Hal-Hal yang Diperhatikan dalam Template Feed Instagram

4 Agustus 2022

Kamu pasti sering melihat template feed Instagram kalau kamu melihat profil para influencer di Instagram. Apa penting memakai template feed Instagram untuk profil Instagram kita? Jawabannya penting penting enggak. Kenapa begitu? Karena mempunyai template feed Instagram bagi kita yang bekerja dekat dengan Instagram, hal itu akan menjadi penting. Mengapa penting? 

Sebelumnya, kamu nggak mungkin nggak tahu Instagram dong. Instagram ini awalnya diluncurkan hanya untuk pengguna sistem operasi iOS saja. Kemudian pada 2012, Facebook mengakuisisi Instagram. Dengan total pengguna kurang lebih 1 milyar orang, Instagram merupakan salah satu media sosial terbesar di dunia. Demografi penggunanya pun beragam, mulai dari anak kecil, remaja hingga orang dewasa. Pengguna Instagram pun tersebar di seluruh dunia.

Instagram sendiri merupakan platform media sosial di mana tiap akun membagikan foto-foto pada platform mereka sendiri. Hal itu juga yang menjadi keunggulan Instagram. Fokus media sosial yang hanya fokus pada visual.

Beberapa orang lebih menyukai visual dibandingkan harus membaca kata-kata yang rumit ataupun banyak. Selain itu, sebuah gambar juga dapat menceritakan banyak hal. Bahkan selain Youtube, banyak para pengguna yang menjadi terkenal berkat konten-konten di Instagram. Belum lagi artis-artis terkenal dunia yang merambah Instagram karena para fans yang semakin tertarik dengan gambar yang mereka bagikan.

Baca Juga: Rekomendasi Hashtag IG Banyak Like yang Bisa Digunakan

 

Aspek-Aspek Penting untuk Berjualan di IG

Oleh karena itu, konten di Instagram pun beragam. Mulai dari kehidupan pribadi, informasi, hingga tempat berjualan. Traffic Instagram yang tinggi membuat Instagram menjadi salah satu media sosial paling menarik bagi brand untuk memasarkan produknya. Belum lagi memakai influencer ataupun key opinion leader sebagai untuk memasarkan produk mereka. 

Instagram menjadi sebuah pasar yang besar dengan beragam pengguna yang dimiliki. Nggak heran kalau brand besar biasanya menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk yang mereka punya. Hal itu juga yang akhirnya menginspirasi pemilik UMKM untuk berjualan di sosial media sebelum adanya e-commerce. Berikut adalah hal yang harus kamu perhatikan saat berjualan di Instagram.

  • Menjual Produk yang Potensial

Seperti berjualan online pada umumnya, kamu harus pintar dalam memilih produk untuk kamu jual. Kamu bisa melakukan riset tentang yang dibutuhkan orang-orang saat ini. Setelah itu kamu bisa mencari supplier dengan kualitas yang baik serta harga yang sesuai. Nantinya kamu bisa mengupload foto produk yang kamu jual.

Baca Juga: Rekomendasi Nama Online Shop yang Bagus di Instagram

 

  • Menggunakan Akun Bisnis

Kamu juga dapat menggunakan akun bisnis Instagram jika kamu memerlukannya. Hal ini akan sangat membantu kamu untuk mengembangkan bisnis kamu, apalagi jika kamu serius menggunakan Instagram untuk berjualan. Banyak fitur yang akan kamu dapatkan, seperti Instagram Insight, Instagram ads serta katalog untuk produk kamu. Pada Instagram Insights, kamu dapat mengetahui statistik pengunjung profil kamu. Dengan begitu, kamu akan terbantu untuk selanjutnya menentukan produk maupun konten yang ingin kamu buat.

  • Konten 

Meskipun kamu menggunakan Instagram untuk berjualan, ada baiknya jika kamu memasukkan konten lainnya pada feed Instagram kamu. Kenapa? Dengan begitu, pengunjung bisa saja tertarik dengan konten kamu baru kemudian berbelanja di toko kamu. Lebih baik jika konten yang kamu sajikan relevan dengan bisnis dan produk yang kamu jual.

