5 Contoh Ide Usaha Rumahan Kreatif yang Dapat Dicoba!

7 September 2022

Terdapat banyak ide usaha rumahan kreatif yang dapat kamu coba, apalagi di saat sekarang di mana orang-orang masih banyak yang bekerja di rumah atau work-from-home. Di sela-sela waktu luangmu, kamu bisa melakukan usaha rumahan yang berminim modal untuk menambah penghasilanmu. 

Dengan memilih contoh ide usaha rumahan kreatif yang tepat dan cocok dengan kemampuan dan ketertarikanmu, serta mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan ide usaha rumahan kreatif tersebut, kamu bahkan bisa menjadikan hal ini sebagai pekerjaan utamamu jika kamu merasa cocok menjadi seorang wirausaha!

Ingin tahu lebih lanjut apa saja yang bisa dikatakan sebagai ide usaha rumahan kreatif? Bagaimana cara memulai ide usaha rumahan kreatif? Apa kekurangan dan kelebihan dari berbagai ide usaha rumahan kreatif? Yuk, ketahui lebih lanjut dengan baca artikel ini untuk mengenal lebih jauh tentang ide usaha rumahan kreatif!

Mengenal Pengertian dari Ide Usaha Rumahan Kreatif

Ide usaha rumahan kreatif secara harfiah adalah semua jenis dan unsur usaha, seperti fasilitas, produksi, dan distribusi dalam industri seni, desain, budaya, serta inovasi apapun yang lokasinya bertempat di rumah pemilik sang usaha. Ide usaha rumahan kreatif telah berkembang dan dilakukan oleh banyak orang apalagi semenjak awal pandemi COVID-19 terjadi karena banyak orang yang telah beralih ke banyak ide usaha rumahan kreatif sebagai pekerjaan utama mereka karena keefisiensinya dalam bekerja di rumah. 

 

5 Contoh Ide Usaha Rumahan Kreatif

 

1. Bisnis Makanan

a.Usaha Camilan Unik

Ide usaha rumahan kreatif bentuk camilan unik dapat menjadi salah satu contoh yang bagus karena semakin maraknya berbagai camilan-camilan unik dengan berbagai bentuk dan rasa yang sedang populer sekarang. Perlu diperhatikan kalau usaha camilan unik ini harus dilengkapi dengan ide-ide kreatif yang belum pernah dilakukan sebelumnya agar menarik konsumen yang banyak. 

b. Usaha Katering

Untuk membuat usaha katering sebagai ide usaha rumahan kreatif perlu persiapan yang tepat seperti sumber daya manusia yang cukup dan waktu yang cukup memakan banyak. Namun dengan kreativitas dan keragaman jenis makanan katering, ide usaha ini dapat dijalankan dengan baik.

 

Baca Juga: Rekomendasi Nama Online Shop yang Bagus di Instagram

 

2. Bisnis Game Online

a. Usaha Jualan Voucher Game

Dengan maraknya game online yang dimainkan oleh banyak kalangan, menjual voucher game online merupakan ide usaha rumahan kreatif yang dapat dilakukan karena banyak pemain yang tertarik untuk mengeluarkan uang untuk game online yang mereka mainkan. Hal ini bisa dilakukan untuk pemain game online di Android maupun iOS dan usaha ini bisa dijual melalui marketplace-marketplace yang ada.

b. Usaha Joki Game Online

Selain menjual voucher game, kamu juga bisa membuka ide usaha rumahan kreatif seperti membuka joki game online. Hal ini bisa kamu lakukan dengan memainkan game online para players dan melakukan berbagai event atau quest dalam game tersebut atau merawat akun game online mereka. Namun untuk melakukan hal ini, kamu harus menguasai dahulu game online tersebut.

 

3. Bisnis Freelancer

a. Usaha Penulis Lepas 

Usaha ini cocok untuk kamu yang suka menulis dan ingin menuangkan bakat menulisnya ke sesuatu yang menghasilkan. Kamu bisa menulis untuk memasarkan produk orang-orang. Namun, usaha ini membutuhkan ketekunan yang cukup tinggi.

b. Usaha Desain Grafis Freelance

Selain menulis, jika kamu punya skill membuat desain grafis, kamu juga bisa membuka jasa edit atau membuat desain grafis freelance online. Hal ini mirip dengan usaha menulis freelance di mana kamu butuh ketekunan yang cukup tinggi untuk memasarkan produk atau jasa orang lain dengan bentuk desain grafis.

