Cara Promosi yang Menarik Secara Online agar Jualan Laris

6 Oktober 2022

Saat mencari cara promosi yang menarik kamu akan melihat berbagai macam cara yang sebenarnya bisa kamu temukan di banyak usaha lain. Karena cara promosi yang menarik secara online memiliki cara yang hampir sama antara satu usaha dan usaha lainnya.

Kamu bisa melihat kesamaan cara promosi tersebut dari bagaimana promosi tersebut dilakukan. Meskipun cara yang dilakukan hampir sama, hasil yang didapatkan tidak selalu sama.  Kelancaran promosi secara online memiliki berbagai macam faktor yang mempengaruhi. Kamu perlu memahami berbagai macam cara promosi yang tepat agar promosi yang kamu lakukan bisa lancar.

 

Cara Promosi Menarik Secara Online agar Jualan Laris

Baik kamu memiliki usaha yang kecil maupun yang besar, melakukan promosi adalah bagian dari usaha yang tidak bisa dilalaikan. Melakukan promosi juga memerlukan perencanaan yang matang dan tepat agar promosi bisa menjangkau target pasar. Berikut ini adalah cara promosi menarik secara online agar jualan laris:

 

1. Terus Tambah daftar Email

Mungkin tidak banyak orang yang merasa bahwa cara ini cukup efektif. Padahal cara ini penting sekali untuk dilakukan. Alasannya adalah membuat daftar email pelanggan akan sangat memudahkan promosi produk dan usahamu.

Saat ini hampir semua orang memiliki email. Email juga merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Jadi kamu bisa membangun daftar email pelanggan agar kamu dapat mengirimkan promosi langsung ke email mereka. Dengan mengirimkan langsung ke email mereka, kamu bisa melakukan promosi yang lebih personal kepada pelanggan. Ini juga merupakan cara yang tepat untuk meningkatkan trafik usahamu.
 

2. Fokus Pada Trafik Organik

Cara promosi menarik yang perlu kamu tingkatkan adalah dengan fokus pada trafik organik. Ini sangat bermanfaat jika kamu memiliki bisnis online. Trafik organik yang sehat dapat meningkatkan interaksi dan tentunya akan lebih mudah menjangkau pengguna yang memiliki minat serupa dengan usahamu.

Engagement yang baik juga akan memberikan dampak positif untuk citra usahamu. Akun media sosial usaha yang memiliki engagement baik bisa meningkatkan aktivitas positif dari pengikutnya juga. Bangun media sosial usahamu dengan serius. Misalnya dengan menyediakan foto atau video yang menarik dan terus aktif di media sosial.

Baca Juga: Cara Membuat Nama Olshop Makanan yang Unik dan Menarik
 

3. Memanfaatkan SEO

Memanfaatkan SEO untuk promosi adalah cara yang paling sering dilakukan dalam suatu usaha. Ini merupakan cara paling umum yang digunakan untuk internet marketing. Memanfaatkan SEO juga bisa dijadikan cara promosi menarik agar semakin banyak calon pembeli yang berminat dengan produk usahamu. Kamu perlu memastikan bahwa SEO yang kamu gunakan benar-benar apa yang dibutuhkan oleh pelangganmu dan bukan sekedar banyak dicari saja. Ini akan membuat promosi menarik yang kreatif.
 

4. Buat Konten Menarik dan Bermanfaat

Konten adalah yang paling penting saat kamu melakukan promosi online. Membuat konten menarik akan membantu meningkatkan minat pembeli dan konten yang bermanfaat akan membuat lebih banyak pembeli yang tinggal. Kamu bisa membuat jenis konten edukasi untuk pelanggan sebagai cara promosi menarik yang bisa kamu lakukan. Misalnya jika kamu menjual alat setrika unik, kamu bisa menunjukkan konten yang mengedukasi pelanggan bahwa alat setrika tersebut memiliki keunggulan tersendiri dan mampu menyetrika dengan licin hanya sekali proses.

Konten edukasi seperti ini membuat pelanggan menjadi lebih memahami produk dan mengerti manfaat produk. Mereka juga bisa membandingkan dengan produk kompetitor. Adanya konten yang bermanfaat juga bisa meyakinkan calon pembeli untuk melakukan transaksi dan pembelian secara langsung.
 

