Rekomendasi Ide Usaha Kuliner Kekinian yang Wajib Dicoba

7 Oktober 2022

Bisnis makanan atau membuat usaha kuliner kekinian ialah salah satu sektor bisnis yang berpotensi besar. Mungkin kamu berpikir jika mau memulai bisnis makanan, wajib mempunyai biaya yang besar. Padahal, nggak semuanya seperti itu, lho. Kamu dapat membuka bisnis usaha kuliner kekinian dengan biaya rendah di rumah dengan kuliner kekinian. Apa saja yang bisa kamu coba? Berikut beberapa rekomendasinya buat kamu.

Ide Usaha Kuliner Kekinian

1. Dessert Box

Dessert Box ialah makanan kekinian dengan varian rasanya yang sangat unik. Dengan usaha makanan kekinian, ini berpotensi besar karena banyak dicari sebagai bingkisan. Selain itu, bahan-bahannya juga mudah ditemukan soalnya sama dengan bahan membuat kue pada umumnya. Pastinya, usaha kuliner kekinian ini sangat dicari pembeli.

2. Rice Bowl

Usaha kuliner kekinian yang satu ini sangat cocok buat konsumen yang ingin praktis dalam makanan. Di satu wadah dapat banyak lauk dengan porsi yang mengenyangkan. Dalam memulai usaha makanan ini, kamu dapat menyediakan menu populer seperti ayam katsu, ayam sambal matah, dan lainnya. Untuk membuatnya mudah, bukan?

3. Baso Aci

Siapa yang suka baso aci? Yup, makanan ini sangat populer yang nggak hilang dan menjadi pilihan yang digemari masyarakat karena mempunyai tekstur yang unik dengan rasanya yang lezat. Kamu dapat memilih baso aci untuk usaha kuliner kekinian. Kamu juga dapat menyajikannya secara langsung atau sebagai frozen food.

Baca juga: Ide Bisnis Kekinian: Makanan yang Lagi Hits di Instagram

4. Corn Dog

Corn dog ialah camilan yang dibuat dari sosis dan dilumuri dengan adonan tepung roti dan tepung panir. Setelah digoreng, corn dog bisa ditambah saus dan mayones buat menambah rasanya. Jajanan ini sangat populer karena sering muncul di sejumlah serial drakor (drama Korea). Dilihat dari bahan-bahannya, jualan corn dog menjadi salah satu peluang usaha yang cuma butuh modal kecil. Tantangannya mungkin muncul ketika mulai mengolah adonannya.

5. Bomboloni

Bosan dengan bentuk donat yang itu-itu aja? Bomboloni muncul dengan bentuk sedikit berbeda dari donat pada umumnya, lho. Dengan banyaknya toko donat di mal, bomboloni juga semakin dikenal banyak orang. Bomboloni ialah donat tanpa lubang di bagian tengah. Donat itu diisi oleh saus atau selai dengan bermacam rasa. Isi rasanya juga bisa bermacam-macam. Kamu dapat memasukkan saus cokelat, strawberry, blueberry, vanilla, green tea, hingga cream cheese. Penjualan bomboloni bisa dibungkus setengah atau satu lusin agar pembeli dapat memesan lebih dari satu rasa.

6. Salad buah

Sudah banyak orang yang mengatur pola hidup sehat sehingga menu buah-buahan jadi makin banyak dicari. Nggak heran kalau beberapa jualan salad buah juga mendadak viral di media sosial. Hal ini pun bisa membuat peluang buat kamu untuk mulai membuat resep salad buah sendiri. Variasikan buah yang ada di dalamnya supaya saladnya lebih beragam. Jangan lupa tambahkan parutan keju cheddar yang melimpah di atasnya. Kamu bisa jual dengan ukuran 250 ml, 500 ml, sampai 1 liter, lho.

7. Keripik pedas

Camilan ini juga menjadi salah satu makanan yang laris, apalagi camilan pedas dan gurih. Banyak orang yang suka “asupan micin” dengan membeli bermacam jenis keripik pedas. Biasanya, camilan keripik pedas juga banyak, mulai dari makaroni pedas, bakso goreng pedas, keripik kaca, dan lain-lain.

