9 Kata-Kata Menarik untuk Promosi di Media Sosial!

11 November 2022

Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk dapat mendongkrak penjualanmu via media sosial adalah dengan menggunakan kata-kata menarik untuk promosi dalam segala wording yang kamu gunakan.

Kata-kata menarik untuk promosi dapat dibilang ada banyak dan dapat digunakan dalam berbagai cara. Namun pada kenyataannya, tidak sedikit ditemukan penggunaan kata-kata menarik untuk promosi ini yang tidak tepat dan berujung ketidak efektifannya dalam menarik minat pembaca agar melakukan pembelian.

Nah, apakah kamu ingin tahu seperti apa saja contoh kata-kata menarik untuk promosi yang dapat menyulap hati pembaca? Yuk, simak aja informasi lengkapnya mengenai kata-kata menarik untuk promosi dan cara jitu memakainya dalam media sosial untuk dapat meningkatkan angka penjualan bisnismu!

Beberapa Contoh Kata-Kata Menarik untuk Promosi yang Bisa Kamu Pakai

Jangan khawatir kalau kamu bingung dan tidak tahu cara memakai kata-kata menarik untuk promosi. Berikut adalah beberapa contoh kata-kata menarik untuk promosi yang bisa kamu coba dalam media sosial jualanmu!

1. Kata Ganti Kedua, seperti “Kamu” atau “Anda”

Ketika kamu memutuskan untuk menjadikan media sosial sebagai channel penjualanmu, kamu perlu memposisikan diri sebagai pembaca. Pasalnya, media promosi seperti media sosial adalah media yang dapat digunakan untuk “berkenalan” dengan pembaca yang mengunjungi akunmu. Di saat kamu berkenalan dengan orang baru, pasti ingin meninggalkan impresi yang baik ‘kan?

Salah satu cara untuk meninggalkan impresi yang baik kepada pembaca adalah merujuk pembaca dengan menggunakan kata ganti orang kedua. Contohnya, seperti “kamu”, “kalian”, “ Anda”, atau kata ganti yang lebih santai, seperti “lo”.

Penggunaan kata ganti orang kedua ini termasuk dalam kata-kata menarik untuk promosi lho, karena dapat memberikan kesan yang dekat dan personal dengan pembaca. Jadi, seolah-olah kamu mengenal pembaca dan memprioritaskan mereka. 

Namun, ketika kamu menggunakannya sebagai kata-kata menarik untuk promosi, kamu perlu menyesuaikannya dengan buyer persona atau target pasarmu.

2. Kata-kata yang Menimbulkan Sense of Urgency

Sense of urgency adalah perasaan yang mendesak dan dalam konteksnya di pemasaran hal ini digunakan untuk “mendesak” pembaca untuk melakukan aktivitas yang kita inginkan, seperti pembelian barang, klik link, atau yang lainnya. Membangun rasa keterdesakan ini dapat kamu aplikasikan sebagai kata-kata menarik untuk promosi lho.

Untuk menggunakannya sebagai kata-kata menarik untuk promosi, terdapat dua cara umum yang sering dipakai dalam kegiatan promo. Pertama, kamu bisa memakai kata-kata yang menyebutkan jumlah atau angka tertentu. Misalnya, “Kuota terbatas hanya untuk 50 orang tercepat yang membaca iklan ini!”

Kedua, memakai kata-kata yang merujuk periode yang spesifik. Contohnya seperti, “Buruan, cuma sampai tanggal XX aja!” atau “Jangan sampai terlewat!”. 

Akan tetapi, kamu juga harus memahami hukum yang mengatur penggunaan kata-kata ini ya. Hal ini karena ada aturan yang kamu patuhi, seperti tidak mengelabui pembaca.

3. Kata-kata Call-to-Action (CTA)

Kata kata menarik untuk promosi selanjutnya adalah kata-kata call-to-action atau kata-kata yang dapat memberikan arah kepada pelanggan untuk melakukan aktivitas yang kita inginkan. Setelah kamu memberikan sense of urgency, kata-kata CTA dapat memperjelas seperti apa hal-hal yang selanjutnya kita ingin pembaca lakukan.

Agar lebih jelas, mari kita simak dalam contohnya. Katakanlah kamu ingin agar pembaca postingan yang diunggah untuk membuka situs web jualanmu yang terdapat promo didalamnya. Dalam postingan tersebut, kamu bisa menuliskan kata-kata CTA seperti, “Cek promo di sini”, “Lihat promo”, atau “Baca di sini”. Dengan begitu, harapannya pembaca dapat mengklik link yang kamu pasang.

