Ragam Ide Jualan Online Shop Menjanjikan Tanpa Ribet

29 Maret 2022

Salah satu cara jitu mendapatkan keuntungan dari berjualan adalah dengan membuka online shop. Cukup menggunakan ponsel dan jaringan internet, kamu sudah bisa memanfaatkannya sebagai ladang penghasilan. Ide jualan online shop masih menjadi peluang usaha yang diminati di zaman modern ini. Mengingat orang-orang saat ini serba terhubung dengan media online.

Pada saat masyarakat terdampak krisis ekonomi seperti sekarang ini, tidak jarang orang mulai beralih ke alternatif usaha dengan berbisnis online. Tujuannya ya, apalagi kalau bukan untuk mencari pundi-pundi rupiah. Lantas, peluang usaha apa saja yang layak dicoba? Simak terus artikel berikut ini, ya! 

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis online shop

Sebagai orang yang baru pertama kali menjalankan bisnis, modal dan tempat usaha sering kali menjadi faktor penghambat. Namun, jika kamu jeli, sebenarnya ada banyak peluang untuk membuka usaha meski dengan modal terbatas. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat akan mencari ide jualan online shop.

1. Keahlian

Penting bagimu untuk menguasai keahlian tertentu jika ingin membuka usaha sendiri. Semua tidak ada yang instan, bukan? Supaya bisa menjadi ahli dalam suatu bidang, kamu perlu mempelajari suatu keahlian tertentu dengan tekun. Kamu bisa tentukan target dari sekarang, berapa lama proses yang dibutuhkan hingga benar-benar memahaminya.

2. Hobi dan minat

Untuk memulai jualan di online shop, kamu bisa menjalankan peluang bisnis ini dari rumah. Pilih usaha yang ingin kamu ambil untuk beberapa tahun ke depan. Buatlah konsep secara jelas dan matang dengan ide yang sesuai pada hobi dan minatmu. Jadi, kamu tidak akan bosan melakukannya.

3. Perhitungan investasi dan untung

Butuh waktu dan usaha konsisten agar usahamu berjalan maksimal sehingga bisnismu bisa berkembang sukses. Tentukan perhitungan modal awal yang diperlukan. Lalu, buatlah prediksi seberapa lamanya waktu berbisnis tersebut sampai kamu benar-benar berhasil mendapat keuntungan.

4. Buat rencana jangka panjang

Ketahui cara mengelola usaha dengan baik. Setiap peluang usaha pasti ada risiko untung dan ruginya. Jadi, buatlah konsep dengan rencana jangka panjang, paling tidak bisa bertahan di tengah masalah, seperti pandemi saat ini.

 

Ide jualan online shop yang layak dicoba

Konsep menambah penghasilan dengan bisnis online shop nggak selalu perlu modal yang besar, lho. Kalau kamu punya keahlian tertentu, peluang menambah penghasilan semakin terbuka lebar. Di sini, kami telah merangkum 7 ide jualan online shop yang bisa kamu lakukan tanpa ribet.

1. Jasa desain grafis

Bermodalkan keahlian desain, kamu yang punya bakat seni jangan ragu untuk menawarkan jasa ini ke teman-teman sekitar. Biasanya desain yang paling banyak dicari adalah poster untuk kado ulang tahun, foto diri dengan desain karikatur, logo, layout magazine, brosur, atau bisa juga kartu undangan digital. 

2. Jasa foto dan videografi

Keahlian seni melukis dengan cahaya ini nyatanya banyak dibutuhkan saat acara pernikahan, dokumenter acara seminar atau workshop, hingga kegiatan yang bersifat hiburan. Kamu bisa menawarkan jasa foto ataupun videografi ini ke teman, kerabat, bahkan kolega. 

Supaya usahamu terkesan profesional dan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan, kamu juga bisa membuat akun bisnis sebagai halaman promosi di akun Instagram, Twitter, atau Facebook.

Selain itu, hasil foto-foto tersebut juga bisa dijual melalui shutterstock, yaitu sebuah bisnis online untuk dapat pemasukan ekstra dari agensi microstock. Di shutterstock ini, kamu bisa terhubung dengan para profesional lain dalam bidang kreatif, seperti foto dan video kepada ribuan kontributor di seluruh dunia.

3. Jual konten

Dunia digital kini mulai dipenuhi dengan kata “konten”. Suatu informasi yang perlu dikomunikasikan dengan baik agar menarik perhatian segmen yang ingin dituju. Bagi kamu yang memiliki keahlian content writing atau copywriting, ide jual konten atau tulisan bisa jadi pilihan yang tepat.

Cobalah untuk membuat karya tulis, baik berupa fiksi atau nonfiksi. Lalu, kamu bisa mengirimkan hasil karyamu ke platform digital atau media online yang menerima submisi online secara terbuka.

