Tips Membuat Kata-Kata yang Cocok untuk Jualan di WA

11 Oktober 2022

Bagi kamu yang berencana jualan di WhatsApp, pasti kamu juga mencari kata-kata yang cocok untuk jualan di WA. karena penting menggunakan kata-kata yang cocok untuk jualan di WA agar dapat menarik pelanggan dan bukan hanya menerima chat saja. Tapi sebenarnya kenapa banyak orang yang berjualan di WA?

Beberapa tahun belakangan, bisnis online semakin digandrungi masyarakat. Hal tersebut tak lepas dari kemajuan teknologi yang membuat semakin banyak orang ingin berjualan online. Smartphone semakin mudah didapat, teknologi dompet digital juga ramai digunakan dan macam-macam lainnya. 

Belum lagi keadaan pandemi yang menerpa dunia 3 tahun belakangan. Hal tersebut sangat berpengaruh. Mobilitas dalam dan luar negeri jadi terbatas karena penyebaran virus yang sangat mudah. Lalu hal tersebut juga berimbas pada banyaknya pemutusan hubungan kerja maupun pemotongan gaji. Banyak orang yang memilih untuk berjualan, terutama secara online.

Teknologi membantu berjualan lebih mudah. Seperti yang terjadi di toko fisik. Banyak aplikasi yang bisa membantu para pelaku usaha lebih mudah. Operasional toko menjadi lebih praktis seperti aplikasi kasir atau manajemen. Apalagi sekarang banyak yang melakukan pemesanan melalui ojek online.

Baca Juga: Begini Caranya Membuat Link Whatsapp di Instagram!

Berjualan Online

Begitu juga dengan berjualan online. Saat ini jauh lebih mudah untuk melakukan bisnis dengan kemajuan teknologi dan digital. Kamu tidak perlu mengeluarkan modal besar karena kamu bisa memulai dengan berjualan di media sosial maupun e-commerce yang tidak perlu mengeluarkan biaya.

Namun tidak berarti kamu bisa sembarangan. Proses-proses yang dilakukan juga tetap sama. Kamu harus memikirkan konsep berjualan kamu lalu apa yang kamu ingin jual. Belum lagi kamu juga harus memikirkan target pasar yang kamu akan tuju nantinya. Proses tersebut tidak lantas menjadi mudah karena kemajuan teknologi. 

Kegiatan-kegiatan seperti pemasaran atau promosi juga mesti kamu lakukan. Apalagi dengan adanya media sosial dan kemajuan digital, jangkauan promosi kamu semakin luas. Pada jualan online, kamu hanya perlu memegang smartphone atau tablet untuk mendapatkan pesanan kemudian memproses dan mengirimkannya.

Sekarang, orang lazim menggunakan WhatsApp sebagai kontak mereka. Aplikasi pesan instan yang satu ini merupakan salah satu aplikasi yang besar di dunia. Di Indonesia, 83 persen dari pengguna internet adalah para pengguna WhatsApp. Jadi bisa dibilang bahwa sebagian besar penduduk Indonesia yang mempunyai smartphone mempunyai Whatsapp yang terinstal. 

Interface WhatsApp yang sederhana dan aplikasinya yang ringan membuatnya menjadi favorit masyarakat Indonesia. Apalagi smartphone dengan spek rendah juga bisa memakainya tanpa masalah berarti. Pengguna juga bisa menggunakannya di tablet maupun laptop. Hal itulah mengapa banyak juga penjual yang menggunakan WhatsApp sebagai salah satu aplikasi untuk menerima chat maupun pesanan dari pelanggan.

Apalagi WhatsApp mempunyai fitur bernama WhatsApp for business. Pada fitur tersebut, banyak yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku usaha, mulai dari fitur pesan otomatis, penyediaan katalog hingga verifikasi profil. Hal tersebut membuat banyak juga bisnis yang menggunakan WhatsApp for business.

