Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal dan Rekomendasinya

31 Mei 2022

Ada banyak cara bisnis online tanpa modal yang bisa memberikan keuntungan pada bisnismu, meskipun kamu seorang pemula. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin memulai bisnis, tidak ada kata terlambat.

Sebelum terjun ke dunia bisnis yang ingin ditekuni, ada baiknya memahami terlebih dahulu beberapa cara bisnis bagi pemula.  Salah satu cara yang saat ini sedang banyak digeluti oleh banyak orang adalah melalui internet.

Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal 

Untuk mengembangkan bisnis online, ada banyak strategi untuk kamu mencapai tujuan dan mendapatkan keuntungan yang diinginkan. 

Selain strategi, percaya diri dan pantang menyerah adalah kunci sukses kamu dalam bisnis online.

1. Gunakan Akun Marketplace

Setelah kamu membuat pengaturan tentang cara memulai bisnis online kamu sendiri tanpa modal, pikirkan tentang cara membuat akun marketplace. Akun marketplace bisa disiapkan data-data yang dibutuhkan. Reseller akan sangat diuntungkan jika bisa menjual lebih banyak produk dan menggunakan foto yang menarik.

2. Melihat Target Pasar

Mencoba untuk melihat target pemasaran akan memudahkan kamu untuk memulai bisnis online sendiri tanpa modal. Ini bisa berarti menemukan teknik baru untuk meningkatkan penjualan. Keuntungan lebih mudah didapat karena produk yang dibawa menetahui pasaran yang akan ditawarkan.

Cara memulai bisnis online sendiri tanpa modal bisa beriklan menggunakan Google Ads untuk membidik calon pelanggan melalui pencarian Google. Biasanya, pelanggan ini mencari produk melalui pencarian kata kunci. Gunakan iklan Instagram untuk menargetkan pemasaran yang tepat yang dapat mempromosikan toko online di pasar dan mereproduksi item terkait.

3. Menjadi Dropshipper

Cara bisnis online shop tanpa modal
Cara bisnis online shop tanpa modal. (shutterstock)

 

Untuk lebih meningkatkan keseruan calon pembeli, kamu bisa menggunakan beberapa strategi yang cukup menarik. Cara memulai bisnis online tanpa modal selanjutnya adalah menjadi dropshipper sehingga tanpa modal yang dikeluarkan

Jika kamu ingin menarik lebih banyak minat dari calon pelanggan, anda bisa menjadi dropshipper dengan barang yang diinginkan oleh pelanggan sehingga banyak pembeli.Tak heran cara ini banyak dilakukan oleh masyarakat.

4. Menggunakan Riset Kecil

Cara bisnis online shop  tanpa modal adalah dengan melakukan kajian kecil-kecilan terhadap berbagai peluang bisnis kamu. Langkah yang satu ini harus dilakukan untuk mengetahui kebutuhan pasar untuk tujuan pemasaran perusahaan kamu.

Caranya, kamu hanya perlu mengecek barang atau barang yang sedang dibutuhkan atau disukai pasar. Selain mengkaji kebutuhan pasar, jangan lupa untuk menentukan tujuan bisnis kamu, atau dalam bisnis sering disebut dengan segmentasi pasar. Cukup tetapkan tujuan kamu, misalnya dari indikator gender hingga usia prospek kamu.

Baca jugaCara Menentukan Nama Olshop yang Bagus dan Contohnya

Ide Bisnis Online Shop 

1. Menjual E-Book

Platform membaca digital mulai dari novel hingga cerita pendek mulai bermunculan belakangan ini. 

Kamu dapat mengubah ini menjadi peluang untuk berbisnis dengan menjual e-book kamu sendiri yang kamu tulis. 

Kamu dapat mengunggah karya kamu ke situs penjualan e-book. Biasanya, kamu mendapatkan sekitar 30% hingga 50% dari setiap e-book yang terjual.

2. Menjual Busana Muslim

Permintaan pasar akan busana muslim semakin meningkat, terutama menjelang hari raya umat Islam. 

