Kunci Sukses Membuat Kata-Kata Jualan Online di Facebook

29 Maret 2022

Facebook masih menjadi media sosial populer dengan banyak pengguna di Indonesia. Sampai Juli 2021, menurut data dari Statista, pengguna Facebook di negeri ini sudah mencapai 140 Juta jiwa. Melihat angka sebesar itu, jelas ia jadi sarana yang potensial untuk bisnismu. Tak usah khawatir jika masih bingung untuk membuat kata-kata jualan online di Facebook karena kamu akan mendapatkannya di sini.

Bermain-main dan menjelajahi Facebook sangat menyenangkan. Kamu bisa menemukan banyak hal di sana, termasuk akun-akun bisnis, dalam hal ini bisnis online. Jika bicara sebagai media bisnis, Facebook sudah seperti sebuah pasar besar dengan berbagai pedagang mengadu keuntungan.

Selain menjangkau pasar di Indonesia, Facebook juga memungkinkan bisnismu dilirik pasar luar negeri. Apalagi, jika produk-produk yang ditawarkan merupakan benda-benda kerajinan tangan yang estetik dan jarang ditemukan di luar negeri. Untuk dapat menembus pasar luar negeri, kemampuan berbahasa Inggrismu tentu harus ditingkatkan.

Selain mengikuti kursus bahasa Inggris untuk kepentingan bisnis, kamu juga bisa memperluas jaringan di pasar Indonesia, salah satu caranya menggunakan atau membuat kata-kata promosi yang menarik dan tepat sasaran. Kalimat promosi yang sesuai strategi dapat bantu meningkatkan pendapatan bisnis jualan online-mu. Sebelum itu, ketahui dulu apa saja keunggulan Facebook untuk berbisnis berikut ini.

Keunggulan berbisnis menggunakan Facebook Page

Beberapa keunggulan berbisnis melalui Facebook membuat platform ini masih menjadi pilihan utama untuk memulai berjualan secara online. Kehadiran Facebook Page dengan berbagai fiturnya memang disediakan dengan tujuan komersial. Apalagi, kamu juga bisa mempromosikan berbagai produkmu di sini secara cuma-cuma. Lalu, apa saja keunggulan bisnis menggunakan Facebook Page?

1. Audience tidak terbatas

Dengan menggunakan Facebook Page untuk berbisnis, kamu akan mendapatkan jumlah audience atau fans yang tidak dibatasi pada angka tertentu. Dengan kelonggaran semacam ini, kamu bisa mengiklankan produkmu ke lebih banyak calon pelanggan. Semakin banyak pengguna Facebook yang mengetahui page-mu, makin luas juga jangkauan bisnismu.

2. Bisa unggah video berdurasi panjang

Selain kata-kata jualan atau promosi yang harus bagus, kamu juga bisa mengiklankan produk-produkmu menggunakan video. Asyiknya, video yang bisa diunggah di Facebook Page tidak terbatas durasi. Untuk itu, manfaatkan keunggulan ini dengan membuat video promosi yang kreatif serta padat informasi!

3. Beriklan sesuai target

Keunggulan lain berbisnis menggunakan Facebook Page adalah kamu akan mendapat calon pembeli potensial karena bisa beriklan sesuai target pasar, terutama jika yang kamu pakai adalah Facebook Page berbayar. Facebook Page berbayar memungkinkanmu untuk menentukan target pasar sehingga produk-produkmu akan diiklankan pada calon pembeli potensial.

4. Leluasa mengulas produk

Deskripsi produk adalah elemen penting yang tidak boleh disepelekan dalam berjualan online. Semakin rinci deskripsi produk yang kamu jual, pembeli akan semakin yakin untuk membeli. Dengan Facebook Page, kamu bisa mengulas produk sepanjang apa pun. Jangan lupa untuk menyiapkan kata-kata jualan online di Facebook Page-mu dengan baik, ya!

5. Kualitas foto tidak berubah

Selain kalimat promosi, berjualan online juga membutuhkan kualitas foto yang bagus. Foto dalam bisnis online adalah keharusan, poin utama yang dapat berpengaruh pada laris tidaknya sebuah produk. Menggunakan media foto kamu bisa memperlihatkan wujud dan kualitas barang pada calon pembeli. Facebook Page unggul dalam hal ini karena tidak mengubah kualitas foto yang kamu unggah.

6. Fitur insight

Facebook Page dilengkapi dengan fitur insight yang dapat membantumu memantau perkembangan bisnis online-mu. Fitur insight akan memberikan info mengenai jumlah dan grafik komentar, view, dan share. Dengan mengetahui hal-hal ini, kamu bisa mengetahui jenis-jenis postingan seperti apa yang disukai pelanggan dan menarik perhatian serta minat mereka.

