Contoh Kerajinan Tangan yang Laku di Pasaran untuk Bisnis

10 Oktober 2022

Kerajinan tangan yang laku di pasaran saat ini banyak digeluti oleh para pebisnis. Kerajinan tangan ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi di pasaran. Beberapa jenis usaha kerajinan tangan yang laku di pasaran ini biasanya seperti aksesori, barang dekorasi untuk ruangan, kreasi dari kain, dan lainnya. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini supaya dapat mendapatkan keuntungan. 

Sebelum berbisnis produk kerajinan tangan ini, kamu wajib paham terlebih dahulu apa saja itu kerajinan tangan yang laku di pasaran. Yup! Kerajinan tangan ialah produk yang dibuat dari tangan. Ini adalah proses pengerjaan dengan tangan manusia dari awal hingga akhir, yang diklaim mempunyai kualitas yang lebih baik dari produk yang diproduksi dengan mesin pabrik.

Contoh Kerajinan Tangan yang Laku di Pasaran

1.Tanah liat

Berbagai produk pottery (tembikar) dibuat dari bahan baku tanah liat yang dikreasikan menjadi benda berguna, berestetika tinggi, dan unik. Contoh usaha kerajinan tangan yang laku di pasaran dari bahan tanah liat seperti asbak, guci, peralatan makan, kendi, tempayan, kuali, celengan, pot tanaman, anglo, dan berbagai produk dekorasi. Prosesnya memang lumayan rumit dan membutuhkan keterampilan tinggi. Tapi, hasil produk dari lempung biasanya dijual dengan harga yang cukup tinggi, lho.

2. Kreasi dari kertas

Kerajinan tangan yang laku di pasaran yang kedua adalah kreasi dari kertas. Selain bisa dibuat karya origami, kamu dapat mengolah kertas menjadi produk kreatif seperti amplop, tas kertas, buket, hiasan, vas bunga, kartu ucapan, sampai keranjang. Kertas juga menjadi media buat menggambar, mewarnai, dan membuat karya kaligrafi. Kamu bisa menggunakan kertas polos, kertas bekas, kertas kado, HVS, atau art paper khusus buat berkarya dan menjadi creativepreneur

3. Lukisan

Lukisan ialah karya seni visual yang hasilnya dijadikan buat dekorasi dan memiliki nilai artistik dan filosofis. Selain bisa dijadikan pajangan dinding, kamu dapat mengembangkannya sebagai kerajinan tangan yang laku di pasaran. Seperti melukis di kaos, sepatu, atau tote bag sebagai produk jualan yang sangat bernilai. 

Baca juga: Contoh Kerajinan Rotan yang Multifungsi dan Autentik

4. Aksesori 

Ini ialah jenis usaha kerajinan tangan yang laku di pasaran dan gampang dibuat. Kamu dapat membuat kreasi dari pernak-pernik, pita, tali cantik, rantai kecil, kancing, benang, dan manik-manik. Contoh aksesori kerajinan tangan yang laku di pasaran ialah anting, kalung, gelang, gantungan kunci, bros, jepit rambut, cincin, dan hiasan dinding. 

5. Masker bahan 

Selain untuk proteksi diri dan bagian dari protokol kesehatan, desain dan motif masker ternyata penting. Kamu dapat membuat masker bahan sendiri dengan motif yang menarik atau sesuai dengan fashion sekarang. Nggak hanya tampilannya, masker bahan juga harus punya lapisan yang adem dan kualitas sesuai standar masker kesehatan.

6. Rangkaian buket

Buat merangkai buket yang cantik dari kerajinan kertas, plastik, kain wrap/spunbond, atau pita. Nggak cuma buat bunga, tapi bisa untuk buket snack, boneka, cokelat, atau bahkan uang, lho. Buket ialah salah satu kerajinan tangan yang laku di pasaran untuk setiap acara seperti wisuda, lamaran, ultah maupun nikahan. 

7. Kreasi kain

Berbagai jenis kain seperti kain flanel, perca, dan rajut bisa dikreasikan untuk produk kerajinan tangan yang yang laku di pasaran. Misalnya, dibuat menjadi taplak meja, sarung bantal, sarung tangan, tempat pensil, scrunchies, tas, sweater, topi, pakaian, gantungan kunci, dan lainnya. Kamu bisa mendesain dengan model dan motif yang menarik. Yang pasti, kualitasnya harus bagus, ya!

