Contoh Kata-kata Promosi Lewat WhatsApp yang Bikin Laris

4 Agustus 2022

Contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp adalah salah satu strategi marketing yang tepat ketika melakukan promosi melalui WhatsApp. Hal ini agar membuat konsumen tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Walaupun Whatsapp bukan termasuk marketplace, tapi WhatsApp memang sudah menjadi salah satu platform pilihan banyak orang. Soalnya, WhatsApp dapat dikatakan cukup menjanjikan untuk jualan online dan melakukan promosi.

Terlebih, terdapat WhatsApp Business yang memang diluncurkan khusus berjualan. WhatsApp Business memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan, di antaranya fitur chatting, mengirim foto, video, file, broadcast pesan, hingga ada fitur katalog produk.

Selain itu, WhatsApp juga ada foto profil yang dapat mempermudahkan konsumen untuk mengetahui produk apa yang dijual. Dikarenakan adanya dukungan dari fitur-fitur tersebut, makanya tidak heran kalau banyak yang beralih menggunakan WhatsApp sebagai tempat untuk berjualan.

Tidak hanya memanfaatkan fitur-fitur tersebut saja, tapi melakukan promosi juga harus diikuti dengan pemilihan kata yang tepat. Ada banyak contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp yang bisa menaikkan omset penjualan ataupun ketertarikan konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Hal ini disebabkan pemilihan kata-kata promosi termasuk salah satu strategi marketing untuk pengaruh psikologi konsumen. 

Untuk itu, penting banget untuk mengetahui contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp yang tepat agar dapat menarik perhatian konsumen. Nah, buat kamu yang bingung kayak gimana caranya untuk menyusun kata-kata promosi yang tepat, kali ini saya akan kasi tahu contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp yang bisa kamu ikuti.

 

Tips Menawarkan Produk Lewat WhatsApp

1. Menggunakan Foto Profil Produk Jualan

Usahakan untuk menggunakan foto produk jualan sebagai foto profil WhatsApp. Soalnya, foto profil WhatsApp digunakan sebagai identitas toko dan untuk memberikan first impression kepada konsumen.

2. Membuat Katalog Produk

Salah satu kelebihan dari menggunakan WhatsApp bisnis, yaitu adanya fitur katalog produk di profil toko. Fitur katalog produk ini dapat menampilkan sampai 500 item produk. Jadi, konsumen bisa melihat semua katalog produk kamu dengan sangat mudah.

Baca juga: Tips-tips Desain Katalog Produk untuk Bisnis Milik Kamu

3. Menggunakan Fitur Grup WhatsApp

Kamu bisa memanfaatkan fitur grup WhatsApp untuk menarik perhatian konsumen. Biasanya, apabila produk yang kamu tawarkan berkesan kepada konsumen, jadinya secara tidak langsung akan ada marketing dari mulut ke mulut. Konsumen kamu akan mengajak teman lainnya untuk membeli jualan kamu.

4. Memanfaatkan Fitur Broadcast WhatsApp

Selain ada fitur katalog produk, WhatsApp juga menyediakan fitur broadcast yang dapat memudahkan kamu untuk share penawaran produk dengan mudah dan cepat. Kamu bisa menggunakan contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp pada saat share penawaran dengan fitur broadcast.

5. Menggunakan Contoh Kata-kata Promosi Lewat WhatsApp yang Mudah Dipahami

Salah satu hal yang paling penting untuk memikat hati konsumen ketika melakukan promosi di WhatsApp adalah menggunakan contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp yang mudah dipahami. Soalnya, konsumen akan lebih paham tentang produk apa yang kamu tawarkan. Kata-kata yang mudah dipahami akan disukai oleh konsumen dan lebih mudah membuat konsumen tertarik. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp agar dapat membuat konsumen penasaran.

Kriteria Contoh Kata-kata Promosi Lewat WhatsApp

Sebelum menggunakan contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp, ada beberapa kriteria contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp yang harus diperhatikan agar dapat menarik konsumen untuk membeli produk, yaitu sebagai berikut.

