Peluang Usaha Makanan Online Kecil-Kecilan Untukmu

7 Oktober 2022

Saat mencari peluang usaha makanan untuk usaha jualan online, kamu perlu sedikit kreatif. Karena tidak semua makanan bisa dijual secara online dan tentunya tidak semua pelanggan mau mengambil resiko untuk membeli makanan secara online. Ada banyak resiko yang mungkin terjadi saat kamu menjual makanan secara online.

Meskipun tinggi resiko, peluang usaha makanan secara online masih tetap besar. Bahkan jika kamu cukup kreatif, berjualan secara online bisa memberikan lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan offline.

Peluang Usaha Makanan Online Kecil-Kecilan

Sebelum memutuskan menjual makanan online, kamu perlu melihat beberapa ide peluang usaha makanan online berikut ini:

1. Frozen Food

Menjual Frozen Food atau makanan beku memiliki peluang yang tertinggi. Peluang usaha makanan makanan beku cukup banyak diminati oleh masyarakat. Terutama jika mereka ingin memulai usaha makanan pertama kalinya. Jenis usaha ini banyak diminati karena memang cukup mudah untuk dilakukan. Makanan beku bisa bertahan lebih lama selama pengiriman. Selain itu, makanan beku juga lebih terjaga kualitasnya selama tetap beku.

Untuk kamu yang berencana memulai usaha ini, kamu perlu menyediakan kulkas untuk menjaga kualitas makanan beku tersebut. Tanpa adanya kulkas yang memadai, kualitas makanan beku akan rusak. Ini menyebabkan kamu rugi dan pelanggan bisa tidak puas dengan pelayananmu. Pastikan juga kamu bekerja sama dengan pihak ekspedisi yang tepat untuk pengiriman yang lebih lancar.

Baca Juga: Nama Olshop Makanan yang Unik dan Menarik

2. Sambal Kemasan

Tidak lengkap rasanya jika makan tanpa menggunakan sambal. Menjual sambal kemasan merupakan salah satu peluang usaha makanan yang juga bisa berhasil dilakukan. Terutama di area Indonesia yang memiliki peminat sambal cukup tinggi. Tidak hanya itu saja, ada berbagai macam jenis sambal di Indonesia yang bisa menjadi inspirasi ide jualanmu.

Jika kamu ingin memulai usaha sambal kemasan, kamu perlu memastikan bahwa kemasan sambal yang kamu gunakan berkualitas. Banyak sambal khas Indonesia yang mengandung minyak berlebihan. Jika kemasan tidak berkualitas, maka minyak bisa m=bocor dan merusak kualitas sambal tersebut.

3. Kue Kering

Kue kering ada bermacam-macam pilihan. Bahkan saat ini, kebutuhan kue kering juga sangat tinggi karena kue kering semakin berkembang. Mulai dari makanan ringan hingga kue kering yang khusus digunakan sebagai pelancar ASI. semuanya merupakan peluang usaha makanan yang juga cukup besar. Kamu hanya perlu memastikan bahwa kue kering yang kamu jual memiliki tujuan tertentu.

Misalnya jika kamu menjual kue untuk memperlancar ASI, maka kamu juga perlu memastikan rasa dan bahan yang digunakan memang benar-benar untuk menambahkan ASI. karena jika kue yang dimakan tidak sesuai dengan klaim yang diberikan, tentunya pelanggan akan kecewa.

4. Selai

Peluang usaha makanan online yang juga bisa kamu lakukan adalah membuat selai. Saat ini semakin banyak masyarakat yang paham dengan kesehatan tubuh lewat apa yang mereka makan, sehingga kebutuhan makanan organik tanpa adanya zat kimia tambahan juga semakin tinggi. Salah satunya adalah selai. Kebutuhan selai rendah gula dan tanpa pemanis buatan juga cukup tinggi untuk makanan MPASI dan juga masyarakat yang diet sehat.

Jika kamu ingin menjalankan usaha selai, kamu perlu benar-benar memperhatikan kualitas bahan. Karena saat membuat selai, jika ada buah atau bahan yang kurang berkualitas maka akan mempengaruhi seluruh kualitas produknya.