Baca Juga: Contoh Kata-kata Promosi Lewat WhatsApp yang Bikin Laris

Kata-Kata yang Cocok untuk Jualan di WA

Karena itu penting bagi suatu pelaku usaha, untuk menggunakan kata-kata yang cocok untuk jualan di WA. Karena pada aplikasi pesan instan, tentu kata-kata yang paling penting. Ketika mereka mengunjungi profil kamu untuk chat, penting agar mereka dapat langsung tertarik dan melakukan pemesanan. Berikut tips bagi para pelaku usaha untuk menemukan kata-kata yang cocok untuk jualan di WA:

Jelaskan Produk yang Kamu Jual

Penting bagi sebuah pelaku usaha untuk memperkenalkan produk yang mereka jual. Apalagi jika mereka merupakan sebuah usaha baru. Para pembeli harus tahu apa yang kamu jual sehingga mereka bisa mengerti dan tertarik dengan produk yang coba kamu jual. Kata-katanya juga sebaiknya padat dan jelas sehingga mudah ditangkap oleh calon pembeli.

Kata-kata seperti “ Kalau kamu ingin kue-kue artsy, kamu nggak salah pilih tempat” atau “Di sini tempat hoodie dengan berbagai ukuran”. Dengan begitu, para calon pembeli juga tahu mereka tidak salah tempat. Penjelasan produk penting kamu tekankan sebagai kata-kata yang cocok untuk jualan di WA.

Keunggulan dari Produk yang Kamu Jual

Produk yang dijual biasanya mempunya USP atau unique selling point dari masing-masing produk. Hal tersebut diperlukan agar membedakan kamu dengan produk kompetitor lainnya. Dengan begitu, calon pelanggan bisa mempunyai alasan kenapa harus membeli produk yang kamu jual dibandingkan produk kompetitor.

Untuk keunggulan produk, kata-kata yang cocok untuk jualan di WA bisa berupa “Produk tidak menggunakan bahan-bahan hewani sehingga cocok untuk kamu yang mempunyai preferensi makanan vegan”. Kata-kata tersebut akan membuat calon pelanggan merasa cocok untuk membeli produk yang kamu jual.

Berikan Promo

Salah satu kata-kata yang cocok untuk jualan di WA adalah dengan memberi promosi. Tidak harus dalam waktu yang lama, namun sesekali kamu perlu melakukan hal tersebut untuk menarik pelanggan. Apalagi jika usaha yang kamu dirikan tergolong baru, paling tidak kamu harus menarik calon-calon pelanggan potensial agar mereka ingin membeli atau menggunakan produk kamu.

Promo seperti “Pada bulan Desember ini ada promo beli 5 gratis 2” atau “Potongan 15 persen setiap pembelian di atas 100 ribu”. Hal-hal seperti itu akan membuat pelanggan tertarik apalagi jika kamu mengirim pesan broadcast kepada para pelanggan. Tentu karena waktu yang terbatas mereka ingin membeli produk yang kamu jual dan tidak mau kehabisan waktu ataupun ketinggalan promo.

Berikan Nuansa Urgensi

Saat mencari kata-kata yang cocok untuk jualan di WA, kamu juga bisa memberi bumbu-bumbu agar memberikan kesan urgensi ketika berjualan. Karena dengan begitu, mereka hanya mempunyai waktu sedikit untuk kemudian berpikir dan membeli produk yang kamu tawarkan. Apalagi jika periode promo dan stok terbatas, hal tersebut akan membuat mereka merasa harus buru-buru membeli

Pada hal ini, kata-kata yang cocok untuk jualan di WA adalah “Jangan ketinggalan, jaket parka cuma terbatas jumlahnya!” atau “Promonya cuma hanya di bulan Mei, jangan sampai kelewatan guys!”. Kata-kata tersebut bisa kamu gunakan karena adanya informasi tentang periode atau jumlah yang terbatas.

Demikian penjelasan singkat mengenai jualan online serta kata-kata yang cocok untuk jualan di WA. Saat melakukan promosi, penting untuk memikirkan kata-kata tersebut. Tidak hanya untuk di WA, namun juga deskripsi produk di e-commerce, maupun caption di media sosial. Karena selain gambar yang menarik, kata-kata unik juga bisa membuat calon pelanggan terketuk untuk membeli produk.

Kamu juga bisa pakai Koala untuk membantumu jualan online. Karena ada macam-macam fitur yang bisa kamu gunakan. Di antaranya ada template chat sama website jualan yang bisa bantu kamu. Ada juga Koala + yang terintegrasi dengan Facebook for Business dan Whatsapp Business API. Yuk, langsung pakai Koala!