan sehingga pengguna lain dapat terhubung dan menemukan akun bisnismu.

 

6. Memaksimalkan fitur Instagram Stories dan Reels

Selain mengunggah postingan ke akun Instagram bisnis, cara promosi di Instagram dapat dilakukan dengan melalui fitur Stories dan Reels di Instagram. Kedua fitur ini memungkinkan kamu untuk mengunggah konten berupa video promosional di dalamnya. Namun, terdapat perbedaan dari segi batasan durasi di mana Stories memiliki batasan durasi hingga 60 detik dan Reels hingga 90 detik.

Fitur Stories juga memungkinkanmu untuk mencantumkan link, sehingga kamu bisa mencantumkan call-to-action dan kemudian menghubungnkannya ke link situs web atau e-commerce tempat kamu berjualan. Dengan menggunakan cara promosi di Instagram ini, kamu dapat mengarahkan target audiens ke halaman lain sesuai dengan keinginan.

 

7. Memperluas jangkauan promosi dengan fitur Ads

Cara promosi di Instagram yang terakhir adalah memanfaatkan fitur Instagram Ads. Pada dasarnya, fitur ini bekerja seperti mengiklankan unggahan kita (seperti postingan dan stories) agar dapat menjangkau target audiens di luar followers. Untuk dapat menggunakan fitur ini, kamu perlu mengintegrasikan akun Instagram bisnismu dengan Facebook Ads Manager

Fitur Ads memang berbayar, tetapi kamu bisa mengatur sendiri besaran budget yang dikeluarkan untuk beriklan di sini. Mulai dari Rp25.000 saja, kamu bisa beriklan lho! Namun, yang perlu diingat adalah alokasi budget akan mempengaruhi jangkauan dari iklan itu sendiri. Semakin besar budget, maka akan semakin luas pula jangkauan dari iklan yang dipasang.

Baca Juga: 5 Contoh Loyalty Program untuk Mempertahankan Pelanggan

 

Nah, itulah 7 cara promosi di Instagram yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan penjualan melalui Instagram. Dengan menerapkan cara promosi di Instagram yang efektif, angka penjualan dapat terdongkrak dan alokasi budget untuk aktivitas promosional pun akan berjalan sesuai rencana. 

Setelah menerapkan cara promosi di Instagram yang efektif dan penjualan jadi meningkat, jangan lupa juga untuk tetap menjaga kualitas pengelolaan setiap transaksi yang berjalan di dalam bisnismu. Jika transaksi tidak dikelola dengan benar, maka upaya promosi pun juga akan sia-sia bukan? 

Oleh karena itu, kamu perlu mengelola transaksi secara seksama. Yuk, kelola setiap transaksi dalam bisnismu dengan mudah pakai satu aplikasi saja, yaitu dengan Koala! Dengan fitur manajemen transaksi KOALA, kamu bisa membuat, mengedit, mengubah, dan membatalkan transaksi dalam bisnismu secara efektif!