4. Produk makanan rumahan

Usaha makanan rumahan sangat menarik untuk dicoba karena sudah banyak pelaku usaha menengah kecil yang melakukannya. Salah satu contoh jenis usaha ini adalah produk makanan beku (frozen food). Kenapa harus frozen food? Selain karena harganya terjangkau, target pasar bisnis ini juga lumayan luas, produknya termasuk kebutuhan primer, dan ketahanan produknya juga lebih tahan lama. Namun, jangan lupa untuk menyimpannya di freezer, ya.

Kalau kamu punya bakat dalam bidang kuliner, kamu bisa mulai mengasahnya dengan banyak menyimak video tutorial atau konten sejenisnya, lalu mempraktikkannya. Saat ini, sudah banyak resep viral yang bisa dijadikan ide jualan online shop di bidang kuliner, lho.

5. Reseller makanan ringan

Usaha yang satu ini bisa kamu lakukan secara fleksibel dan dengan modal yang minim. Sebagai reseller, kamu tidak perlu ribet membuat produk sendiri. Kamu bisa sediakan stok barang, dengan tentukan terlebih dulu agen pemasok produk utama yang akan dijual. 

Dengan menjadi reseller makanan ringan, kamu bisa membeli produk dalam jumlah besar untuk selanjutnya ditawarkan kepada calon pelanggan secara eceran. Sebelum memulai usaha ini, jangan lupa hitung modal yang harus dikeluarkan. Carilah agen yang menjual produk dengan harga paling murah dengan lokasi yang dekat dari rumahmu. Hal tersebut perlu dilakukan agar margin untung lebih besar. 

Cara memasarkannya bisa melalui media promosi WhatsApp, video TikTok, atau dengan konten menarik lainnya yang bisa kamu munculkan di akun personal. Setelah orang mengenal produknya, mulailah mengembangkan toko online sendiri.

6. Produk kerajinan tangan

Mendengar namanya, usaha ini identik dengan orang-orang tekun dan kreatif, ya. Tapi, kamu bisa mempelajarinya dengan melihat beragam video tutorial kerajinan tangan.

Beberapa ide jualan online kerajinan tangan yang bisa kamu lakukan antara lain adalah hiasan dinding makrame, lukisan, tas  lukis, atau hampers. Semua produk seni atau kerajinan tangan memang terbilang punya target pasar terbatas. Namun, kamu bisa memberikan nilai yang eksklusif karena masih jarang orang yang bisa membuat sendiri. Hasil produk kerajinan tangan ini juga bisa kamu jual sebagai kado spesial di hari ulang tahun maupun pada perayaan nasional tertentu.

 

Tips jualan online supaya makin laris

1.  Berjualan lewat media sosial 

Para pelaku bisnis bisa memulai ide jualan online shop dengan membuka toko online di akun TikTok, WhatsApp, dan Facebook. Ada pun media sosial lainnya seperti YouTube atau Instagram, cenderung menampilkan ulasan produk secara audiovisual sehingga mudah menarik perhatian pelanggan.

Jika kamu belum siap membuat akun khusus, promosikan jualanmu melalui media sosial pribadi. Produk yang dipasarkan saat berjualan online tidak harus produksi sendiri. Contohnya, kamu bisa menjadi reseller produk yang sudah siap jual, seperti camilan ringan, produk makanan beku, pakaian, alat kosmetik, atau kebutuhan rumah tangga. 

Sebelum menjadi reseller atau dropshipper, tanyakan terlebih dulu bagaimana sistem kerja sama serta keuntungannya. Hal ini perlu kamu lakukan agar kedua belah pihak sama-sama merasa nyaman dan terhindar dari selisih paham jika usaha sudah berjalan.

2. Berjualan di marketplace

Selain berjualan di media sosial, kamu juga bisa mulai mengembangkan usaha dengan buka toko online di marketplace. Sebisa mungkin barang yang dijual adalah hasil produksi sendiri, ya, supaya keuntungannya lebih besar dari sekadar jadi reseller

Dengan berjualan di marketplace, kamu juga berpeluang untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Jangan lupa, optimalkan platform jualan online ini dengan rajin mempromosikan laman jualanmu, serta membangun interaksi dengan calon pelanggan. Misalnya, kamu bisa menjual produk hiasan dinding, kustom kaos sablon, totebag, atau barang-barang lucu dan unik.

3. Konsisten kelola website toko online

Selain mempromosikan lewat media sosial dan marketplace, kamu juga bisa memperluas jangkauan bisnis dengan konsisten menulis tentang produk yang kamu jual di website toko online-mu. 

Dengan konsisten memposting konten, maka kontenmu akan semakin mudah ditemukan oleh para pembaca yang sedang berselancar di internet. Hal ini memungkinkan para pembaca untuk menemukan kontenmu dan melihat produk yang kamu jual di dalamnya.

Setelah menyimak artikel di atas, sudah kebayang kan ide jualan online shop apa yang akan kamu coba? Gunakan aplikasi Koala untuk membantu kamu kelola transaksi, cek ongkos kirim, atur kontak pelanggan tanpa berpindah-pindah aplikasi atau browser sehingga jualan online jadi lebih mudah.