8. Brulee bomb

Ide usaha kuliner kekinian bermodal kecil selanjutnya yaitu cheese ball. Makanan ringan berbahan dasar keju mozarella ini banyak disukai, apalagi pada anak muda. Beberapa orang juga menyebut kuliner ini dengan nama brulee bomb. Dengan melihat banyaknya penggemar cheese ball, tentu ide bermodal kecil ini menjanjikan keuntungan besar.

9. Croffle

Usaha kuliner kekinian bermodal kecil berupa croffle juga bisa kamu coba. Nama croffle ini adalah gabungan dari kata croissant dan waffle. Dengan bahan yang sederhana untuk dibuat, usaha kuliner kekinian ini sangat disukai oleh masyarakat. Nggak heran kalau banyak yang tertarik memulai usaha kuliner ini dengan bermodal kecil.

Baca juga: Contoh Deskripsi Produk Makanan Yang Menarik Untuk Berbisnis

10. Katsu Sando

Katsu Sando adalah sandwich asal Jepang yang dapat dijadikan usaha kuliner kekinian bermodal kecil di Indonesia. Katsu Sando mengandung roti lapis yang diberi isian irisan tebal daging sapi dan dilumuri tepung roti, lalu digoreng sampai renyah. Penyajian Katsu Sando biasanya dilengkapi oleh saus tonkatsu yang mempunyai cita rasa gurih dan manis.

11. Kue Kering Hampers

Sekarang, memberikan hampers sedang menjadi tren buat hari ulang tahun sampai hari besar keagamaan. Jadi, bisa dibilang usaha kuliner kekinian ini jadi usaha paling laris saat ini. Menjual hampers kue kering juga bisa menjadi ide usaha kuliner kekinian, lho.

12. Cinnamon Rolls

Kalau biasa menyantap cinnamon rolls di kafe, sekarang berbagai macam varian rasa cinnamon rolls sudah menjadi sebuah olahan yang dikembangkan menjadi bisnis rumahan. Kamu pun dapat menemukan berbagai penjual usaha kuliner kekinian ini di dunia maya.

Roti manis ini memang sangat membuat ketagihan karena rasa kayu manisnya yang cukup khas. Apalagi jika ditambahkan dengan frosting cream cheese, krim cokelat, kacang almond, atau matcha yang bisa memperkaya cita rasanya. Biasanya, cinnamon rolls dijual pada bentuk satuan. Namun, sekarang banyak ditemukan pada ukuran loyang berisi beberapa cinnamon rolls, jadi bisa dinikmati bersama dengan keluarga atau kerabat.

13. Roti Sourdough

Tren gaya hidup sehat kembali muncul seiring dengan banyaknya usaha kuliner kekinian kekinian yang berupa makanan sehat. Roti yang berbahan dasar gandum yang kaya akan serat ini memakai ragi alami. Berbeda dengan roti biasanya yang memakai ragi instan dengan jenis probiotik Saccharomyces cerevisiae, ragi jenis roti ini biasanya mengandung strain yang berbeda. 

14. Pasta

Kreasi pasta memang dibilang nggak ada matinya. Walaupun bukan makanan khas Indonesia, menu pasta menjadi salah satu comfort food yang banyak disukai oleh masyarakat. Selain rasa yang enak, proses pembuatannya pun nggak terlalu sulit. Peluang usaha kuliner kekinian pasta ini bisa kamu buat dengan membuat kreasi spaghetti dengan saus carbonara yang creamy, fettuccine aglio e olio yang gurih, sampai penne dengan saus pesto yang menggugah selera. 


Nah, itulah ide usaha kuliner kekinian yang dapat kamu mulai sekarang. Dari contoh di atas, pastinya kamu sudah ada gambaran ingin memilih ide usaha kuliner. Namun sebelum mulai bisnis, kamu perlu melakukan riset terlebih dahulu.

Dan jika pembeli sudah berdatangan, kamu wajib mengatur transaksi jualan kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengatur template chat agar bisa memudahkan pembeli saat order. Semua itu bisa kamu dapatkan dalam satu aplikasi yaitu Koala. Yuk download sekarang!