Pengertian Guerilla Marketing, Jenis hingga Manfaatnya

30 Juni 2023

Kamu yang baru saja merintis bisnis online maupun offline harus mempelajari guerilla marketing. Guerilla marketing atau pemasaran gerilya merupakan salah satu strategi alternatif untuk pemasaran kreatif dan inovatif. Strategi pemasaran ini sering memanfaatkan pemasaran viral di media sosial untuk brand awareness maupun eksposur produk.

Pemasaran gerilya bisa kamu temukan di tempat-tempat umum, seperti pusat perbelanjaan, konser, event olahraga maupun taman. Penerapan pemasaran gerilya yang sukses akan meningkatkan loyalitas pelanggan dan juga menghasilkan penjualan melalui pemasaran dari mulut ke mulut.

Pengertian Guerilla Marketing

Dikutip dari laman Investopedia, guerilla marketing merupakan sebuah taktik atau strategi pemasaran dimana perusahaan menggunakan kejutan dan juga interaksi nonkonvensional untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Strategi pemasaran ini berbeda dari strategi pemasaran tradisional.

Hal ini dikarenakan pemasaran gerilya sangat bergantung pada interaksi perusahaan dengan audiens, anggaran yang minim dan kelompok promotor yang bertanggung jawab untuk menyebarkan suatu produk atau jasa di lokasi tertentu.

Akhir-akhir ini, strategi pemasaran gerilya sedang naik daun. Alasannya karena muncul teknologi mobile. Dengan begini maka perusahaan bisa memperkuat pesan dan lebih fokus pada kelompok konsumen yang menjadi target pemasaran.

Perusahaan yang menerapkan strategi pemasaran ini akan mengandalkan pemasaran pada promosi promosi yang disebarkan oleh pemasaran viral ataupun penyebaran informasi dari mulut ke mulut sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas secara gratis.

Kunci dari pemasaran ini adalah menangkan emosi konsumen. Meski begitu, penggunaan strategi ini tidak dirancang untuk semua jenis produk maupun jasa. Strategi pemasaran ini sudah sering digunakan untuk produk-produk yang unik dan terkesan nonkonvensional.

Berasal dari citra produk tersebut, maka perusahaan akan menargetkan konsumen atau pembeli mudah yang cenderung akan memberikan respons negatif pada produk yang tidak umum. Salah satu elemen kunci pada guerilla marketing adalah memilih tempat dan juga waktu yang tepat untuk melakukan kampanye supaya bisa menghindari masalah hukum.

Baca Juga : Relationship Marketing Adalah: Pengertian, Tujuan dan Contohnya

Jenis-Jenis Guerilla Marketing

Berikut jenis-jenis guerilla marketing yang harus kamu ketahui:

1. Pemasaran Sekitar

Jenis pemasaran gerilya ini menyasar tempat yang tidak biasa. Hal ini membuat audiens tidak akan menyangka bahwasanya suatu produk memasang iklan di tempat tertentu. Misalnya, suatu perusahaan jasa pemakaman membuat iklan di dekat rel kereta api.

2. Pemasaran Jalanan

Jenis pemasaran ini merupakan istilah baru untuk mendefinisikan guerilla marketing di luar ruangan. Pada jenis strategi pemasaran ini, perusahaan akan campaign di berbagai sisi jalan. Dengan memanfaatkan ruang terbuka untuk menarik perhatian audiens sebanyak-banyaknya. Contohnya yaitu Folger yang membuat saluran pembuangan yang terlihat seperti secangkir kopi.

3. Pemasaran Penyergapan

Pemasaran penyergapan atau ambush marketing ini menjalankan pembajakan di tempat lainnya. Cara seperti ini biasanya akan menimbulkan sentimen negatif dengan brand atau merek lainnya. Akan tetapi, pemasaran gerilya itu harus berani. Oleh karena itu, jenis pemasaran ini mendapatkan julukan pemasaran penyergapan.

