7 Tips Desain untuk Usaha Jualan Botol Minuman Kekinian

8 Agustus 2022

Memulai usaha jualan botol minuman kekinian membutuhkan banyak pengetahuan. Berjualan botol minuman kekinian harus selalu memiliki ide kreatif dan menarik agar pelanggan mereka puas dengan hasilnya. Terutama karena usaha minuman kekinian saat ini sudah semakin banyak. Maka semakin banyak pula pengusaha yang memerlukan banyak botol minuman kekinian.

Saat memulai usaha jualan botol minuman kekinian, pastikan kamu selalu memberikan banyak pilihan kepada pembeli. Banyak pilihan berarti pelanggan akan memiliki banyak alternatif. Banyaknya pilihan desain tersebut bisa berkembang menjadi berbagai ide jualan untuk mereka. Tentunya ini membuat pelanggan lebih percaya dengan usaha jualan botol minuman kekinian milikmu.

7 Tips Desain Botol Minuman Kekinian

Kemasan botol minuman kekinian membutuhkan kombinasi antara bentuk, struktur, bahan, warna, citra, tipografi, dan informasi lain seputar produk yang mungkin dibutuhkan oleh pembeli. Pada dasarnya fungsi dari kemasan botol minuman kekinian adalah untuk diisi, melindungi, mengangkut, mengeluarkan, menyimpan, mengidentifikasi bahwa produk tersebut adalah produk usahamu di antara banyaknya minuman kekinian di pasaran.

Selain itu, desain kemasan botol minuman kekinian juga merupakan salah satu cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan, sehingga bisa menjadi salah satu pemicu agar pelanggan melakukan pembelian ulang. Jadi sebagai pemilik usaha jualan botol minuman kekinian untuk usaha kecil, kamu bisa menerapkan langkah-langkah berikut ini agar usahamu semakin laris:

1. Tentukan Lapisan dari Kemasan

Kemasan dari suatu produk tidak hanya ada satu. Ada yang disebut dengan lapisan luar, lapisan dalam, dan kemasan produk. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda. Untuk kemasan luar adalah kemasan yang berada di paling luar. Kemasan ini adalah kemasan yang pertama kali akan dilihat oleh pelanggan. Kemasan luar melindungi produk dengan sempurna. Contoh dari kemasan luar untuk botol minuman kekinian adalah kardus atau plastik wrapping yang menyelimuti minuman.

Kemasan selanjutnya adalah kemasan dalam. Kemasan dalam adalah kemasan yang membuat produk tetap aman diletakkan di dalam kemasan luar. Kemasan ini yang menjaga produk dan kemasan luar agar tidak terlalu banyak berguncang atau bergerak dan menyebabkan produk rusak. Contoh kemasan dalam untuk botol minuman kekinian adalah cup holder saat kamu membeli banyak minuman.

Kemasan yang terakhir adalah kemasan dari botol minuman kekinian itu sendiri. Contoh dari kemasan botol minuman kekinian adalah kemasan kaleng untuk minuman bersoda atau botol plastik untuk minuman yang dijual di pasaran.

Agar kamu tidak kesulitan saat berjualan botol minuman kekinian. Kamu bisa membuat template untuk lapisan kemasan tersebut. Template yang digunakan boleh sama dengan yang lain. Tetapi pastikan bahwa sentuhan desain gambar atau tulisan memiliki perbedaan, sehingga pelanggan bisa memilih mana produkmu yang sesuai dengan keinginan mereka.

2. Pilih Jenis Kemasan yang Tepat

Jenis kemasan ada bermacam-macam. Saat kamu akan memilih jenis kemasan apa untuk botol minuman kekinian, kamu perlu mempertimbangkan hal berikut ini:

  • Apa jenis produknya. Apakah jenis produk adalah jenis minuman dingin atau panas? Apakah jenis produk adalah jenis minuman yang perlu pengolahan lagi atau siap diminum secara langsung? Apakah jenis produk adalah jenis minuman yang bisa bertahan lama atau harus segera dihabiskan? Dengan mengkategorikan berbagai jenis usaha minuman, kamu juga bisa membuat bermacam-macam produk botol minuman kekinian. Misalnya kamu bisa menjual botol plastik berukuran 100ml, gelas cup ukuran 150ml, atau bahkan kemasan kaleng.
  • Budget dan kompetisi. Tentukan berapa banyak budget untuk pelangganmu saat membuat kemasan botol minuman kekinian terlebih dahulu. Ini akan membantu pelanggan memperkirakan biaya sebelum mereka memutuskan untuk membeli botol minuman kekinian dari usahamu. Pastikan kamu juga menyediakan harga untuk ecer dan grosir pada mereka.
     

