6 Cara Jualan di IG untuk Pemula dan Keuntungannya

13 Juni 2022

Cara jualan di IG kini mesti kamu pelajari, lho! Sebab, media sosial satu ini terbilang sangat populer dan ternyata cara jualan di sana juga tidak serumit kamu pikirkan.

Dengan mengetahui cara jualan di IG, maka bisnis kamu bisa terus berlanjut dan berkembang. Apalagi kini algoritma Instagram terus berubah-ubah. Jika salah strategi, mungkin saja jualan kamu tidak akan muncul atau dilihat oleh pengguna Instagram lainnya.

Cara Jualan di Instagram

Berikut untuk cara jualan di IG untuk pemula yang mudah diikuti dan keuntungannya. 

1. Membuat Instagram Menjadi Akun Bisnis

Cara jualan di instagram bisa dimulai dari langkah ini. Namun, pertama-tama, kamu harus membuat akun Instagram Business terlebih dahulu. Akun bisnis Instagram adalah akun khusus dengan banyak fitur bisnis penting yang tidak tersedia untuk pengguna biasa.

Fitur-fitur ini meliputi yaitu belanja instagram. Dengan fitur ini, kamu dapat membuat listingan produk, menandai produk di feed atau story kamu, dan menautkan ke situs web untuk calon pembeli. 

Lalu terdapat juga fitur iklan instagram atau yang biasa disebut ads. Kamu dapat beriklan di Instagram dengan berbagai cara. Buat iklan yang menarik, jangkau pemirsa di seluruh dunia, dan dapatkan analisis tentang kinerja iklan.

Terdapat juga fitur insight Instagram. Kamu bisa mengetahui data tentang pengunjung kamu, jumlah orang yang melihat postingan, tingkat keberhasilan postingan, segmentasi demografis, dan jumlah pengikut baru.

2. Melihat Target Pasar

Kemudian, tips selanjutnya yang bisa dilakukan untuk menjual produk di Instagram yakni menentukan target pasar. Caranya, dengan mengetahui produk atau jasa apa yang sedang diminati atau dibutuhkan pembeli dalam jangka panjang.

Hal ini penting dilakukan untuk menentukan metode promosi sehingga menarik perhatian pelanggan. Selain itu, cara ini juga bisa menghemat tenaga dan modal karena telah mengetahui produk dan jasa yang diperjualbelikan

3. Membuat Konten Jualan

Pebisnis yang baru pertama kali belajar berjualan di Instagram seringkali mengabaikan beberapa hal penting, seperti menentukan konten yang harus diposting, foto profil hingga memilih nama akun yang tepat.

Padahal beberapa hal tersebut penting loh, agar jualan kamu semakin mudah dikenali orang. Dengan nama akun dan profil yang menarik, pasti orang akan percaya untuk membeli produk jualan kamu. 

Selain itu, jangan lupa membuat konten, bisa berupa foto atau video atau reels untuk mempromosikan keunggulan produk kamu. 

4. Memberikan Diskon dan Promo

Promosi lain yang dapat dilakukan untuk meningkatkan bisnis online melalui Instagram adalah dengan memberikan diskon atau promosi kepada pembeli. 

Ini cara jualan di IG yang bisa meningkatkan pendapatan penjualan. Saat mempromosikan produk yang dijual, pastikan kamu benar-benar mengetahui siapa target pelanggan atau pembeli produk atau jasa kamu.

5. Memperbanyak Followers

Cara memperbanyak followers ini penting kamu ketahui saat berjualan di Instagram. Cara yang bisa dilakukan adalah rajin melakukan poting instagram dan membuat feed yang menarik. 

Selain itu, kamu juga bisa membuat konten menarik yang bisa meningkatkan interaksi antara kamu dan pengguna instagram lainnya. Pastikan konten yang kamu buat cocok untuk audiens kamu, ya.

6. Menggunakan Hastag

Cara terbaik jualan di IG  untuk mendapatkan pelanggan baru secara gratis adalah dengan menggunakan hashtag yang sedang viral atau hits. 

