Relationship Marketing Adalah: Pengertian, Tujuan dan Contohnya

1 April 2023

Relationship marketing adalah salah satu strategi pemasaran yang sangat penting untuk perusahaan. Dalam strategi ini, kamu akan menjaga hubungan baik dengan para pembeli. Meski dianggap penting tetapi banyak perusahaan yang melupakan strategi relationship marketing ini.

Apabila strategi relationship marketing diterapkan dengan baik, perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah memiliki pembeli tetap sehingga bisa meningkatkan penjualan. Bagi kamu yang belum tahu tentang relationship marketing, simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Pengertian Relationship Marketing

Relationship marketing adalah salah satu strategi pemasaran untuk menjalin hubungan yang lebih personal dan mendalam dengan pelanggan. Selain itu, strategi pemasaran ini berguna untuk menjamin loyalitas para pelanggan dan kepuasan pembeli dalam jangka waktu yang panjang.

Dengan menerapkan strategi ini, perusahaan bisa menciptakan hubungan yang kuat dan lebih baik lagi dengan para pelanggannya. Selain itu, perusahaan juga akan memperoleh kepercayaan dari pembeli sehingga bisnis bisa berkembang lebih cepat. Dengan begitu, perusahaan akan mendapatkan banyak keuntungan.

Keuntungan yang didapatkan seperti promosi secara gratis karena dilakukan dari mulut ke mulut. Pelanggan yang loyal akan merekomendasikan produk yang kamu jual ke orang lain, bisa teman atau keluarganya. Promosi secara tidak langsung ini akan menghasilkan keuntungan yang cukup besar.

Tujuan Relationship Marketing

Tujuan utama dari relationship marketing adalah untuk meningkatkan hubungan yang baik dan kuat antara penjual dan pembeli dengan cara menjadikan pembeli yang acuh tak acuh menjadi pembeli yang loyal. Selain itu, juga ada beberapa tujuan lain dari strategi pemasaran ini. Berikut beberapa tujuan tersebut:

  • Untuk memperkuat hubungan antara penjual dan pelanggan serta membuat para pelanggan menjadi lebih loyal lagi.
  • Untuk menemukan lifetime value dari pelanggan.
  • Untuk merumuskan bagaimana agar lifetime value pelanggan bisa terus dikembangkan dan juga diperbesar dari tahun ke tahun.
  • Untuk mendapatkan pelanggan baru dengan biaya yang relatif murah.
  • Untuk menghasilkan keuntungan terus menerus, baik itu dari kelompok pelanggan yang sudah ada ataupun dari kelompok pelanggan baru.

Contoh Relationship Marketing

Kamu ingin menerapkan relationship marketing dalam bisnis tetapi tidak tahu contohnya seperti apa? Tidak perlu khawatir inilah beberapa contoh relationship marketing yang bisa kamu terapkan dalam bisnis yang dijalankan:

1. Mengucapkan Terima Kasih

Tahukah kamu jika ucapan terima kasih untuk pelanggan bisa memberikan dampak yang luar biasa untuk bisnis. Mengucapkan terima kasih merupakan salah satu contoh relationship marketing yang mudah untuk dilakukan. Ucapan terima kasih akan membangun hubungan yang kuat antara penjual dan pembeli serta meningkatkan loyalitas.

Kamu bisa mengucapkan rasa terima kasih kepada para pelanggan setia dengan cara mengirim pesan melalui e-mail, media sosial, kartu ucapan dan sebagainya. Kamu juga bisa memberikan hadiah untuk pelanggan setia sehingga mereka merasa spesial.

2. Memberikan Layanan Terbaik

Jika ingin membangun relationship marketing, berarti kamu harus memberikan layanan terbaik dan berkualitas kepada semua pembeli tanpa terkecuali. Lakukan secara konsisten saat memberikan layanan terbaik. Dengan begitu, pelanggan menjadi terkesan dan akan menjadi pelanggan setia.

Contoh pelayanan terbaik yang bisa diberikan kepada pelanggan adalah dengan selalu tersenyum kepada pelanggan, memberikan sambutan yang ramah, selalu siap membantu kebutuhan pelanggan dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Definisi dan Jenis Layanan Pelanggan Wajib Diketahui

3. Membuat Program Loyalitas

Contoh relationship marketing adalah membuat program loyalitas. Ada banyak program loyalitas yang bisa digunakan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Contohnya seperti memberikan poin loyalitas, program tingkatan, even terbatas, program kemitraan dan juga program value.

Membuat program loyalitas cukup efektif untuk meningkatkan hubungan baik dengan para pelanggan. Selain itu, program tersebut juga bisa menarik minat pelanggan dengan bisnis yang kamu miliki.

Baca Juga : 5 Contoh Loyalty Program untuk Mempertahankan Pelanggan

4. Mengadakan Acara untuk Pelanggan 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hubungan yang baik dengan pelanggan, salah satunya dengan mengadakan acara untuk pelanggan. Acara ini tidak hanya untuk meningkatkan hubungan baik tetapi juga akan membangun komunitas bersama para pelanggan.

Contoh acara untuk pelanggan yang bisa dibuat adalah acara gathering, makan malam bersama, minum teh ringan sambil membicarakan minat pelanggan terhadap produk yang kamu jual.

5. Pemberian Insentif Secara Personal

Agar pelanggan tetap loyal, kamu bisa menawarkan insentif atau diskon secara personal kepada pelanggan di hari spesialnya, misalnya ketika pelanggan sedang ulang tahun. Cara ini bisa diberikan kepada pelanggan yang sudah terdaftar dalam keanggotaan pelanggan untuk mendapatkan tawaran yang kamu berikan.

Contoh dari relationship marketing ini menunjukkan bahwa bisnis atau perusahaan kamu sangat menghargai pelanggannya. Serta mau berusaha lebih keras untuk mempertahankan para pelanggan yang dimiliki.

6. Memiliki Layanan Pelanggan

Setiap perusahaan disarankan untuk memiliki costumer service atau layanan pelanggan secara langsung ataupun melalui perantara. Memberikan layanan pelanggan yang baik bisa membangun hubungan yang kuat dengan para pelanggan.

Adanya layanan pelanggan tersebut menunjukkan bahwa perusahaan selalu menghargai pelanggan dan selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhannya. Termasuk menjawab pertanyaan atau masalah yang dialami pelanggan terkait produk.

Intinya, relationship marketing adalah hal penting yang harus dilakukan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan yang sudah loyal dan menambah pelanggan baru. Membangun hubungan baik dengan para pelanggan sangat bermanfaat untuk bisnis karena bisa meningkatkan jumlah penjualan. Jika penjualan meningkat maka keuntungan yang didapatkan juga lebih banyak.

Untuk membangun relationship marketing, kamu bisa mulai dengan memberikan layanan pelanggan berupa Live Customer Service. Jika kesulitan membuat layanan ini, kamu bisa menggunakan Koala+ yang memiliki fitur tersebut.

Fitur Live Costumer Service berguna untuk mendelegasikan tugas CS kepada karyawan kamu untuk melayani pelanggan dengan cepat di berbagai channel. Koala+ juga dilengkapi dengan fitur lainnya, seperti Chatbot, Broadcast Message, dan Manajemen Produk & Transaksi.