Contoh Usaha UMKM Terbaik yang Belum Banyak Pesaing

30 Desember 2022

Sebelum membangun usaha, penting untuk mencari contoh usaha UMKM terbaik. Tujuannya, untuk melihat seberapa besar peluangnya jika menjalankan usaha tersebut. Usaha dengan peluang menjanjikan bisa membuat kamu lebih mudah untuk membangun dan menjalankannya. Bahkan mendapatkan keuntungan tinggi sangat terbuka lebar. Lalu, apa saja contoh usaha UMKM terbaik dengan pesaing yang minim? Simak dibawah ini.

Inilah 8 Contoh Usaha UMKM Terbaik yang Belum Banyak Pesaing

1. Cloud kitchen

Contoh usaha ini masih sangat baru sehingga belum banyak dikenal oleh masyarakat. Konsep usaha cloud kitchen masih awam di telinga masyarakat tetapi sudah sangat populer di dunia kuliner. Cloud kitchen merupakan dapur bersama yang bisa digunakan oleh para pelaku usaha kecil dengan modal yang kecil.

Para pelaku usaha kuliner ini akan menyewa tempat pada penyedia cloud kitchen. Nantinya penyewa akan mendapatkan fasilitas yang cukup lengkap dalam satu biliknya. Usaha kuliner cloud kitchen hanya melayani pesan antar dan bukan makan di tempat. Tentu ini jauh lebih hemat.

2. Food Truck

Selain cloud kitchen, konsep usaha kuliner lainnya yang minim pesaing dan minim modal adalah food truck. Food truck sama seperti cloud kitchen karena sama-sama menawarkan makanan dengan sistem pesan antar dan tidak melayani makan di tempat.

Usaha kuliner satu ini cukup menarik dan lebih fleksibel karena food truck bisa berpindah-pindah tempat. Konsep usaha kuliner ini sering kali ditemukan pada beberapa event, seperti bazaar atau di lokasi khusus usaha kuliner.

3. Usaha Katering Sehat

Tidak bisa di pungkiri jika usaha kuliner memang sangat menjanjikan. Diantara usaha kuliner lainnya, usaha katering sehat ternyata masih minim pesaing. Usaha ini semakin naik daun karena tren pola hidup sehat terus berkembang di masyarakat. Kondisi ini mendorong permintaan akan makanan sehat semakin tinggi.

Semakin banyak orang yang peduli dengan kesehatan tubuh dan kebutuhan gizi membuat peluang usaha katering sehat semakin menjanjikan. Melihat peluangnya yang menjanjikan, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk membuka usaha katering sehat.

Baca Juga : Contoh Kerajinan Tangan yang Laku di Pasaran untuk Bisnis

4. Usaha Frozen Food

Contoh usaha UMKM terbaik yang belum banyak pesaing lainnya yaitu usaha frozen food. Di era pandemi seperti saat ini, permintaan akan produk frozen food semakin meningkat. Kecenderungan masyarakat yang malas ribet membuat frozen food menjadi pilihan tepat.

Ada banyak produk frozen food yang sering dicari, seperti sosis, bakso, nugget, steamboat, french fries dan sebagainya. Menariknya lagi, produk-produk tersebut dijual dengan harga yang terjangkau dan rasanya juga cukup enak.

5. Paket Sayuran

Trend pola hidup sehat yang semakin berkembang membuat konsumsi sayuran semakin meningkat. Hal ini membuat permintaan akan sayur-sayuran segar juga semakin tinggi. Selain sehat, sayuran juga mudah didapatkan dengan harga terjangkau.

Realita ini membuat potensi berjualan produk sayur-sayuran sehat dan berkualitas cukup menjanjikan. Jika begitu, tidak ada salahnya untuk memulai usaha ini. Usaha paket sayuran akan ramai pembeli jika produk sayuran yang dijual tidak disediakan oleh tukang sayur keliling. Kamu bisa memasarkan produk sayuran di media sosial.

6. Jual-Beli Barang Bekas

Usaha jual-beli barang bekas juga masih belum banyak pesaing. Jika kamu memiliki barang-barang yang sudah tidak dipakai tetapi masih bagus, sebaiknya jangan dibuang. Barang-barang tersebut masih sangat berharga karena bisa dijual kembali.

Barang-barang yang dijual pada usaha ini memang bekas tetapi masih bagus dan layak pakai. Terlebih lagi barang tersebut dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Meski begitu, usaha jual-beli barang bekas ternyata ramai peminat sehingga tidak pernah sepi dari pembeli.

Baca Juga : 5 Contoh Ide Usaha Rumahan Kreatif yang Dapat Dicoba!

7. Usaha Daur Ulang Kreatif

Untuk membangun usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar. Akan tetapi, keuntungan yang didapatkan sangat besar. Bagaimana bisa? Tentu sangat bisa karena kamu bisa memanfaatkan produk atau bahan baku bekas dan diolah menjadi produk dengan nilai jual tinggi.

Selain menghasilkan produk bernilai jual, usaha daur ulang kreatif bisa membantu mengurangi sampah dan berbagai produk yang tidak terpakai atau terbuang begitu saja. Bahan baku bekas yang bisa dimanfaatkan adalah botol, galon, kaleng susu, dan masih banyak lagi.

8. Usaha Jasa Titip (Jastip)

Usaha jastip berkembang sering meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk belanja tetapi tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke lokasi penjual atau lokasi penjual yang cukup jauh. Datang ke lokasi penjual tidak hanya membutuhkan banyak waktu tetapi juga banyak biaya.

Agar lebih hemat waktu, banyak orang yang lebih memilih menggunakan jasa titip untuk membeli barang atau produk sesuai spesifikasi yang diinginkan. Usaha jasa titip ini bisa dibangun dengan modal minim. Peluang keuntungan yang didapatkan cukup banyak tetapi kamu harus jujur dan kompeten agar konsumen bisa percaya.

Itulah informasi tentang contoh usaha UMKM terbaik yang belum banyak pesaing. Ide usaha UMKM tersebut bisa kamu jadikan referensi apabila ingin menjadi pengusaha sukses. Usaha-usaha UMKM yang disebutkan diatas bisa dibilang cukup mudah dijalankan. Terlebih lagi saat ini ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu menjalankan usaha.

Salah satu aplikasi yang bisa membantu kamu menjalankan usaha adalah Koala+. Dengan aplikasi ini, usaha bisa dijalankan dengan mudah. Kenapa demikian? Alasannya karena aplikasi tersebut dilengkapi dengan beberapa fitur canggih, seperti Broadcast Message yang berguna untuk menyebarkan promosi toko atau produk melalui pesan broadcast Whatsapp Business API.

Ada juga fitur Chatbot yang berguna membantu kamu membalas pesan pelanggan lebih cepat. Ada juga fitur Manajemen Produk & Transaksi yang berguna membantu kamu mengelola produk, transaksi maupun membuat website jualan yang sudah terintegrasi dengan Koala.