Kamu mungkin berpikir bahwa lebih banyak tagar dalam teks akan membuat profil lebih mudah ditemukan. Padahal, terlalu banyak hashtag memberi kesan “sampah” dan bisa mengganggu calon pelanggan.

Ingat aturan utama berikut untuk menggunakan tagar agar profil kamu ditemukan dengan benar. Daripada menggunakan banyak hashtag yang tidak jelas, lebih baik menggunakan beberapa hashtag yang umum dicari dan diikuti agar lebih efektif dan terlihat profesional. 

Hashtag yang digunakan harus relevan dengan konten yang dibagikan, bukan hanya brand atau target audiens.

Keuntungan Jualan di IG

1. Promosi Menjadi Lebih Mudah

Manfaat pertama jualan di IG adalah mudah untuk mempromosikan produk kamu. Apalagi instagram digunakan oleh jutaan orang di dunia, sehingga kesempatan untuk produk dikenal orang jadi lebih besar. 

Pilih postingan yang ingin kamu jalankan sebagai iklan dan pilih jenis audiens yang akan melihat iklan tersebut di masa mendatang. 

Tentunya seiring berkembangnya bisnis, kamu tidak perlu ragu untuk mengalokasikan anggaran untuk mempromosikan produk atau jasa. Iklan akan muncul di mana-mana, bahkan kepada pengguna yang tidak mengikuti akun bisnis kamu sesuai dengan tujuan yang kamu tetapkan.

2. Jangkauan Calon Pelanggan Menjadi Lebih Banyak

Akun bisnis Instagram lebih unggul daripada akun pribadi karena jangkauannya yang luas. Saat memasarkan produk melalui media sosial ini, orang akan lebih tertarik karena akun bisnis Instagram terkenal lebih profesional dan menjanjikan.

Tentu saja, kamu tidak dapat mengubah akun bisnis ke mode privat karena hal itu menggagalkan tujuan pembuatan akun bisnis. 

Akun bisnis juga harus ditautkan ke Halaman Facebook untuk lebih memperluas jangkauan. Respons terhadap konten yang kamu kirimkan dan potensi interaksi dengan pengguna lain juga bisa meningkat.

3. Waktu untuk Pemasaran Lebih Efektif dan Efisien

Kamu dapat memeriksa waktu terbaik untuk mengunggah posting di Instagram. Fitur Insights dapat digunakan untuk melihat hari dan jam yang bagus untuk memposting konten jualan kamu.

Analisis target pasar juga dapat dilakukan dengan company profile. Fitur wawasan membantu mengidentifikasi data pengikut profil dan merampingkan manajemen konten.

4. Terdapat Kontak dan Alamat

Tidak seperti akun pribadi, profil bisnis dapat menampilkan informasi kategori bisnis di bawah nama profil. 

Di dalam instagram penting sekali mencantumkan kontak dan alamat bisnis kamu. Ini akan membantu jika sewaktu-waktu ada seseorang yang ingin mengajak bekerja sama atau menawarkan endorse. 

Oleh karena itu, akun bisnis tidak hanya cocok untuk berdagang, tetapi juga untuk profesi lain, seperti influencer.

Bagaimana Cara Jualan Instagram Bagi Pemula Supaya Lebih Efektif?

Menawarkan produk atau jasa melalui Instagram memang tidak mudah dan cenderung sangat kompetitif, namun bukan tidak mungkin.

Dengan catatan, selama kamu mau terus belajar dan memperbaiki kekurangan yang ada dari strategi saat ini dan tidak berhenti mengevaluasi perkembangan akun bisnis online Instagram kamu, kesuksesan akan datang.

Gunakan juga media sosial lain seperti Youtube, Facebook dan juga website kamu sendiri untuk mengembangkan bisnis kamu. 

Kamu juga bisa memanfaatkan Aplikasi Koala untuk mempermudah pengelolaan bisnis kamu, mulai dari transaksi, membalas chat yang masuk, mengecek ongkir, hingga mengirim barang. 

Kamu cukup menggunakan satu aplikasi untuk semua menjalankan semua bisnis yang sedang kamu rintis.