Yuk, Ikuti Tahap Berikut Jika Ingin Buka Toko Baju Distro

7 September 2022

Pada pertengahan 2000an, toko baju distro cukup menjamur di Indonesia. Bahkan pada masa itu, toko baju distro menjadi salah satu tempat favorit untuk dituju oleh para kawula muda. Mungkin bisa dibilang, toko baju distro menjadi tempat gaul kala itu. Daerah-daerah seperti Tebet ataupun Blok M merupakan daerah toko baju distro yang ramai dikunjungi. Bahkan tak jarang toko baju distro menjual tiket-tiket festival musik kala itu. Hal tersebut membuktikan bahwa toko baju distro kala itu juga merupakan bagian dari budaya saat itu.

Semakin majunya zaman membuat teknologi semakin berkembang. Semakin banyak transaksi yang terjadi secara online seperti membeli ataupun menjual barang. Apalagi biaya serta tenaga yang dikeluarkan semakin sedikit sehingga orang tidak membuang ongkos dan waktu untuk membeli suatu barang. Makin menjamurnya jual beli online juga tidak lepas dari keadaan pandemi. Mobilitas yang terbatas membuat masyarakat memutar otak untuk mencari uang, salah satunya adalah berjualan online.

Jual beli online juga memberikan dampak pada toko-toko fisik. Kemudahan yang didapatkan dari membeli barang secara online membuat toko fisik sudah mulai digunakan pembelinya. Tapi tak berarti toko fisik tidak mempunyai daya tarik tersendiri. Toko baju distro, misalnya. Masih tetap ada bagian pelanggan yang mendatangi toko baju distro untuk membeli baju. Pasalnya, baju yang dibeli secara online belum tentu ukurannya cocok. Belum lagi jika pembeli ingin membeli barang dengan kriteria tertentu. Maka transaksi mendatangi toko fisik akan jauh lebih aman dibandingkan dengan membeli secara online. 

Itulah mengapa masih banyak toko fisik yang berdiri di tengah gempuran bisnis online. Karena memang masih ada peminatnya. Namun, para pedagang harus terus beradaptasi karena perkembangan semakin pesat. Pedagang barang tertentu harus mempunyai toko online juga agar tidak ketinggalan. Dengan begitu, jangkauan yang diraih tidak hanya seputar pelanggan setia saja, namun juga pelanggan-pelanggan baru yang potensial

Baca Juga: Ragam Ide Jualan Online Shop Menjanjikan Tanpa Ribet

Toko baju distro juga menjadi salah satu bisnis yang sering diminati. Bagaimana tidak, bahkan kaos polos dengan desain menarik dapat laku terjual. Apalagi pakaian adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus selalu dipenuhi. Munculnya platform seperti Instagram dan Tiktok juga membantu seseorang dengan gaya berpakaian unik menjadi viral dan terkenal. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memulai langkah untuk memulai bisnis distro. 

 

Langkah-langkah Memulai Bisnis Toko Baju Distro

  • Menentukan Modal

Hal paling penting dari berbisnis adalah modal. Akan sangat sulit berjalan jika kamu tidak memiliki modal di awal meskipun itu tidak mustahil. Yang lebih penting adalah bagaimana kamu memanfaatkan modal tersebut sebaik mungkin. Rencana dengan eksekusi yang baik akan membantumu menggunakan modal tersebut dengan efektif dan efisien. Pastikan juga kamu mempunyai rencana dan modal hingga setidaknya 3 bulan ke depan. Kamu juga dapat bekerjasama dengan beberapa teman kamu yang memiliki visi yang sama agar modalnya dapat dibagi secara rata.

  • Memilih Konsep 

Setiap bisnis harus mempunyai konsep agar dapat dengan berjalan dengan baik. Kalau kamu hanya ingin menjual baju apa saja di toko baju distro konsep kamu tidak berjalan dengan baik. Dengan mempunyai tema tertentu, kamu dapat memberi pasar untuk target tertentu. Kamu perlu memilih target pasar yang ingin kamu tuju, seperti usia tertentu ataupun seseorang dengan selera fashion tertentu. Memilih niche market juga bisa memberikan kelebihan sendiri bagi toko baju distro milikmu. 