  • Template Feed Instagram

Setelah mempunyai konten yang menarik, kamu dapat mempercantiknya dengan mempunyai template feed Instagram. Kenapa perlu? Selain konten yang menarik, para pengguna juga tertarik melihat feed seseorang dengan template yang sama dan estetik. Apalagi Instagram merupakan media sosial yang penuh dengan visual. Lihat saja konten kreator dan influencer Instagram kenamaan. Biasanya mereka mempunyai template feed Instagram tertentu yang mereka gunakan. Dengan begitu, profil juga akan terlihat rapi dan estetik.

template feed Instagram penting untuk kamu gunakan tentunya untuk keperluan visual. Saat orang-orang melihat profil Instagram, mereka akan melihat feed seseorang. Semakin menarik konten dan feed yang terlihat di thumbnail, kemungkinan mereka untuk mengikuti profilmu semakin besar. Apalagi jika kamu berjualan, hal tersebut akan menjadi pengaruh yang baik, Oleh karena itu, semakin banyak online shop yang menggunakan template feed Instagram agar profilnya semakin estetik. 

 

Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Membuat Konten Instagram?

Berikut adalah hal yang kamu harus perhatikan dalam membuat template feed Instagram untuk konten Instagram-mu:

1. Tema untuk Instagram Feed

Kamu harus mempunyai tema yang kamu gunakan untuk Instagram kamu. Yang termasuk dalam tema tersebut juga nantinya mencakup warna dan layout. Jika kamu sudah mempunyai logo pada bisnismu, kamu bisa menggunakan warna dan font yang kamu gunakan untuk diaplikasikan pada template feed Instagram milikmu.

Profil dan feed Instagram merupakan salah satu hal yang bisa merefleksikan identitas bisnis kamu. Dengan menggunakan warna yang senada, pengunjung Instagram kamu akan lebih mudah untuk mengenali brand kamu.

2. Memakai Foto dengan Resolusi Tinggi

Akan percuma jika kamu dengan memakai warna dan layout yang menarik pada template feed Instagram kamu jika foto yang kamu gunakan tidak mempunyai resolusi yang baik. Pada masa  sekarang, kamu bisa menggunakan kamera HP untuk mengambil gambar yang baik. Belum lagi banyak aplikasi edit foto yang bisa kamu gunakan. Dengan begitu, kualitas konten juga semakin bertambah baik dan membuat para pengunjung Instagram-mu tertarik.

3. Konsisten

Menggunakan template feed Instagram berarti kamu harus konsisten. Baik dalam mengunggah konten maupun penggunaan template. Dengan mengunggah konten yang konsisten, konten kamu akan muncul secara berkala di timeline orang-orang yang mengikuti profil kamu. 

Sementara itu, penggunaan template feed Instagram yang konsisten, thumbnail profil kamu akan terlihat jauh lebih rapi. Biasanya, ketika kamu menggunakan aplikasi edit foto, kamu menggunakan sebuah preset tertentu. Simpan preset tersebut untuk konten-konten kamu yang lain. Dengan begitu, konten kamu tidak hanya terlihat rapi, namun juga senada secara visual.

4. Mengatur Komposisi Visual

Komposisi juga penting saat kamu membuat template feed Instagram kamu. Kamu bisa menentukan antara tulisan dan gambar pada post Instagram kamu. Pastikan keduanya memiliki porsi yang cukup agar nyaman dibaca dan dimengerti oleh pengunjung. Pastikan gambar yang disajikan mempunyai porsi yang lebih besar agar bisa menarik minat pengunjung untuk membuka post tersebut.

5. Menggunakan Aplikasi Penyedia Template

Jika tidak mempunyai waktu yang cukup untuk membuat template feed Instagram, kamu bisa menggunakan aplikasi atau situs penyedia template feed Instagram. Kamu bisa mengatur komposisi, serta menentukan warna yang ingin kamu gunakan. Salah satunya adalah menggunakan Canva. Selain itu, kamu juga bisa memakai foto-foto yang tersedia di Canva untuk membuat konten tertentu.

Baca juga: Tips Berjualan di Instagram


Nah itu tadi sedikit pembahasan mengenai template feed Instagram. Kamu bisa menggunakannya untuk mempercantik profil Instagram online shop kamu. Kamu juga bisa mengaplikasikannya untuk penggunaan Instagram pribadi.

Sementara kalau kamu membutuhkan aplikasi yang bisa membantu kamu mempermudah jualan online, kamu bisa banget pakai Koala. Dengan Koala, bales chat konsumen sampai kirim barang bisa dari satu aplikasi. Kalau kamu penasaran,  kamu bisa cek Koala App.