Cara promosi yang menarik merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam mengembangkan bisnis online. Oleh karena itu, kamu harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana cara promosi yang menarik.
Agar konsumen semakin tertarik dengan online shop kamu, pastinya sangat senang kalau bisa mengadakan promo secara rutin. Yup! promo bisa jadi patokan untuk konsumen bisa mengenal sekaligus membeli produk yang kamu jual.
Bagaimana sih membuat cara promosi yang menarik di mata konsumen? Berikut beberapa cara promosi yang menarik untuk bisa kamu ikuti, sehingga efektif untuk menggaet calon konsumen online shop.
Momen yang paling ditunggu-tunggu dari konsumen adalah pesta belanja online setiap bulannya. Banyak brand yang berlomba-lomba mempromosikan produknya secara menarik dengan mengadakan diskon besar-besaran, yaitu buy 1 get 1, buy 2 get 1, dan diskon 50%, hingga gratis ongkir.
Kamu bisa membuat tema campaign yang sesuai dengan momen tersebut, serta potongan harga yang ingin kamu berikan. Dengan melakukan promosi yang menarik ini, kamu bisa meningkatkan strategi penjualan, lho.
Memanfaatkan momen spesial seperti pada Harbolnas, Ramadhan, Lebaran, Natal, Tahun Baru, Hari Kartini, serta hari-hari besar Nasional lainnya juga termasuk cara promosi yang menarik. Diskon yang disediakan juga kurang lebih sama dengan promo musiman setiap bulan.
Biasanya, di tanggal merah ini masyarakat akan sering membuka smartphone untuk sekadar melihat produk atau memang menunggu momen ini jika mereka belum mendapatkan diskon musiman setiap bulan sebelumnya.
Cara promosi yang menarik lainnya, bisa menggunakan konsep promo yang berbeda dari biasanya. Seperti contohnya mengadakan diskon sesuai dengan ulang tahun konsumen, kode voucher, ataupun cashback.
Selain itu, kamu juga bisa menerapkan strategi bundling, cross selling, atau upper selling yang mana memberikan nilai tambah pada produk yang ingin dibeli oleh konsumen. Semakin unik promo yang kamu berikan, maka akan semakin mudah untuk menarik perhatian konsumen.
Dalam memperkenalkan bisnis online, kamu perlu memberikan sample atau tester kepada konsumen. Sample produk bisa kamu berikan dalam kemasan berukuran kecil lalu menjelaskan manfaat atau varian rasa sample tersebut.
Hal ini bertujuan untuk mengetahui respon positif dari konsumen mengenai produk yang dijual. Dengan menerapkan cara promosi yang menarik ini, produk yang kamu jual akan lebih mudah menembus pasar yang lebih luas lagi.
Baca juga: Contoh Ucapan Terima Kasih Kepada Pembeli Online
Dalam mempromosikan suatu produk, tentu perlu memahami target pasar terlebih dahulu. Target atau sasaran ini dapat mengetahui konsumen dari semua kalangan hingga media yang mudah untuk memasarkan produk.
Contohnya apabila kalangan muda yang menjadi sasaran produk, maka produk kamu bisa dipromosikan melalui media sosial, seperti Instagram, TikTok, WhatsApp, Twitter, sampai Facebook.
Dengan mengikuti cara promosi yang menarik ini, nggak menutup kemungkinan online shop kamu bisa dijangkau sampai ke luar negeri. Wah siap-siap bakal meledak tuh orderan hihi..
Manfaatkanlah media sosial kamu dengan membuat konten sekreatif mungkin. Cara promosi yang menarik ini bisa mendongkrak penjualan produk kamu berupa promosi dengan menggunakan unsur komedi, membuat foto, video, infografis, polling, Q&A, dan lainnya.
Tema dari konten tersebut bisa dari tips&trick, how to, do&don't, pengetahuan, edukatif, serta inspiratif. Dengan cara promosi ini, semakin banyak orang yang melihat kontenmu dan penasaran dengan produkmu.
Nggak cuma untuk meningkatkan penjualan, cara promosi yang menarik ini juga bisa meningkatkan brand awareness. Bisnis online kamu akan dinilai unik dan menarik oleh konsumen.
Bekerjasama dengan influencer adalah cara promosi yang menarik untuk memperluas jangkauan. Kamu bisa memilih influencer sesuai dengan kebutuhan dan budget untuk mempromosikan produk kamu melalui endorsement atau paid promote.
Dalam menawarkan produk kepada konsumen, kamu bisa menginformasikan kepada influencer untuk diiklankan. Biasanya konten promosi tersebut diposting melalui instastory atau postingan mereka. Influencer akan memperkenalkan dan menjelaskan kelebihan dari produk yang kamu jual.
Selain itu, buatlah kode promo khusus, agar konsumen dari following influencer ini semakin penasaran dengan produk kamu. Dengan itu, dapat meningkatkan penjualan bahkan menaikkan followers media sosial bisnis online kamu.
Memberikan reward kepada konsumen setia adalah salah satu cara promosi yang menarik. Hal ini akan membuat konsumen selalu melakukan pembelian kembali. Selain itu, penting untuk kamu bisa mempertahankan loyalitas konsumen.
Konsumen setia yang sudah percaya dengan produk kamu juga akan lebih mungkin untuk mempromosikannya kepada orang lain. Dengan itu, akan semakin banyak orang yang mengetahui bisnis online-mu.
Menurut studi, dalam meningkatkan retensi konsumen sebesar 5% juga bisa meningkatkan profit hingga 25-95%.
Cara promosi yang menarik selanjutnya adalah dengan mengadakan giveaway di media sosial. Giveaway ini merupakan salah satu cara agar lebih dekat dengan konsumen dengan mendapatkan produk baru tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.
Biasanya, giveaway diadakan melalui postingan media sosial dan membuat rules sesuai dengan keinginan. Apabila banyak yang mengikuti giveaway tersebut, tentu membuat konsumen baru penasaran dan melihat-melihat produk kamu di media sosial.
Cara ini memang harus sabar, karena nggak langsung meningkatkan penjualan produk kamu, tapi bisa meningkatkan brand awareness dan menaikkan followers di media sosial.
Caption out of the box adalah salah satu cara promosi yang menarik untuk konsumen bisa penasaran dengan produk kamu.
Biasanya orang akan lebih mudah tertarik jika menggunakan kalimat-kalimat unik seperti “beli sekarang, sebelum promo berakhir” atau “pembelian produk hari ini akan dikenakan potongan sebesar 75%.”
Menggunakan kalimat yang mendesak ini termasuk cara promosi yang terbilang menarik untuk mendorong konsumen agar segera membeli produk kamu.
Cara promosi yang menarik dan kreatif lainnya adalah kamu bisa menerapkannya dengan menyebarkan testimonial konsumen. Kamu bisa meminta para konsumen yang sudah pernah menggunakan produk kamu untuk menuliskan review jujur dari produkmu.
Kemudian, jika review produk tersebut sudah terkumpul, maka kamu bisa mengunggahnya sebagai konten di media sosial atau platform lainnya. Apabila review dari produk ini semuanya positif, akan mendorong konsumen baru untuk membeli produk kamu.
Nah, itulah cara promosi yang menarik untuk konsumen. Ternyata, ada banyak kan cara promosi agar bisa terlihat menarik? Jadi, lakukanlah cara tersebut supaya konsumen kamu semakin bertambah. Selain itu, pentingnya mengatur daftar kontak pelanggan atau konsumen agar tersistematis. Simpan semua detail informasi pelanggan di satu tempat cuma di Koala. Chat, jual, cuan!