  • Pilih Model Bisnis

Kemajuan teknologi membuat memulai bisnis menjadi jauh lebih mudah. Begitu pula halnya dengan menjual pakaian. Kamu bisa menentukan memilih apakah kamu ingin memulai lini pakaianmu sendiri atau justru menjadi reseller dari produk ternama. Kedua hal tersebut mempunyai plus minusnya sendiri. Menjadi reseller berarti kamu tidak perlu terlalu repot membangun brand image sedangkan menjual pakaian buatanmu berarti kamu bisa menekan pengeluaran serta mencurahkan kreatifitasmu. Kamu bisa pilih bisnis yang lebih cocok untukmu secara gaya bisnis maupun biaya yang dikeluarkan.

  • Pintar-pintar Mencari Lokasi

Hanya karena kamu ingin cepat memulai berjualan jangan sampai kamu jadi gegabah. Setelah kamu telah menentukan target market yang ingin kamu tuju, kamu juga harus mengaplikasikannya dalam pemilihan lokasi toko baju distro kamu. Kamu dapat membuka toko di dekat lokasi nongkrong anak muda agar kamu dapat menarik perhatian anak muda yang menjadi target.

  • Menjual Online

Meskipun kamu mempunyai toko baju distro, akan lebih baik jika kamu juga melakukan penjualan secara online. Banyaknya pengguna smartphone dari anak kecil hingga lansia membuat penjualanmu akan jauh lebih luas cakupannya secara online. Kamu bisa melakukan penjualan via media sosial dan e-commerce. Kamu hanya perlu memberikan info yang detail agar para pengunjung tidak melakukan komplain nantinya. Selain itu, kamu hanya bisa menggunakan aplikasi untuk menghandle transaksi tersebut.

  • Pilih Supplier

Baik jika kamu memutuskan untuk membuat brand sendiri atau menjadi reseller, kamu harus menentukan supplier yang tepat. Supplier yang tepat bukan hanya soal kepercayaan yang bisa kamu berikan pada mereka, namun juga perihal kualitas barang yang kamu inginkan. Biar bagaimanapun, hal tersebut bersinggungan dengan modal yang kamu keluarkan serta konsep yang kamu inginkan. Pastikan mereka mampu memenuhi standar yang sudah kamu tetapkan.

  • Gunakan Sablon Terbaik

Pastikan kamu mencari tempat sablon terbaik jika kamu memilih untuk membuat brand kamu sendiri. Karena hasil akhirnya bukan hanya berpengaruh pada penjualan kamu, namun juga brand image. Apalagi sudah makin banyak teknik dan alat sablon yang bisa digunakan. Jangan sampai karena kamu ingin menghemat biaya kamu jadi sampai mengorbankan kualitas baik dari sisi bahan maupun kualitas sablonnya.

  • Otentik

Karena kamu mempunyai bayangan pada konsep bisnis kamu, tentu pasti kamu juga sudah menentukan outputnya nanti. Pastikan jangan sampai meniru karya orang lain. Selain tidak etis, akan semakin mudah ketahuan dengan gencarnya sosial media. Pastikan kamu mempunyai ciri khas tertentu sehingga orang akan dapat mengingat dengan mudah pakaian jualanmu. Kamu bisa memulainya dengan mendesainnya sendiri ataupun bekerja sama dengan seseorang yang sudah mempunyai pengalaman di bidang tersebut.

  • Promosi yang Gencar

Setelah selesai melakukan eksekusi, kamu juga tidak lantas menunggu saja. Kamu juga harus menjemput bola. Kamu harus melakukan promosi baik di toko offline maupun online. Kamu dapat memberikan potongan harga untuk pembelian tertentu. Kamu juga bisa memberikan bonus hal-hal yang menarik seperti gantungan kunci ataupun stiker. Dengan begitu, orang juga akan semakin tertarik untuk melakukan pembelian di toko kamu.

Baca Juga: Tips Membuat Kata-kata Promosi Jualan Online biar Laris


Demikian penjelasan singkat mengenai toko baju distro serta langkah-langkah yang bisa kamu lakukan jika ingin membuka toko baju distro. Tapi selain hal-hal di atas, kamu juga perlu mempunyai manajemen yang tepat dan jangan sampai kewalahan. Kamu dapat menggunakan Koala jika kamu butuh bantuan untuk menangani transaksi toko online kamu. Cukup dari satu aplikasi, kamu bisa lebih santai untuk menangani toko online kamu. Tunggu apalagi, yuk pake Koala!