Ide Bisnis Makanan Kreatif yang Lagi Tren Saat Ini

4 Februari 2023

Banyak ide bisnis makanan kreatif yang bisa memberikan keuntungan yang cukup besar. Berdasarkan hasil riset statista, pendapatan bisnis makanan diprediksi akan mengalami peningkatan sampai 10,79 persen hingga tahun 2025. Dapat dilihat, banyak sekali bisnis makanan baru yang bermunculan dan bisa berkembang dengan pesat.

Ini menjadi peluang bagi kamu yang ingin memulai bisnis. Bisnis makanan tidak lekang oleh waktu dan terus berkembang menyesuaikan tren. Kamu bisa melihat tren makanan yang banyak disukai saat ini dan menentukan makanan yang ingin dijual. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak dibawah ini.

Berikut ini ide bisnis makanan kreatif yang lagi tren saat ini:

 

1. Bruule Bomb

Memiliki rasa yang gurih serta bentuk yang menyerupai bitterballen, bruule bomb cocok jadi ide bisnis makanan kreatif. Bahan-bahan diantaranya seperti, bawang putih, bawang bombay, margarin, terigu, susu cair dan lain-lain. Bisnis makanan ini melejit saat nagita slavina memulai bisnis brulee boomnya. Camilan ini bisa banget kamu jadikan dalam bentuk frozen.

2. Dessert Box

Dessert box memiliki rasa yang manis serta dapat dikreasikan dalam berbagai varian sehingga tidak membuat bosan. Kamu bisa membuat kombinasi lapisan kue lembut, krim kocok, sampai layer dengan rasa lainnya, seperti coklat, keju hingga matcha. Selain itu, dessert box mempunyai daya tarik pada kemasannya yang beragam dan cantik.

3. Basreng, Makaroni, dan Aneka Keripik

Makanan ringan yang biasanya dijadikan camilan seperti basreng pedas, macaroni pedas, makaroni telur serta aneka keripik lainnya dapat dijadikan bisnis dengan keuntungan yang menjanjikan. Membuat makanan ini tidak terlalu memerlukan modal besar dengan target pemasaran yang luas. Bisa kamu kreasikan dan menjualnya.

4. Churros

Churros merupakan makanan ringan yang berasal dari Spanyol. Makanan ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia karena memiliki tekstur yang renyah diluar namun lembut didalam. Rasa manisnya juga dilengkapi dengan taburan gula halus diatasnya ataupun saus coklatnya. Makanan ini mudah dan cepat untuk dibuat, jadi tidak memerlukan biaya operasional bisnis yang merepotkan.

Baca Juga : Ide Jualan Makanan Terlaris dan Kekinian Wajib Dicoba

5. Takoyaki

Makanan dari Jepang ini banyak disukai. Mempunyai tekstur kulit luar yang renyah, takoyaki terasa nikmat dengan adanya isian yang lembut serta potongan daging guritanya. Makanan ini juga menarik perhatian orang-orang karena cara untuk memasaknya unik. Rasanya akan lebih lezat dengan baluran mayonnaise dan bonito flakes diatasnya.

6. Seblak

Makanan kekinian berasal dari bandung dikenal dengan rasa kuahnya yang pedas. Kuahnya memiliki warna merah yang menyala disajikan dengan berbagai toping pilihan, misalnya ceker ayam, daging ayam, mie, kerupuk, bakso, dan juga macaroni. Makanan ini cocok dengan lidah masyarakat Indonesia karena gemar memakan makanan yang pedas.

7. Tteokbokki

Tteokbokki merupakan olahan dari tepung beras ini cukup sederhana dipadukan dengan saus pedas kental. Kamu bisa padukan dengan tambahan varian mie instan, keju, atau juga fish cake. Makanan yang sedang viral ini mudah dan cepat untuk disajikan. Tteokbokki cocok kamu jadikan bisnis kuliner yang menguntungkan.

8. Jasuke

Jagung susu dan keju sudah banyak dijual di pasaran, kini semakin dikenal karena diubah menjadi olahan jagung dengan susu kental manis kemudian diberi lelehan keju. Mempunyai tekstur yang renyah dari jagungnya kemudian melebur menjadi satu dengan lelehan keju yang gurih disertai susu kental manis yang creamy. Makanan kekinian ini sangat menguntungkan untuk dijadikan bisnis.

9. Risol Mayo

Camilan yang sedang hits ini memiliki isian yang sangat padat berupa telur, saus mayonnaise, daging asap, menjadikan penjual risol mayo laris di saat waktu sarapan atau untuk ngemil di sore hari. Kamu juga bisa membuat kreasi untuk isiannya, misalnya dengan ayam jamur, saus lasagna, saus Bolognese, sampai daging burger.

Baca Juga : Peluang Usaha Makanan Online Kecil-Kecilan Untukmu

10. Rice Bowl

Rice bowl dikemas dalam wadah yang menyerupai mangkok. Ada pilihan nasi yang beragam, lauk pauk yang nyaman di lidah, sayuran menjadi pelengkap hidangan, sampai krupuk sebagai pendamping, makanan rice bowl seiring berkembangnya waktu semakin kreatif dan inovatif. Kamu bisa mencoba bisnis ini dengan mempercantik kemasan, mulai dari bentuk yang sederhana dan mudah untuk dipegang sampai wadahnya terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Semakin unik kreasi pada makanan rice bowl, maka bisnis ini akan semakin menarik perhatian.

11. Dimsum

Dimsum adalah camilan yang berasal dari Tiongkok sekarang sangat populer di Indonesia serta banyak disajikan di pilihan menu restoran. Kamu bisa menjadikan sebagai ide bisnis dengan dijual langsung atau bisa dijual dalam bentuk frozen food. Ada beberapa dimsum yang populer di Indonesia diantaranya, siomay, bakpao, hakau, mantau, lumpia dan lain sebagainya.

12. Salad Buah

Kamu bisa mencoba bisnis salad buah yang segar. Namun kamu harus bisa menyajikannya dengan buah segar guna membangun kepercayaan pelanggan dan ditambah dengan saus mayonaise serta keju parut. Bisa kamu pasarkan lewat media sosial dengan menunjukkan keunikan pada produk yang kamu jual. Misalnya salad buah khusus diet sehat dan sebagainya.

Itulah rekomendasi ide bisnis makanan kreatif yang lagi tren saat ini wajib kamu coba. Ada banyak mulai dari yang manis-manis sampai yang gurih-gurih ada semua. Pilih salah satu dan mulai bisnis kuliner dari sekarang.

Untuk mengembangkan bisnis kuliner, kamu bisa menggunakan aplikasi Koala Resto. Dengan aplikasi ini, kamu bisa kelola transaksi bisnis kuliner mulai dari balas chat, cek ongkir dan lainnya tanpa harus pindah aplikasi.

Dengan Koala Resto, bikin pesanan di Resto-mu jadi mudah dan cepat. Manfaatkan fitur Broadcast Message, Chatbot, Manajemen Produk & Transaksi dan Live Customer Service. Semuanya hanya di satu dashboard yang terintegrasi dengan aplikasi Koala.

Tertarik mencoba? Daftar Koala Resto sekarang juga!