  1. Memastikan produk yang dijual adalah produk asli.
  2. Mencantumkan nama atau brand produk ke dalam contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp.
  3. Mencantumkan harga produk.
  4. Mencantumkan manfaat produk.
  5. Membuat jaminan produk.

Baca juga: Begini Cara Jualan Online Laris di WhatsApp!
 

Contoh Kata-kata Promosi Lewat WhatsApp

1. Mengenalkan Produk yang Dijual

Ketika ingin melakukan promosi, hal pertama yang harus dicantumkan adalah mengenalkan produk yang dijual. Hal ini agar konsumen tahu produk apa yang sedang ditawarkan. Contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp untuk mengenalkan produk yang dijual, yaitu:

“Ada kabar gembira untuk kita semua! Telah hadir kopi terenak yang bikin mata melek terus.”

“Lagi cari HP second dengan harga murah meriah? Cuma ada di sini!”

“Akhirnya yang ditunggu-tunggu hadir juga! Skincare yang bisa bikin wajah glowing kayak artis Korea.”

2. Menawarkan Keuntungan

Siapa yang tidak suka dengan promo? Setiap orang pastinya suka diberikan promo atau bonus pembelian. Nah, cara ini bisa dijadikan sebagai salah satu contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp untuk menarik perhatian konsumen. Contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp dalam menawarkan keuntungan, yaitu:

“Beli 1 dapat 2 produk untuk pembelian pertama.”

“Gratis ongkir up to 20K dengan pembelian minimal 100K.”

“Dapatkan hadiah gratis setiap pembelian minimal 250K.”

3. Memberikan Keunggulan dari Toko Kamu

Persaingan yang sangat ketat menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk menarik konsumen. Untuk itu, kamu perlu meyakinkan konsumen untuk membeli produk di toko kamu dengan cara memastikan produk yang kamu tawarkan memiliki keunggulan yang lebih. Selain itu, pastikan juga bahwa kamu akan memuaskan konsumen dari segi layanan. Contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp dalam memberikan keunggulan toko, yaitu sebagai berikut.

“Semua yang kamu cari ada di sini!”

“Gratis ongkir ke seluruh Indonesia.”

“Paling lengkap dan paling murah.”

4. Memberikan Rasa Jaminan dan berkualitas

Salah satu cara untuk mendorong konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan adalah dengan memberikan rasa jaminan dan berkualitas ketika membeli produk di toko kamu. Beberapa contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp untuk memberikan rasa jaminan dan berkualitas, yaitu sebagai berikut.

“Lagi cari koper dengan kualitas yang terbaik? Di sini tempatnya!”

“Dijamin kualitas terbaik.”

“Proses transaksi mudah, cepat, dan aman.”

5. Mengandung Kalimat Ajakan

Selain memberikan detail produk dan menawarkan keuntungan, contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp yang tidak kalah penting, yaitu mengandung kalimat ajakan atau Call to Action. Call to Action (CTA) berguna untuk mendorong orang untuk membeli produk yag ditawarkan. Di bawah ini beberapa contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp yang mengandung kalimat ajakan.

“Yuk, cus beli sekarang sebelum kehabisan!”

“Langsung saja klik link di bio untuk pesan sekarang.”

“Tunggu apa lagi? Buruan pesan untuk lengkapi koleksi kamu.”

Baca juga: Cara Promosi yang Menarik Saat Berbisnis Online Shop

 

Setelah mengetahui contoh kata-kata promosi lewat WhatsApp, selanjutnya kamu bisa menggunakan aplikasi Koala untuk mempermudah jualan di WhatsApp. Di aplikasi Koala ada fitur keyboard jualan yang bisa mengelola transaksi, katalog barang, mengecek ongkos kirim, dan menggunakan template chat dengan mudah dan cepat. Jadi, mulai sekarang kamu tidak perlu ribet untuk mengirim pesan secara manual satu per satu lagi!