 3. Temukan Jasa Cetak Terpercaya

Temukan jasa cetak yang memiliki rating cukup baik. Pastikan jasa cetak tersebut juga memiliki reputasi yang cukup terkenal. Saat kamu mencetak di jasa cetak terpercaya, mereka akan siap melayani pembelianmu kapanpun kamu memesan tanpa harus khawatir mereka kehabisan bahan atau tutup.

Pastikan kamu menghubungi berbagai jenis jasa cetak untuk usaha jualan botol minuman kekinian yang kamu jalankan. Dengan memiliki banyak relasi, kamu akan mudah mencetak berbagai macam jenis dan bentuk botol minuman kekinian untuk dijual.

4. Tentukan Apa yang Akan Dicetak

Setelah mengumpulkan data-data di atas, putuskan apa yang ingin kamu cetak pada botol minuman kekinian usahamu. Atur dengan baik dan menarik agar desain kemasan tidak terlalu berantakan. Misalnya adalah nama produk, rasa, bahan, atau mungkin slogan untuk usahamu. Kamu bisa menyediakan jasa konsultasi untuk pelangganmu agar bisa berdiskusi dengan lancar.

Baca Juga: Contoh Deskripsi Produk Makanan yang Menarik

5. Evaluasi Desain Kemasan

Langkah selanjutnya adalah dengan mengevaluasi desain kemasan botol minuman kekinian yang kamu buat. Caranya adalah dengan membuat sample cetak. Lalu perhatikan lagi, apakah botol minuman kekinian yang sudah dicetak sesuai dengan kebutuhan pelanggan? Pertimbangkan juga bagaimana kemasan tersebut akan terlihat saat dijejerkan dengan botol minuman kekinian lain di supermarket? Evaluasi ini akan membantumu melihat kekurangan dari botol minuman kekinian. Jadi kamu bisa memperbaiki kesalahan jika terjadi adanya kekurangan.

6. Dapatkan Timbal Balik dari Pelanggan

Setelah membuat desain dan mencetaknya, coba tanyakan kepada pelangganmu apakah kemasan botol minuman kekinian sudah cukup menarik, informatif, dan fungsional? Ini adalah salah satu cara sederhana untuk mendapatkan timbal balik dari pelanggan dan mendapatkan saran secara langsung.

Sediakan juga waktu untuk revisi. Jika terjadi kesalahan, maka kamu bisa memiliki waktu untuk memperbaiki kesalahan botol minuman kekinian yang dibuat. Tapi batasi juga berapa kali revisi yang kamu sediakan. Karena terlalu banyak revisi dan perubahan pada botol minuman kekinian akan merugikan usahamu.

7. Pilih Bahan yang Paling Cocok

Desain yang menarik perlu dilengkapi dengan bahan yang terbaik juga. Dengan bahan pilihan terbaik untuk botol minuman kekinian, kualitas produk akan terjaga dan tentunya tampilan produk bisa jauh lebih menarik dibanding yang lainnya.

 

Tujuh tips untuk membuat desain botol minuman kekinian di atas bisa menjadi pegangan agar kamu tidak melakukan kesalahan saat mencetak kemasan produk untuk usaha jualanmu. Jika kamu kesulitan untuk membuat desain dan merancang semua, kamu bisa mempercayakan jasa desain untuk membuat desain kemasan botol minuman kekinian yang menarik, sehingga kamu bisa fokus pada berjualan saja.

Menyewa jasa untuk desain botol minuman kekinian memang cukup mahal, tetapi paling tidak kamu bisa mendapatkan kualitas yang baik untuk desain produk tersebut. Pastikan agar kamu menggunakan jasa desain yang terpercaya dan memberikan pelayanan yang baik. Ini akan memudahkan proses kerja, sehingga kamu bisa fokus pada sisi bisnis seperti mengelola penjualan dan transaksi.

Untuk pengelolaan transaksi usahamu, kamu bisa menggunakan Koala App. Koala App adalah aplikasi untuk mengelola setiap transaksi yang terjadi pada usahamu, memeriksa berapa harga ongkir, dan mengelola kontak pelanggan tanpa harus berpindah pada aplikasi lain. Koala App akan sangat memudahkan bisnis minuman kekinian milikmu.