 

4. Bisnis Jual Produk

a. Usaha Jual Tanaman

Dari banyaknya produk yang dijual, kamu bisa menjual tanaman secara online karena masih dapat dihitung jarang orang yang menjual tanaman secara online. Kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk memasarkan jualan tanaman untuk para peminat tanaman hias.

b. Usaha Thrift Shop

Walaupun hal ini bukan yang ide usaha rumahan kreatif yang baru, thrift shop masih banyak digemari oleh orang banyak. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk ikut menjual berbagai pakaian dan pernak-pernik thrift shop secara online. Keuntungan yang didapat pun tidak kalah besar dengan usaha lainnya.

Baca Juga: Ini Alasan Bisnis Ritel adalah Bisnis yang Cocok Untukmu

 

5. Bisnis Jasa Kursus

a.Usaha Kursus Sekolah Online

Untuk kamu yang gemar atau memiliki hobi mengajar, kamu bisa buka jasa kursus online di mana kamu bisa membuka kelas online untuk mengajar siswa-siswi secara online tentang materi-materi sekolah. Hal ini juga dapat dilakukan bersama teman-temanmu yang memiliki hobi yang sama.

b. Usaha Kursus Skill Online

Selain membuka kursus sekolah online, kamu juga bisa membuka jasa kursus kelas online tentang skill-skill yang kamu punya, seperti kursus menjahit, memasak, atau skill-skill lainnya yang masih banyak lagi. Mengajari orang lain tentang hobimu merupakan kegiatan yang menyenangkan dan seru.

 

Kelebihan dan Kekurangan Berbagai Ide Usaha Rumahan Kreatif

Usaha rumahan ini memiliki berbagai manfaat dan kelebihan yang dapat mempermudah kehidupan karier kamu. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa usaha rumahan memiliki beberapa kekurangan juga. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari memiliki ide usaha rumahan kreatif

Kelebihan Ide Usaha Rumahan Kreatif

  1. Tidak ada lagi terjebak dalam perjalanan yang macet dan hiruk piruk ibukota. 
  2. Mengatur sendiri jam kerja dengan cara yang fleksibel.
  3. Tidak perlu memikirkan pengeluaran untuk menyewa lokasi bisnismu.
  4. Membantu kita menjadi kreatif dengan ide-ide bisnis rumahan yang kita punya.
  5. Mengukur sendiri keperluan usaha bisnis yang kita miliki.
     

Kekurangan Ide Usaha Rumahan Kreatif

  1. Usaha rumahan kadang membuat kita merasa terisolasi / sepi.
  2. Perlu negosiasi dan adaptasi dengan lingkungan sekitar rumah kita.
  3. Perlu navigasi yang cukup jelas agar pelanggan dapat mengetahui lokasi usaha rumahan kita.

 

Pertimbangan Secara Umum untuk Merealisasikan Ide Usaha Rumahan Kreatif

Agar kamu makin memantapkan hati untuk membuka usaha rumahan, nah berikut adalah beberapa alasan yang bisa jadi bahan pertimbangan agar kamu dapat memulainya!

  1. Mengurus urusan legalitas untuk usaha rumahan kamu.
  2. Memperhatikan kesesuaian lingkungan dan penampilan usaha rumahan kamu.
  3. Persetujuan dari dalam orang rumah sendiri.
  4. Kesesuaian gaya kerja diri kamu dengan gaya kerja usaha rumahan.

 

Nah, itulah 5 contoh ide usaha rumahan kreatif yang dapat kamu coba di masa yang masih belum sepenuhnya bebas dari pandemi ini. Asal ada niat dan tekad yang kuat, kamu bisa kok membangun bisnis, meski hanya di rumah saja secara online.

Agar usaha rumahan online-mu dapat dikelola secara efektif, manfaatkan aja layanan dari aplikasi KOALA! Aplikasi KOALA punya berbagai fitur yang dapat membantumu mengelola bisnis online-mu hanya dengan satu aplikasi ini saja, seperti mengatur transaksi, membalas chat dari pelanggan, hingga membuat website jualan juga!