Apa Itu Campaign? Ini Pengertian, Manfaat dan Contohnya

2 April 2023

Untuk kamu yang baru saja memulai bisnis, penting mempelajari apa itu campaign. Dengan adanya campaign ini bisa membedakan bisnismu dengan yang lainnya. Jika kamu sudah lama di dunia marketing, pastinya sudah mengetahui istilah campaign. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak penjelasanya dibawah ini.

Apa Itu Campaign?

Campaign, atau disebut juga sebagai kampanye adalah kegiatan pemasaran dengan cara mempromosikan sebuah produk barang dan jasa melalui media sosial, surat kabar, majalah, koran, radio, iklan, televisi, dan platform online lainnya.

Campaign memiliki peran penting untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan, termasuk membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan bisnis.

Oleh karena itulah, campaign harus direncanakan sematang mungkin dengan konsep yang kreatif dan pastinya sesuai dengan target agar tepat sasaran.

Tidak hanya itu, konsistensi penuh juga diperlukan supaya tujuan yang diharapkan bisnis dapat tercapai dengan segera.

Manfaat Campaign

Setelah mengenal apa itu campaign, berikut adalah berbagai manfaat yang akan didapatkan.

1. Sebagai Promosi Produk dan Layanan Baru

Melaksanakan strategi campaign sebelum produk baru diluncurkan merupakan salah satu cara yang tepat.

Dengan mulai mengenalkan produk sebelum diluncurkan, tentu saja bisa menarik pelanggan yang tertarik agar segera melakukan pre-order terlebih dahulu. Dengan begitu, secara tidak langsung, kamu sudah meningkatkan penjualan bisnis.

2. Menarik Lebih Banyak Pelanggan

Campaign termasuk salah satu taktik untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap sebuah produk dan layanan yang ditawarkan. Sekaligus, juga memberitahu pelanggan bahwa produk bisnismu memiliki kualitas yang bagus.

Baca Juga : Kata-Kata Jualan Online yang Ampuh Menarik Pelanggan

Dengan demikian, visibilitas produk yang ditawarkan pun meningkat. Di samping itu, kamu juga bisa melakukan pendekatan pada audiens melalui komunikasi di media sosial supaya audiens merasa semakin dekat dengan bisnismu.

3. Meningkatkan Loyalitas

Melakukan campaign di berbagai platform juga bisa membantu meningkatkan loyalitas atau kesetiaan konsumen terhadap brand.

Via campaign yang dilakukan, audiens pun bisa lebih yakin untuk terus menggunakan produk dari brand.

Contoh Campaign

Salah satu contoh campaign dari salah satu brand pizza yang bisa kamu coba adalah Point of Pies. Dimana, melalui campaign ini, konsumen dapat melakukan scan pizza miliknya untuk memperoleh poin via aplikasi seluler.

Apabila poin yang didapatkan sudah mencapai target, maka dapat ditukarkan dengan berbagai reward yang tersedia. Pemilik usaha pun memberikan reward untuk konsumen yang mengambil sendiri pesanannya.

Ini adalah salah satu bentuk strategi pemasaran yang dijalankannya untuk menumbuhkan loyalitas terhadap brand.

Cara Membuat Campaign

Jika kamu sudah yakin ingin membuat campaign agar meningkatkan performa bisnis, maka bisa ikuti cara membuat campaign berikut.

1. Menentukan Tujuan Campaign

Pertama, kamu bisa memulai dengan menentukan tujuan pembuatan strategi campaign terlebih dahulu.

Tujuan diperlukan agar kamu bisa mendapatkan hasil akhir yang maksimal dan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.

Selain itu, jangan lupa menentukan tujuan menggunakan metode SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, Time Bound).

2. Riset

Lakukanlah riset terhadap target pasaran yang akan dicapai. Ini penting supaya kamu bisa memaksimalkan strategi yang paling tepat dengan audiens yang tepat pula.

Analisis target pemasaran dapat mempertimbangkan usia, jenis kelamin, minat, dan kebiasaannya saat menggunakan sosial media.

Tak lupa juga melakukan social listening, misalnya melakukan survei untuk mengetahui permasalah yang sedang dihadapi masyarakat.

3. Merancang Konsep yang Menarik

Apabila sudah berhasil menentukan konten seperti apakah yang paling disenangi oleh audiens, kamu pun bisa merancang konsep campaign dengan mempertimbangkan visi, misi, serta identitas brand.

Apabila menggunakan jasa agency, kamu pun harus membuat brief yang jelas serta sesuai dengan tujuan campaign.

Baca Juga : Tips Cara Membuat Contoh Promosi yang Menarik Pelanggan

4. Menentukan Platform Campaign

Apabila seluruh tahap perencanaan telah dilakukan, maka selanjutnya adalah menentukan platform yang tepat.

Kamu bisa pertimbangkan platform seperti apa yang sesuai dengan target audiens, anggaran, serta tingkat brand engagementnya.

5. Menyusun Timeline Campaign

Sebelum memulai menjalankan campaign, maka susunlah timeline atau jadwal upload konten supaya eksekusi campaign ini bisa berjalan dengan baik.

Penyusunan timeline yang jelas, membuatmu lebih teratur dalam mempublikasikan konten di masing-masing platform.

Setelah itu, jangan lupa agar selalu meninjau timeline secara berkala supaya tidak ada satupun konten yang dilewatkan sehingga campaign menjadi lebih efektif.

6. Mengevaluasi Campaign

Sepanjang campaign dijalankan, maka harus dievaluasi secara berkala. Ini bertujuan untuk memantau apakah campaign telah berjalan dengan efektif atau belum.

Dengan demikian, bisa ditingkatkan parameter apa sajakah yang perlu diperbarui, ditambah, dikurangi, atau bahkan ditingkatkan agar campaign bisa berjalan lebih maksimal.

Berdasarkan penjelasan di atas, kamu sudah tahu mengetahui apa itu campaign. Campaign memegang peran penting untuk membuat bisnis lebih sukses. Dengan meraih pasar yang lebih luas, tentu peluang menghasilkan keuntungan jadi lebih tinggi.

Akan tetapi, masih dibutuhkan riset yang lebih jauh supaya campaign  bisa berjalan sukses. Selain itu, salah satu kunci sukses sebuah campaign adalah mampu menjawab semua persoalan dari konsumen dengan tepat waktu. Jika terlambat, pastinya konsumen tidak mau menunggu lama dan akhirnya beralih ke kompetitor.

Untuk membantu dalam membalas pesan pelanggan lebih cepat, kamu bisa menggunakan fitur Chatbot dari Koala+. Dengan fitur ini, kamu bisa chat otomatis di WhatsApp Business API.  Dengan begitu, kamu bisa menjawab semua pertanyaan dan kebutuhan konsumen.

Dengan terpenuhinya kebutuhan konsumen, terntu akan semakin loyal dengan bisnismu. Koala+ telah membantu berbagai pelanggan untuk mencapai goals bisnisnya dengan sukses. Sekarang, giliranmu sukses bersama Koala+.