Rekomendasi Buku Tentang Bisnis untuk Para Calon Pengusaha 

27 Juni 2022

Sebelum membahas buku tentang bisnis, apakah kamu tahu bisnis apa yang kamu pilih? Eits, namun sebelum memilih suatu bisnis, kamu perlu memahami apa itu bisnis. Apalagi, di jaman yang serba digital ini nyatanya persaingan bisnis semakin ketat.

Ada banyak pesaing yang bisa menciptakan bisnis baru dan melahirkan ide out of the box. Oleh sebab itu, perlunya memperbanyak referensi dengan membaca buku tentang bisnis agar bisnis kamu siap maju dan berkembang pesat.

Berikut rekomendasi buku tentang bisnis yang dapat membantumu untuk terus optimis, berinovasi, dan jeli melihat peluang.

 

1. The Magic of Thinking Big - David J. Schwartz

Buku tentang bisnis yang pertama yaitu berjudul “The Magic of Thinking Big” ini ditulis oleh David J. Schwartz. Ia berprofesi sebagai motivator dan trainer dan juga seorang profesor di Georgia State University. Di dalam buku ini, kamu diajarkan untuk berani berpikir besar dan membuat ide-ide yang berbeda dari lainnya.

Buku tentang bisnis

Kamu akan mendapatkan banyak inspirasi yang bisa membuat gebrakan baru. Dengan itu, jika kamu orang yang mulai berani berpikir besar dan yakin dengan idemu, alhasil kamu akan bisa membuat inovasi yang unik dan berkualitas.

Namun, jika kamu orang yang takut dan kurang yakin untuk berpikir besar, cenderung akan kurang semangat menjalankan bisnisnya dan sulit mencapai tujuan atau target. Jadi, buku tentang bisnis ini sangat cocok untuk kamu yang pemula dalam menjalankan bisnis dan ingin membuat bisnismu berkembang menjadi lebih besar.

 

2. The 4-Hour Workweek - Timothy Ferris

Buku tentang bisnis selanjutnya adalah "The 4-Hour Workweek" yang dibuat oleh seorang penulis maupun pebisnis yaitu Timothy Ferris.

Dari bukunya ini, kamu dapat belajar dari awal pengalamannya saat berbisnis yang hanya mendapatkan penghasilan sebesar USD 40.000 dalam waktu 1 tahun, dan bekerja selama 80 jam setiap minggunya.

Namun, sampai akhirnya ia bisa memperoleh penghasilan dalam waktu 1 bulan saja dan hanya bekerja selama 4 jam. Nggak cuma itu, buku ini juga mempelajari bahwa jangan terlalu membuang waktu untuk bisnis saja, karena waktu jauh lebih berharga daripada uang. Istilahnya, kamu masih bisa berbisnis sekaligus juga bisa tetap bersantai atau menjalankan hobi kamu.

 

3. Think and Grow Rich - Napoleon Hill

Buku tentang bisnis dari Napoleon Hill yang berjudul "Think and Grow Rich" ini memberikan pemahaman bahwa dengan berpikir dan punya rasa yakin, ternyata bisa mencapai kesuksesan.

Buku ini lebih fokus dalam penetapan target dan keinginan yang kuat untuk mencapai tujuan. Dengan itu, bisa membantu kamu untuk menentukan tujuan secara spesifik dan mempelajari bagaimana cara menetapkan strategi yang matang yang juga diiringi oleh keinginan. 

 

4. Traction: Get A Grip On Your Business - Gino Wickman

Jika bisnismu ingin berkembang, kamu bisa mempelajarinya dengan membaca buku karya Gino Wickman berjudul "Traction: Get A Grip On Your Business".

Buku tentang bisnis

Dengan membaca buku tentang bisnis ini, kamu bisa mengetahui bagaimana cara untuk memasarkan bisnismu. Dengan itu, buku ini sangat cocok untuk kamu yang mencari cara efektif dalam menjalankan bisnis dengan sukses.

 

5. Zero to One - Peter Thiel

Salah satu buku tentang bisnis yang mendapatkan pujian dari Mark Zuckerberg ini adalah karya dari Peter Thiel bersama dengan Blake Masters berjudul "Zero to One". Peter Thiel sendiri merupakan seorang co-founder dari PayPal dan investor bagi beberapa perusahaan besar.

