Ide Bisnis Kekinian: Makanan yang Lagi Hits di Instagram

7 September 2022

Makanan yang lagi hits di Instagram biasanya akan menarik banyak keuntungan dalam bisnis karena lebih cepat menarik perhatian calon konsumen.  Bagi para pecinta kuliner, pasti tidak pernah melewati makanan yang lagi hits di Instagram, bukan?

Ya, sampai detik ini, bisnis kuliner kekinian terus menunjukkan eksistensinya untuk tetap hits. Makanan kekinian terus laris diburu oleh konsumen karena bukan cuma enak, tapi juga unik.

Dunia kuliner memang jadi salah satu jenis bisnis yang paling banyak mengalami perubahan tapi tetap diminati banyak orang. Tiap tahun ada saja makanan dan minuman baru yang tampilannya menggugah selera, memiliki konsep unik, dan rasa yang lezat. Kalau kata anak muda zaman sekarang, istilahnya adalah "makanan hits kekinian."

Para pengusaha kuliner pun terus berusaha memberikan inovasi yang berbeda agar bisnisnya tetap laku di pasaran. Apalagi dengan adanya media sosial yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat yang strategis untuk berjualan. Tidak heran kalau sekarang makin banyak inovasi makanan yang semakin terkenal berkat media sosial, termasuk makanan yang lagi hits di Instagram.

Baca juga: Tingkatkan Penghasilan dengan Cara Membuat Akun Instagram untuk Jualan

Kamu pasti pernah lihat foto-foto makanan yang lagi hits di Instagram, atau bahkan melakukannya sendiri. Di tempat yang unik atau bentuk dan plating makanannya unik pasti langsung ingin mengabadikannya dengan kamera handphone kemudian di-upload ke media sosial, terutama media sosial Instagram. Dari situlah tren foto makanan mulai tersebar dan jadilah yang namanya makanan yang lagi hits di Instagram.

Foto makanan yang lagi hits di Instagram itu akan membuat followers pengunggahnya jadi merasa penasaran dan mencobanya, atau bahkan menawarkannya ke orang lain juga. Itulah strategi berjualan dengan media sosial, dapat dengan mudah membuat sesuatu menjadi hal yang populer dalam waktu singkat.

 

Nah, bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis kuliner, kamu bisa coba strategi bisnis berjualan di media digital seperti Instagram, agar produk yang kamu tawarkan juga dapat menjadi makanan yang lagi hits di Instagram. Menjajal bisnis kuliner kekinian di mana kamu menjual makanan-makanan yang unik dan jadi tren, tentu akan jadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Yang jelas, sebelum memulainya, kamu perlu memikirkan ide bisnis kulinernya secara matang dengan berbagai pertimbangan. Mulai dari tren jenis makanannya, permintaan pasar atas makanan tersebut, hingga modal yang kamu miliki. Kalau masih belum bisa menentukan pilihan, ada beberapa ide bisnis makanan yang lagi hits di Instagram yang bisa kamu coba.

Penasaran apa saja ide bisnis makanan yang lagi hits di Instagram? Berikut beberapa di antaranya:

Ide Bisnis Makanan yang Lagi Hits di Instagram

Mentai

Ide bisnis makanan yang lagi hits di Instagram yang pertama adalah makanan yang dibumbui saus mentai, atau saus mentaiko. Kamu bisa coba menjual makanan yang banyak ditemui, yaitu nasi mentai. Makanan ini mengambil dari hidangan Jepang yang dibuat dari nasi Jepang, topping, saus mentaiko, yang kemudian diasinkan dan ditambah mayonaise. Biasanya ada beberapa yang menambahkan lelehan keju mozarella juga di atasnya.

Topping yang ditambahkan biasanya berupa potongan ayam fillet, crab stick, salmon, potongan daging sapi, atau ikan tuna. Saus mentai yang rasanya khas juga biasanya dicampurkan dengan makanan lainnya seperti dimsum. Nah jadi, selain nasi mentai, kamu juga bisa coba jual dimsum mentai, karena makanan ini juga jadi salah jenis makanan yang lagi hits di Instagram.

 Thai Bread

Ide bisnis makanan yang lagi hits di Instagram kedua adalah Thai bread atau roti Thailand. Thailand memang jadi salah satu juara soal makanan kekinian. Jadi, tidak heran kalau di Indonesia pun ada banyak jenis makanan dan minuman yang terinspirasi dari jajanan khas Thailand. Salah satunya adalah roti Thailand.