Baca Juga: Cara Membuat Iklan di Instagram dan Tips Terbaiknya

4. Kata-lata yang Mengandung Diskon

Coba bayangkan dirimu di posisi sebagai konsumen, pasti kamu akan lebih tertarik untuk membeli barang yang berdiskon, ‘bukan? Kamu akan merasa lebih untuk jika membeli barang yang tadinya tidak terjangkau menjadi terjangkau. Akan lebih hemat, kalau kamu mendapatkan harga diskon.

Tak ayal, diskon atau potong adalah kata-kata menarik untuk promosi yang ampuh menyihir minat setiap yang membacanya. Sudah banyak pemilik usaha yang menggunakan kata-kata ini dalam upaya promosi mereka untuk mendongkrak penjualannya. Nah, kamu pun bisa menggunakannya sebagai kata-kata menarik untuk promosi jualanmu juga!

5. Kata-kata yang Memberikan Benefit 

Kamu juga bisa menggunakan kata-kata yang memberikan benefit, seperti “Bonus”, “Gratis ”, atau “Buy 1 Get 1” sebagai kata kata menarik untuk promosi. 

Serupa dengan poin nomor empat, melalui pemakaian kata-kata tersebut kamu ingin menarik minat pelanggan dengan memberikan reward dengan cuma-cuma atas pembelian yang merka lakukan.

6. Kata-kata yang Menunjukkan Produk Baru

Terdapat cara lain untuk menarik minat pembaca lho, yaitu ketika terdapat produk baru. Nah, kamu bisa mengemas hal ini dengan menggunakan kata kata menarik untuk promosi juga, seperti “baru”, “kekinian”, “ter-update”, dan lainnya.

Namun, kamu juga harus memastikan bahwa produk tersebut memang produk baru dan bukan hanya merupakan trik promosi saja ya!

7. Kata-kata yang Menunjukkan Nilai Eksklusif

Menarik minat pembaca juga dapat dilakukan dengan memberikan kesan eksklusivitas yang dikemas ke dalam kata kata menarik untuk promosi, seperti “Khusus buat kamu yang membaca post ini!” atau “Promo Eksklusif buat pengguna baru!”.

Dengan menggunakan kata yang mengandung kesan eksklusif tersebut, kamu bisa menumbuhkan rasa bahwa promo itu seakan-akan khusus untuk mereka dan hanya mereka yang dapat menggunakan promo tersebut. Hal ini juga dapat meningkatkan konsiderasi pembaca untuk melakukan pembelian lho!

8. Kata-kata yang Menunjukkan Benefit Produkmu

Ketika kamu berdiri di sudut pandang sebagai konsumen yang ingin mencari barang, kamu pasti lebih akan merasa tertarik untuk membeli barang yang memberikan benefit dan bisa menjadi solusi untukmu, ‘kan? 

Nah, sebagai pemilik usaha, kamu bisa memasukkan kata-kata menarik untuk promosi yang menonjolkan keunggulan dan manfaat yang bisa didapat oleh konsumen ketika mereka menggunakan produkmu.

Contohnya seperti “Jalan ke mana saja bareng orang yang disayang makin nyaman pakai Sandal Nyaman dari GeTe Sandals!”

Baca Juga: Contoh Kata-Kata Promosi Jualan Baju untuk Online Shop Kamu

9. Kata-kata Apresiasi 

Terlepas dari delapan contoh di atas, kamu juga bisa menarik minat pembaca dengan berterima kasih kepada mereka lho. Bagaimana bisa?

Memang untuk menyusunnya ini butuh trik khusus. Salah satunya dengan menggabungkannya dengan hal-hal yang terjadi di sekitar target pasarmu. Misalnya, kamu berjualan produk snack yang menarget anak-anak sekolah. Kamu bisa menarik hati mereka seperti, “Terima kasih karena sudah berjuang meraih mimpimu sampai saat ini. Oleh karena itu, khusus buat para pelajar Indonesia, kamu mendapatkan promo ini!”

Dengan menyentuh sisi emosional ini, kamu dapat menarik minat calon konsumen agar membeli produkmu.

Itulah sembilan kata-kata menarik untuk promosi yang bisa dapat kamu coba. Semoga dapat membantumu dalam upaya promosi di media sosial dan meningkatkan penjualan ya!


Nah, kalau kamu sudah memiliki banyak pelanggan tapi bingung untuk melakukan layanan seperti menjawab pertanyaan yang membludak, manfaatkan aja aplikasi Template Chat dari KOALA! Fitur ini dapat memungkinkan kamu membalas chat pelanggan dengan cepat lho! Yuk, cobain pakai KOALA!