Atas kesuksesannya, ia membuat buku ini dengan membahas tentang filosofi bisnis, khususnya start-up. Dengan membaca buku ini, kamu bisa memahami bagaimana cara membangun start-up yang sukses.

Dalam berbisnis ternyata memiliki banyak tantangan, kemajuan, perubahan, hingga persaingan bisnis yang semakin ketat. Kamu juga diajarkan bagaimana menghasilkan ide-ide baru dan mengembangkan bisnis kamu.

 

6. Powershift: Transform Any Situation, Close Any Deal, and Achieve Any Outcome - Daymond John

Buku tentang bisnis yang ditulis oleh Daymond John ini membahas tentang bagaimana cara membangun jaringan atau networking yang menjadi unsur terpenting dalam berbisnis.

Mungkin, sebagian besar orang mudah dalam membangun jejaring, namun sangat sulit untuk mempertahankannya. Nah, buku ini wajib kamu baca yang bisa memecahkan masalah tersebut dan menawarkan solusinya.

Nggak cuma itu saja, buku ini juga mengajarkan kamu bagaimana melakukan negosiasi, agar menciptakan win-win solution. Menarik bukan?

Baca juga: 7 Cara Membuat Website Toko Online Gratis bagi Pemula 

 

7. The Magic of Thinking Big - David Schwartz

Buku tentang bisnis ini sangat bagus untuk dibaca untuk pemula yang ingin menjalankan bisnisnya atau yang sudah menjalankan bisnis dan ingin lebih sukses lagi.

Buku karya David Schwartz ini membahas tentang ilmu dasar dalam mencapai impian yang besar. Selain itu, ada berbagai hal yang dibahas dalam buku ini termasuk cara agar tetap kuat dalam menghadapi masalah dan tantangan dalam dunia bisnis. Bisnis memang nggak selamanya naik terus, terkadang bisnis juga ada menurunnya.

 

8. Purple Cow - Seth Godin

Buku“Purple Cow” dari Seth Godin yang kamu wajib baca supaya bisa mengetahui bagaimana caranya menghasilkan produk berkualitas dan memiliki nilai jual tinggi.

Buku tentang bisnis

Buku ini juga menjelaskan bahwa strategi marketing penting dalam berbisnis, serta penting untuk menjadikan produkmu diingat oleh konsumen. Contohnya, beberapa kompetitor yang menghasilkan suatu produk akan menjadi tempat tersendiri di hati konsumennya.

 

9. Focal Point - Brian Stacy

Dalam buku tentang bisnis "Focal Point" karangan Brian Stacy ini, focal point diartikan sebagai skill utama yang kamu punya. Kamu akan mengetahui focal point apa yang kamu miliki. Selain itu, kamu diajarkan untuk mencari cara supaya memaksimalkan focal point kamu yang bisa menghasilkan karya terbaik. 

Dalam berbisnis, tentu ingin masuk ke berbagai bidang sekaligus, tapi mendapatkan hasil yang biasa saja. Padahal, kamu harus fokus di satu bidang saja yang bisa mendapatkan hasil terbaik dan punya nilai yang tinggi.

 

10. Start with Why: How Great Leaders Inspire Everyone to Take Action - Simon Sinek

Banyak faktor yang bisa membuat bisnis kamu menjadi sangat sukses. Salah satunya yaitu adanya jiwa kepemimpinan. Apabila kamu punya karakter pimpinan yang positif, bisnis kamu akan maju dan berkembang.

Dengan membaca buku karya Simon Sinek ini, kamu diajak untuk memahami bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik. 


Nah, itulah beberapa rekomendasi buku tentang bisnis yang wajib kamu baca sebelum berkecimpung di dunia bisnis. Jadi, buku tentang bisnis mana yang paling cocok denganmu? Setelah mempelajarinya, ada baiknya untuk memikirkan juga bagaimana agar bisnis kamu bisa berjalan dengan aman dengan calon konsumen.

Agar memudahkan kamu untuk berinteraksi dengan konsumen, kamu bisa pakai fitur template chat. Perlu balas chat dengan cepat? Pakai template chat aja! Cara praktis buat balas chat konsumen cuma di Koala.