Baca juga: Tips Membuat Kata-kata Promosi Jualan Online biar Laris

Roti Thailand adalah roti bun khas negara Thailand dengan berbagai varian filling yang menggiurkan. Roti yang memiliki bentuk mirip roti sobek ini dapat disajikan dengan filling seperti cokelat, selai rasa buah, selai kacang, matcha, thai tea, krim keju, dan lain-lain. Tekstur rotinya yang empuk dan isiannya yang manis itulah yang membuat orang merasa penasaran untuk mencobanya.

Kamu bisa coba untuk membuatnya dalam berbagai macam rasa untuk memberikan penawaran yang lebih pada konsumen. 

Croffle

Ide bisnis makanan yang lagi hits di Instagram yang ketiga adalah croffle. Makanan yang satu ini memang jadi salah satu makanan hits belakangan ini. Croffle adalah makanan yang terbuat dari bahan croissant yang dipanggang dalam cetakan waffle. Karena itu, namanya diambil dari gabungan keduanya, yaitu  croffle.

Croffle ini termasuk makanan yang populer di Korea Selatan dan banyak ditemui di kafe-kafe di sana. Selain disajikan dalam varian original, croffle juga bisa disajikan dengan berbagai topping, seperti whipped cream, madu, karamel, cokelat lumer, dan lainnya.

Demam croffle pun juga sampai ke Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya kafe dan toko roti yang menawarkan makanan yang satu ini. Jadi, tidak ada salahnya kalau kamu menjadikan croffle sebagai ide bisnis makanan yang lagi hits di Instagram milikmu juga.

Gorengan Kekinian

Ide bisnis makanan yang lagi hits di Instagram yang keempat adalah gorengan kekinian. Gorengan mungkin terdengar seperti jenis makanan yang sudah biasa ditemui dan tidak begitu unik. Tapi, bagaimana dengan gorengan yang kekinian?

Ya, gorengan kekinian itu banyak diminati, lho. Berbeda dengan ragam gorengan tradisional, gorengan kekinian dikreasikan dengan lebih modern sehingga jadi lebih beragam variasinya. Misalnya, risoles yang biasanya berisikan rogut, sekarang bisa dikreasikan dengan isi lasagna, daging sapi, ayam geprek, keju mozarella, atau bahkan rasa manis seperti cokelat.

Gorengan seperti bakwan pun juga bisa dikreasikan jadi gorengan kekinian, misalnya bakwan yang biasanya diberikan tambahan teri atau udang kecil kini bisa diberikan topping pepperoni.

Dessert Box atau Dessert Jar

Ide bisnis makanan yang lagi hits di Instagram yang terakhir adalah dessert box dan dessert jar. Sesuai namanya, dessert box dan dessert jar adalah makanan dessert atau pencuci mulut yang biasanya memiliki rasa manis atau menyegarkan. Makanan ini bisa berupa kue yang kaya dengan krim dan topping yang diletakkan di dalam box atau toples, atau bisa berupa salad buah yang menyegarkan dan creamy.

Beberapa unsur penting yang perlu kamu catat jika ingin menjajal bisnis makanan yang lagi hits di Instagram ini adalah kemampuan membuat kue yang enak, berani menggunakan topping yang bermacam-macam, dan desain packaging yang cantik.

Jangan pernah takut untuk menciptakan menu-menu baru yang berbeda dengan kompetitor-kompetitor lainnya. Misalnya, membuat dessert box rasa red velvet, keju, karamel, tiramisu, hingga biskuit.

 

Nah, itulah beberapa ide bisnis makanan yang lagi hits di Instagram bisa kamu coba. Yang jelas, pilihlah sesuai kemampuan dan yang menurut kamu lebih membawa keuntungan. Pastikan untuk selalu konsisten dalam menjalankan bisnisnya dan jangan mudah menyerah, ya.

Kalau kamu sudah mantap ingin memulai  bisnis makanan yang lagi hits di Instagram kekinian ini, kamu juga bisa gunakan sistem penjualan terpercaya untuk membantu kelancaran bisnismu, lho.

Gunakan Koala App untuk pengelolaan bisnismu, seperti mengelola tiap transaksi, memeriksa harga pengiriman, dan mengelola kontak konsumen tanpa harus berpindah pada aplikasi lain. Praktis dalam satu sistem saja.

Jadi, yuk permudah dan lancarkan bisnismu dalam satu sistem dengan mengunduh aplikasinya sekarang!