5. Makanan Ringan

Makanan ringan adalah peluang usaha makanan yang juga tidak bisa dilupakan. Usaha makanan ringan selalu memiliki peminat yang tinggi. Terutama di Indonesia yang memang masayarakatnya memiliki hobi memakan makanan ringan di saat senggang. Makanan ringan yang sesuai dengan yang mereka inginkan juga biasanya makanan yang sesuai selera Indonesia.

Jika kamu ingin memulai usaha makanan ringan, kamu harus benar-benar melakukan riset pasar dan riset produk. Ada banyak kompetitor makanan ringan di Indonesia tapi ada banyak juga peminat makanan ringan. Kamu hanya perlu menemukan apa yang masyarakat paling sukai dan bagaimana cara menjual kepada mereka dengan tepat.

6. Katering

Baik katering untuk acara maupun katering harian adalah peluang usaha yang bisa kamu lakukan secara online juga. Katering harian biasanya fokus untuk menu-menu tertentu seperti menu diet. Usaha katering ini menjadi semakin banyak diminati karena masyarakat bekerja cukup sibuk untuk memasak dan mengolah makanan sendiri. Apalagi jika dihitung-hitung, berbelanja sendiri dan mengikuti katering harian memiliki harga yang relatif sama.

Saat memulai usaha katering, kamu perlu memastikan kualitas makanan yang kamu jual. Tidak semua orang memiliki selera makanan yang sama, tapi membuat makanan yang enak tetap harus kamu lakukan. Untuk itu, kamu perlu memastikan kualitas masakan dan juga kebersihan masakan yang kamu jual.

7. Bumbu Praktis

Peluang usaha makanan secara online adalah membuat bumbu masakan yang praktis. Masakan Indonesia ada bermacam-macam. Kamu bisa memanfaatkan keberagaman makanan Indonesia ini dengan cara memulai usaha bumbu olahan yang praktis. Bumbu olahan sangat diminati oleh banyak masyarakat karena memudahkan proses memasak dan membuat proses memasak menjadi lebih cepat.

Untuk memulai usaha menjual bumbu masakan, kamu perlu mengetahui bahan-bahan yang dibutuhkan untuk masakan tertentu. Selanjutnya pastikan juga kemasanmu cukup menarik dan aman agar tidak terjadi kerusakan selama pengiriman nantinya.

Baca Juga: Ide Bisnis Makanan yang Lagi Hits di Instagram

8. Kelas Memasak Online

Peluang usaha makanan selanjutnya tidak secara langsung berhubungan dengan makanan, tapi tetap berhubungan dengan makanan juga. Membuat kelas memasak online akan sangat cocok untuk kamu yang memiliki hobi memasak. Kamu bisa membuat usaha lebih kreatif dengan kategori khusus misalnya menu masakan Vegan atau menu masakan Gluten Free. dengan begini, kamu bisa menarik lebih banyak calon murid untuk mengikuti kelasmu.

Jika kamu ingin memulai kelas memasak online, kamu perlu memastikan bahwa perlengkapan memasak yang kamu miliki lengkap dan perlengkapan dokumentasi kelas juga lengkap untuk dilakukan. Selanjutnya pastikan kamu membuat video memasak yang mudah diikuti dan penjelasan yang mudah dimengerti untuk muridmu.

9. Food Blogger

Selanjutnya adalah menjadi food blogger. Ini memang tidak berhubungan langsung dengan makanan, tapi kamu bisa memilih profesi ini jika kamu paham tentang seluk beluk makanan dan bisa menjadi reviewer profesional.

10. Ghost Kitchen

Dengan banyaknya aplikasi yang akan memudahkanmu membeli makanan lewat online, kamu bisa memulai usaha Ghost Kitchen. Usaha ini cukup banyak diminati juga karena kamu hanya perlu menjual makanan secara online. Kamu juga tidak memerlukan lokasi khusus seperti cafe atau restoran untuk memulai usaha ini.

Tentunya ini akan sangat meringankan modal usahamu. Kamu bisa memulai usahamu dan langsung menjual di aplikasi-aplikasi yang khusus untuk menjual makanan untuk menjangkau calon pembeli.

Peluang usaha makanan tersebut bisa kamu ikuti sesuai dengan minat dan kemampuan usahamu. Tentunya kamu perlu mempertimbangkan dengan tepat agar tidak gagal dalam menjalankan usaha. Untuk itu kamu bisa menggunakan KoalaApp untuk membantumu mengelola transaksi usahamu. Langsung cek KoalaApp sekarang!