8. Anyaman rotan

Kerajinan anyaman rotan nggak harus untuk perabot besar. Kadang, kreasi ornamen atau perkakas kecil seperti cup holder juga disukai. Selain estetik, kerajinan anyaman rotan dan bambu ini sangat ramah lingkungan. Karena bahan itu bakal terurai dengan gampang seiring berjalannya waktu. Jadi, nggak harus merasa berdosa ketika membuangnya nanti saat rusak. 

9. Lilin aromaterapi

Lilin aromaterapi ini terbuat dari bahan-bahan yang alami seperti beeswax. Aromanya diambil dari tanaman asli seperti rempah dan bunga-bunga lainnya. Selain estetik, kamu wajib mempertimbangkan tingkat keamanan ketika lilin dinyalakan. Kerajinan tangan yang laku di pasaran ini sangat disukai karena banyaknya orang yang sedang butuh suasana rileks ketika work from home.

10. Stationery

Kerajinan tangan yang laku di pasaran selanjutnya ialah stationery. Pernak-pernik stationery saat ini berkembang pesat. Banyak peluang yang belum diambil oleh pebisnis besar di sektor ini. Stationery ini bisa berbentuk planner, jurnal, gantungan kunci, buku aktivitas, koleksi stiker, dan masih banyak lainnya. 

11. Sablon kaos

Ini adalah bisnis kerajinan tangan yang laku di pasaran dan cocok untuk kamu yang hobi menyablon. Peluang bisnis pun besar, soalnya distributor kaos semakin hari semakin banyak. Kamu dapat menawarkan jasa sablon kepada teman-teman, atau para mahasiswa, atau komunitas yang membuat acara.

Karena setiap acara biasanya membutuhkan kaos panitia yang berseragam yang bersablon dalam jumlah yang cukup banyak.Dan kamu juga perlu memikirkan kualitas warna sablon yang diproduksi ialah yang terbaik supaya nggak mengecewakan pembeli kamu.

Baca juga: 10 Tips Membuat Kemasan Produk yang Menarik untuk Usahamu

12. Kerajinan tangan dari ban bekas

Ban bekas sering diubah menjadi barang baru yang serba unik dan mempunyai nilai kegunaan yang tinggi. Mulai dari pot bunga yang berukuran besar sampai furnitur yang nyaman, seperti kursi malas dan lain sebagainya.

Untuk membuat ban menjadi lebih nyaman, ban bekas itu bisa dibalut dengan benang wol sesuai warna yang kamu suka. Kamu bisa gunakan kerajinan tangan dari barang bekas ini di kamar tidur, ruang santai, maupun ruang tamu yang luas. Ban bekas memang nggak mudah untuk didaur ulang kembali, karena ukurannya yang besar. Namun, hal ini juga dapat menjadi suatu keunggulan, lho

13. Kerajinan tangan dari stik es krim

Apakah kamu masih ingat ketika sekolah dasar dan mendapatkan tugas membuat prakarya dengan stik es krim? Stik es krim sebenarnya adalah barang bekas yang masih dapat dimanfaatkan lagi buat berbagai jenis kerajinan tangan yang menarik, unik, dan gampang buat dikreasikan.

Kumpulan stik es krim dapat dibentuk menjadi bingkai foto, miniatur transportasi, miniatur menara, museum, dan rumah yang mempunyai peluang untuk mendatangkan keuntungan.

Nah, itulah kerajinan tangan yang laku di pasaran sampai saat ini. Banyaknya barang bekas yang dapat didapatkan secara gratis untuk usaha kamu dan bisa berpotensi menghasilkan keuntungan yang tinggi. Dan jika kamu ingin memulai usaha tersebut, dibutuhkan adanya sistem template chat agar memudahkan kamu dalam mengatur pemesanan.

Apalagi jika kamu mempunyai banyak pelanggan, wajib juga untuk mengatur kontak pelanggan agar tersimpan secara rapi. Itu bisa kamu temukan hanya menggunakan aplikasi Koala, lho. Yuk langsung install!