5. Manfaatkan Google Ads

Google adalah mesin pencarian terbesar yang ada. Memanfaatkan iklan di Google Ads bisa menjadi salah satu cara promosi menarik secara online. Dengan Google menguasai semua pencarian, mereka akan lebih mudah mempromosikan produkmu ke pencarian yang tepat. Untuk menggunakan Google Ads dengan sukses, kamu juga perlu memanfaatkan SEO yang tepat juga, sehingga Google dapat mempromosikan produk dan usahamu pada orang yang tepat.
 

6. Iklan Media Sosial

Selain Google Ads, kamu juga bisa melakukan iklan di media sosial untuk cara promosi menarik secara online. Cara ini bisa dilakukan untuk menarik perhatian para pengguna media sosial terutama mereka yang memiliki minat pada produkmu. Untuk membuat iklan di media sosial, kamu perlu memastikan bahwa kamu memiliki konten menarik yang bisa diiklankan.

Pastikan kamu menggunakan foto atau video yang sesuai dengan produk yang kamu jual. Serta pastikan juga kalau foto dan video tersebut berkualitas dan jelas. Kamu juga bisa memanfaatkan copywriting yang menarik untuk caption dan konteks video. Ini akan sangat membantu menaikkan minat para calon pembeli.
 

7. Bekerjasama dengan Merek Lain

Cara promosi menarik yang juga sering dilakukan adalah bekerjasama dengan merek lain. Baik merek yang lebih besar atau kecil. Kamu bisa bekerjasama dengan merek lain yang bisa menjadi pelengkap usahamu. Bekerjasama dengan merek lain bisa menjadi peluang yang bagus untuk menarik calon pembeli baru. Ini juga bisa disebut dengan cross promotion.

Saat melakukan cross promotion, kamu akan menjangkau target pasar baru. Selain itu cara promosi menarik ini juga sangat cocok untuk meningkatkan citra baik usaha dan membuat usahamu lebih banyak dikenal oleh masyarakat. Kamu bisa bekerjasama dengan usaha yang serupa misalnya jika kamu menjual minuman, kamu bisa bekerjasama dengan usaha yang bergerak di bidang makanan sebagai pelengkap. Cara lainnya adalah dengan bekerja sama menjadi sponsor di salah satu acara yang sesuai dengan target pasar usahamu.

Baca Juga: Cara Menghitung Untung Jualan Hingga Ekspansi Perlahan
 

8. Berpartisipasi di Acara Online

Kamu juga bisa berpartisipasi di acara-acara online untuk meningkatkan promosi usahamu. Misalnya dengan berpartisipasi di webinar, sponsor giveaway, dan sponsor acara live. Acara online semakin diminati sejak pandemi. Oleh karena itu, ini bisa menjadi cara promosi menarik untuk dilakukan.
 

9. Bekerjasama dengan Influencer atau Konten Kreator

Cara promosi menarik selanjutnya adalah bekerja sama dengan influencer dan konten kreator yang sesuai dengan jenis usahamu. Saat kamu melakukan kerjasama dengan influencer dan konten kreator, kamu juga menjangkau pengikut mereka.

Selain itu kamu juga bisa mendapatkan konten yang berkualitas. Dengan bekerja sama bersama konten kreator yang tepat, kamu juga bisa mendapatkan timbal balik seputar kelebihan dan kekurangan produkmu. Cara ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan kualitas produk atau layananmu.
 

10. Tingkatkan Toko Offline

Cara promosi menarik yang terakhir adalah meningkatkan kualitas toko offline jika kamu memilikinya. Jika kamu tidak memiliki toko offline, kamu tetap perlu membawa produkmu secara offline sesekali untuk menilai bagaimana pasar bereaksi pada produkmu. Misalnya dengan cara membuka stand di acara tertentu. Ini akan sangat membantu para calon pembeli untuk lebih mengenali produkmu dan mencoba secara langsung produk tersebut.

 

Cara promosi menarik secara online di atas akan sukses dilakukan dengan konsisten. Promosi tersebut perlu dilakukan secara rutin dan sesuai target pasar agar bisa maksimal hasilnya. Untuk memaksimalkan proses usaha onlinemu, kamu bisa menggunakan KoalaApp. Dengan fitur website jualan, keyboard jualan, hingga atur transaksi kamu bisa kelola usahamu dengan mudah. Langsung cek KoalaApp sekarang!