Tingkatkan Penghasilan dengan Cara Membuat Akun Instagram untuk Jualan!

25 Maret 2022

Sekarang ini, Instagram menjadi salah satu media sosial paling populer yang digunakan para pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis. Selain bisa mengunggah foto dan deskripsi produk, platform ini juga memungkinkan para pelaku usaha untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dengan cara membuat katalog produk dan memasang Instagram Ads. Lalu, bagaimana cara membuat akun Instagram untuk jualan? 

Langkah-langkah membuat akun Instagram untuk jualan online

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat Instagram tentu saja mengunduh terlebih dulu aplikasi Instagram di App Store (untuk pengguna iOS) atau Play Store (untuk pengguna Android). Setelah itu, lakukan langkah-langkah berikut sampai selesai.

1. Buka aplikasi Instagram

Membuat akun Instagram sangat mudah dan cepat. Kamu tinggal membuka aplikasinya di HP, lalu buat akun Instagram dengan memasukkan beberapa informasi seperti username, email, dan password.

2. Login

Setelah membuat akun, masuklah ke akun Instagram dengan menggunakan username dan password yang sudah dibuat sebelumnya. Pada tahap ini, akun Instagram yang kamu miliki masih bersifat pribadi sehingga kamu harus mengubahnya ke akun bisnis.

3. Beralih ke akun bisnis

Setelah berhasil login, klik garis 3 yang terletak di bagian kanan atas layar. Lalu, pilih menu Setting atau Pengaturan. Setelah itu, pilih menu Akun atau Account, lalu gulir ke bawah sampai kamu menemukan opsi Beralih ke Akun Profesional atau Switch to Professional Account. 

4. Pilih kategori bisnis

Saat beralih ke akun bisnis, kamu akan diberikan dua opsi, yaitu Kreator atau Creator dan Bisnis atau Business. Pilih kategori Bisnis sesuai profil bisnis yang kamu jalankan, misalnya ritel, jasa, clothing, dll.

5. Lengkapi profil bisnis

Setelah memilih kategori yang sesuai, kamu akan dialihkan ke halaman review untuk melakukan pengisian nomor kontak dan lokasi bisnis. Isilah kolom yang diminta sesuai dengan petunjuk, lalu klik Next. Setelah itu, kamu akan diminta untuk memilih apakah akan menghubungkan akun Instagram bisnis ke halaman Facebook atau tidak. Klik Next jika ingin menghubungkannya.

Jangan lupa, isi nama, username, alamat website, bio, dan foto profil akun bisnismu. Jika sudah, lanjutkan dengan klik Done yang terletak di ujung kanan atas layar. Selesai!

Fitur-fitur yang ada di akun Instagram bisnis

Berbeda dengan akun Instagram personal, akun bisnis mempunyai beberapa fitur yang bermanfaat untuk keperluan bisnismu. Mulai dari memberikan informasi bisnis, meningkatkan brand awareness, serta transaksi. Untuk mengoptimalkannya, kenali apa saja fitur yang bisa kamu gunakan di akun Instagram bisnis berikut ini.

1. Informasi bisnis

Informasi yang dimaksud di sini adalah beragam informasi yang akan muncul di halaman profil akun bisnis kamu. Mulai dari kategori bisnis, layanan yang kamu sediakan, dan beberapa tombol kontak untuk memudahkan calon konsumen menjangkau bisnismu.

2. Insight

Fitur ini sangat diperlukan untuk para pelaku usaha karena bisa menunjukkan setiap aktivitas di halaman akun bisnis kamu. Melalui fitur ini, kamu bisa melihat siapa saja yang mengunjungi profil bisnismu, siapa saja yang berinteraksi di dalam konten yang kamu bagikan, sampai waktu favorit followers akun bisnis kamu.

3. Instagram Ads

Sudah membuat dan membagikan konten setiap hari, tapi jumlah pengunjung masih juga sedikit? Jangan khawatir! Kamu bisa menggunakan fitur khusus Instagram bisnis yang satu ini. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa menargetkan siapa saja orang yang akan melihat dan berinteraksi dengan konten yang kamu bagikan.