Selain Indonesia yang merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, tidak heran jika penjualan pakaian muslim secara online baik pria maupun wanita merupakan bisnis online yang sangat menguntungkan.

Untuk mengetahui apakah suatu produk cocok untuk dijual secara online dan banyak diminati, kamu bisa menggunakan Google Trends untuk mengetahuinya. Caranya, akses Google Trends lalu masukkan nama produk sebagai kata kunci, pilih Indonesia dan sesuaikan jangka waktunya.

Salah satu kelebihan jual baju online adalah barangnya awet, sehingga aman dalam stok dan resiko kerusakan akibat pengiriman kecil. Alhasil, bisnis pakaian jadi bisa dijalankan dengan modal kecil.

Berbagai produk pakaian termasuk aksesoris yang diluncurkan adalah hijab, kaus oblong, celana pria, daster, pakaian dalam hingga gamis muslimah. Produk-produk tersebut merupakan item utama dalam penjualan online.

3. Menjual Makanan

Cara bisnis online shop tanpa modal
Cara bisnis online shop tanpa modal. (shutterstock)

 

Ada berbagai jenis makanan yang bisa dijual secara online, bisa dalam bentuk makanan instan atau pesan antar makanan. 

Target pasarnya juga sangat beragam. Mulai dari mie instan, seblak instan, kentang goreng hingga hidangan utama seperti di restoran.

Jika kamu tertarik untuk memulai berjualan sembako secara online, tentukan dulu jenis sembako yang ingin kamu jual. 

Ide jualan online dalam kategori makanan dan minuman memiliki ragam produk yang luas. Makanan instan dan tahan lama seperti snack adalah pilihan umum saat berjualan online. 

Sekarang mulailah mencari makanan yang memiliki umur simpan lebih cepat, seperti sayuran dan buah-buahan.

Tentunya beberapa sembako di pasar online yang selalu dibutuhkan merupakan bagian dari perlengkapan pokok. 

Minyak goreng juga merupakan produk yang populer selain mie instan, gula, tepung dan rempah-rempah. 

Baca jugaRagam Ide Jualan Online Shop Menjanjikan Tanpa Ribet

4. Menjual Produk Kecantikan

Menjual produk kecantikan secara online telah terbukti menjadi solusi yang sukses karena semakin banyak orang lebih memilih untuk membeli barang-barang seperti makeup dan perawatan kulit secara online daripada pergi ke toko.

Selain itu, produk kecantikan yang dijual secara online lebih beragam, mulai dari produk lokal hingga produk impor. 

Cari tahu tentang tren produk kecantikan terkini dengan menonton video review dari beauty influencer, lalu mulailah menjual produk kecantikan tersebut secara online.

Perawatan kulit adalah produk permintaan tinggi dan menjadi tren dalam daftar produk online. Selain menjamurnya produk perawatan kulit, pengaruh budaya seperti K-Pop juga telah mengubah selera, terutama di kalangan generasi muda.

Beberapa produk perawatan kulit yang populer, seperti toner, biasanya digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan menonjolkan garis-garis halus pada kulit.

Jenis perawatan kulit lainnya seperti masker tidur untuk menjaga kelembapan dan memperbaiki tekstur kulit selama proses regenerasi atau booster.

5. Menjual Smartphone

Tak perlu datang ke toko, kini gadget seperti smartphone dan laptop bisa dibeli secara online. Biasanya orang membeli gadget baru setiap 2 tahun sekali. 

Kemudian setiap tahun keluar gadget baru dengan spesifikasi dan fitur yang lebih canggih, menambah godaan untuk membelinya. 

Oleh karena itu, ide penjualan online ini bisa menjadi solusi yang layak dan berjangka panjang, karena tahu akan terus laris.

Berikut tadi adalah beberapa ide menguntungkan untuk cara bisnis online pemula. Selain e-commerce, penjualan online juga bisa dilakukan di beberapa social media dan marketplace. Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Koala untuk mengelola bisnis online kamu agar laris manis.