 

Tips membuat kata-kata jualan online di Facebook

Setelah mengetahui keunggulan berjualan menggunakan Facebook, khususnya Facebook Page, berikut ini tips mengenai cara membuat kata-kata jualan online di Facebook. Kamu bisa menjadikannya sebagai inspirasi atau ide yang bisa dikembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan bisnismu.

1. Gunakan kalimat yang mengundang interaksi

Pengguna Facebook dibedakan berdasarkan beberapa kriteria. Salah satunya adalah orang yang senang menjalin hubungan. Pengguna Facebook dengan kriteria seperti itu akan senang berinteraksi atau menanggapi postingan-postingan pengguna lain. Bagi mereka, berinteraksi di Facebook seperti kelanjutan interaksi di kehidupan nyata bersama teman atau keluarga.

Oleh karena itu, kamu bisa menyusun kata-kata untuk jualan online di Facebook yang sifatnya mengundang interaksi. Kamu bisa sertakan beberapa pertanyaan yang masih terkait dengan produk yang sedang kamu promosikan. Kamu juga bisa ajak audience berbagi pengalaman dan pendapat.

2. Buat kalimat lucu dan personal

Menggunakan kalimat lucu dan bersifat personal saat menjual barang di Facebook bisa bantu meningkatkan penjualan. Untuk membuatnya, kamu tentu memerlukan kreativitas. Nah, cara paling mudah yang bisa kamu lakukan adalah menyertakan beberapa penggal pantun yang lucu, tetapi masih berhubungan dengan produkmu.

Memakai kalimat yang bernada personal, calon pembeli akan merasa dekat dan dimengerti olehmu. Untuk membuatnya, posisikan dirimu berada di posisi calon pembeli. Ketahui keluhan-keluhan mereka, lalu berikan solusi yang ditawarkan produkmu.

3. Buat orang penasaran

Membuat orang penasaran adalah trik penjualan paling umum. Kamu bisa memakainya saat beriklan di Facebook. Caranya, buat semacam sneak peek sebelum meluncurkan produkmu secara utuh. Ajak audience menebak-nebak dengan menggunakan kalimat provokatif atau ajakan. Misalnya, awali dengan kalimat memancing seperti, “Apakah aku?” atau “Coba tebak!”

4. Gunakan isu yang sedang panas

Setiap harinya media sosial selalu diramaikan dengan isu-isu tidak terduga. Sebagai pelaku bisnis online, kamu harus mulai peka terhadap isu-isu yang sedang ramai atau viral tersebut. Ia dapat digunakan sebagai alat yang bisa menaikkan engagement postinganmu secara cepat.

Untuk bisa menggunakan isu yang sedang panas menjadi bahan tulisan jualan atau promosi, tentu dibutuhkan kreativitas. Kalau tidak tepat menggunakannya, kalimat promosimu malah bisa terkesan memaksa dan sekadar numpang tren. Jadi, sekiranya isu viral yang panas tidak related dengan target pasar dan produkmu, tidak usah dipaksakan.

5. Pakai kalimat solutif

Tips membuat kata-kata jualan online di Facebook selanjutnya yaitu mengandung kalimat yang bersifat solutif. Selain harus informatif, kamu juga bisa menjelaskan manfaat-manfaat atau kegunaan utama produkmu. Misalnya, kamu menawarkan jasa bersih-bersih rumah atau setrika keliling, kata-kata untuk mempromosikan bisnismu bisa dimulai dengan kalimat provokatif berisi solusi. Misalnya, “Masa ketemu camer bajunya kusut? Batal dapat restu atau serahkan pada ahlinya!”

Kata-kata jualan online di Facebook akan memberikan dampak besar jika kamu melakukan riset terhadap audience atau target pasar. Untuk itu, ketahui kriteria dan kebutuhan mereka sebelum mengeksekusinya menjadi kalimat promosi yang ciamik.

Dengan begitu, bisnismu akan semakin berkembang. Menjalankan bisnis harus sabar karena prosesnya cenderung pelan. Tetapi, jika ulet dan tekun, lama-lama juga kamu akan terbiasa membuat kata-kata online jualan di Facebook. Penulisanmu semakin luwes dan mudah dapat ide karena jam terbang tinggi. Bagaimana? Sudah tergambar strategi penulisan kalimat promosi yang ideal? Jika butuh saran lainnya, kamu bisa kunjungi Koala.