Cara meningkatkan penjualan dengan akun Instagram Bisnis

Untuk menjangkau calon pelanggan, tentu kamu perlu melakukan beberapa cara supaya akun bisnismu terlihat menarik. Berikut adalah cara membuat akun Instagram untuk jualan terlihat menarik dan bisa meningkatkan penghasilan.

1. Tentukan target audiens yang sesuai dengan bisnis

Sebelum membuat dan membagikan konten di Instagram, pastikan kamu sudah melakukan riset untuk mengetahui siapa saja yang akan melihat konten dan produkmu. Misalnya, kalau kamu berjualan kopi kekinian, maka kamu bisa menjadikan remaja dan dewasa muda sebagai target audiens bisnismu. 

2. Pasang logo merek dan tulis bio singkat

Logo adalah salah satu identitas yang mudah dikenali. Untuk itu, pasanglah logo bisnis kamu sebagai foto profil akun bisnis. Selain itu, hindari membuat bio Instagram yang terlalu panjang dan langsung tunjukkan manfaat yang bisa diperoleh audiens dari akun bisnimu.

3. Buat dan bagikan konten secara konsisten

Buatlah konten yang menarik, namun tetap sesuai dengan bisnismu. Misalnya, jika produk yang kamu tawarkan adalah makanan sehat, maka kamu bisa membuat konten terkait diet sehat, jenis-jenis makanan yang baik dikonsumsi, atau topik lain yang berhubungan dengan makanan sehat. Jangan lupa, buat dan bagikan konten secara konsisten minimal 3 kali dalam seminggu.

4. Libatkan audiens

Jangan cuma memberikan informasi secara satu arah! Kamu juga bisa meningkatkan interaksi dengan cara melibatkan audiens di dalam konten yang kamu buat dan bagikan. Bahkan, kamu juga bisa membagikan kembali foto atau video audiens jika dirasa sesuai dengan produk yang kamu tawarkan.

5. Buat konten Instagram Live

Jenis konten yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menjelaskan secara langsung apa saja manfaat yang bisa diperoleh audiens jika membeli produkmu. Selain memberikan informasi dan membuat sesi tanya jawab, berikan apresiasi untuk audiens dengan memberikan hadiah atau giveaway di akhir acara.

6. Tawarkan beragam promo menarik

Buatlah promo bulanan yang pasti ditunggu-tunggu audiens. Untuk membuatnya lebih menarik, kamu bisa menggabungkan beberapa promo atau menambahkan hadiah untuk beberapa pembeli pertama. Misalnya, promo cashback dan gratis ongkir atau hadiah eksklusif khusus 10 pembeli pertama. Menarik, kan?

7. Aktifkan fitur Instagram Shopping

Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu bisa membagikan foto produk sekaligus harganya sehingga calon pelanggan tinggal mengklik foto yang kamu bagikan untuk melihat harganya. Selain menjadikan usahamu terlihat lebih profesional, fitur ini juga bisa memudahkan pelanggan menjangkau produkmu sehingga tingkat penjualan bisnis online kamu pun meningkat.

8. Manfaatkan fitur Instagram Ads

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fitur ini memungkinkan kamu untuk menjangkau target audiens secara lebih luas. Kamu bisa menargetkan calon pelanggan berdasarkan demografi, ketertarikan, usia, gender, bahkan kebiasaan berbelanja mereka.

9. Lakukan riset dan analisis secara berkala

Lakukan riset dan analisis akun bisnis kamu secara berkala untuk mengetahui jenis konten yang paling disukai, tren terkini yang diminati calon pelanggan, hingga promo yang banyak dicari. Dengan begitu, bisnis online yang kamu jalankan pun semakin berkembang.

10. Bersabar

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan, bersabarlah karena semua hal yang kamu lakukan tidak akan membuahkan hasil secara instan. Teruslah berinovasi dengan bisnis yang kamu jalankan supaya makin banyak audiens yang tertarik dengan produk dan manfaat yang kamu tawarkan.

Demikian penjelasan terkait cara membuat akun Instagram untuk jualan beserta langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan penjualan. Ingin menaikkan penjualan dengan tool yang lengkap? Coba aplikasi Koala di sini!