Contohnya yaitu perusahaan cat dan juga hardware, Rona melakukan pembajakan iklan Ipod Nano Chromatic. Rona juga memasang papan reklame tepat di bawah papan reklame milik Nano Chromatic.

4. Pemasaran Tersembunyi

Strategi pemasaran gerilya ini menggunakan promosi secara tersembunyi. Dimana audiens tidak sadar apabila hal tersebut merupakan sebuah promosi. Kecuali jika kamu sangat jeli ataupun mempelajari ilmu pemasaran. Strategi pemasaran ini tidak akan menipu kamu. Istilah lain untuk menyebut jenis pemasaran ini adalah pemasaran yang menyamar.

Strategi pemasaran yang paling umum digunakan adalah melakukan penempatan produk di acara TV, di film, tayangan Youtube dan sebagainya. adapun penempatan produk yang paling fenomenal adalah FedEx di di film berjudul Cast Away.

5. Pemasaran Pengalaman

Strategi pemasaran ini melakukan pendekatan satu arah dan juga dua arah. Campaign-nya akan melibatkan audiens dan memberikan  pengalaman yang mendalam. Contohnya yaitu campaign The Fun Theory dari Volkswagen. Dimana mereka mendesain sebuah tangga menjadi alat musik piano yang interaktif.

Campaign tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai suatu produk yang ramah lingkungan. Kebiasaan tersebut nantinya bisa diubah apabila ada motivasi yang tepat yaitu fun to do.

6. Pemasaran Viral

Pemasaran ini memanfaatkan kampanye yang bisa menyebar dengan sangat cepat, seperti virus. Strategi pemasaran ini mengandalkan media sosial tetapi prakteknya sangatlah sulit untuk merencanakan viralitas.
Contohnya yaitu pemasaran viral dengan campaign #LanjutTanpaNunggu dari Gopay. Kampanye ini mengusung konten iklan berupa video animasi dengan tokoh utama bernama Jota dan Pevita di setting dunia ala cyberpunk.

Baca Juga : Konsep Marketing Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Manfaat Guerilla Marketing

1. Cocok untuk Bisnis dengan Anggaran Rendah

Kunci dari pemasaran gerilya adalah menggunakan metode promosi nonkonvensional untuk bisa terlibat dengan pembeli dengan cara yang baru dan menarik. Banyak pengalaman bersifat interaktif serta bisa terjadi di tempat-tempat yang tidak terduga. Selain itu, juga bisa menghemat biaya untuk membangun brand awareness.

2. Membangun Kemitraan

Pemasaran gerilya ini bisa dilakukan dengan cara membangun kemitraaan ataupun kolaborasi dengan pebisnis lokal maupun organisasi ataupun LSM untuk membuat kampanye. Dengan kemitraan maka kamu bisa mendapatkan target pembeli yang ideal dengan sangat mudah.

3. Bisa Menjadi Viral

Saat ini aktivitas manusia tidak bisa dilepaskan dari penggunaan smartphone, media sosial dan aktivitas sehari-hari yang didokumentasikan secara online. Perusahaan bisa memanfaatkan trend ini untuk membuat campaign menarik yang menjadi viral. Tujuannya untuk mengumpulkan jutaan penayangan.

Itulah informasi tentang pengertian guerilla marketing, jenis hingga manfaatnya. Kamu bisa melakukan pemasaran ini untuk mendapatkan banyak konsumen dan meningkatkan penjualan.

Kamu juga bisa menggunakan fitur Chatbot dari Koala+ yang sudah terintegrasi dengan WhatsApp Business API. Fitur ini seperti halnya chat otomatis WA yang bisa membantu kamu memberikan layanan pelanggan yang tersedia 24 jam non stop. Dengan chatbot, bisnismu bisa melayani pelanggan kapan dan dimana saja tanpa harus ada staf tambahan.

Kustomisasi fitur chatbot di Koala+ bisa dilakukan untuk meningkatkan efisiensi layanan CS, seperti membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan umum. Tunggu apalagi, yuk daftar Koala+ sekarang juga!