Kata-Kata Jualan Online yang Ampuh Menarik Pelanggan

3 Oktober 2022

Memilih kata-kata jualan online yang tepat harus diperhatikan dengan baik. Pilihan kata yang tepat akan membantu produk agar lebih laris. Kata-kata jualan online yang dipilih juga bisa membantu untuk meningkatkan penjualan dengan baik. Bahkan pemasaran juga perlu mempertimbangkan mana kata-kata yang bisa menambahkan citra baik perusahaan.

Pentingnya memilih kata-kata jualan online adalah karena berjualan online berbeda dengan berjualan offline. Saat berjualan online, proses yang dilakukan berbeda dengan jualan offline. Mulai dari cara mendekati pelanggan, cara menarik perhatian pelanggan, hingga bagaimana cara membuat pelanggan menjadi tertarik untuk melakukan transaksi. Semuanya perlu direncanakan agar proses jualan online menjadi lebih mudah.

Tidak hanya itu saja, kata-kata jualan online yang dipilih juga harus sesuai dengan target pasar yang dituju. Penyesuaian ini akan memudahkan komunikasi antara pelanggan dan usaha. Saat kamu melakukan komunikasi yang sesuai dengan target pasar yang kamu tuju, proses pemasaran dan penjualan juga semakin mudah dilakukan.

Misalnya dengan menggunakan bahasa yang sesuai untuk target pasar di usia remaja. Tentunya kata-kata jualan online yang digunakan untuk berjualan produk tersebut berbeda dengan yang digunakan untuk target pasar berusia 40 tahun ke atas. Pemilihan kata tersebut menjadi petimbangan penting agar usaha dan pelanggan masih tetap bisa berkomunikasi dengan baik seputar produk.
 

Pilihan Kata-Kata Jualan Online yang Menarik

Saat memilih mana kata-kata jualan online yang bisa kamu gunakan, kamu juga perlu mempertimbangkan sisi psikologis dari kata yang kamu pilih. Kata-kata yang membuat calon pembeli merasa yakin, merasa penasaran, ingin mencoba, tentunya akan lebih ampuh menarik perhatian dibandingkan yang lainnya. Hindari juga menggunakan kata yang membuat calon pembeli merasa khawatir, bingung, dan ragu untuk membeli produk.

Berikut ini adalah daftar kata-kata jualan online yang sesuai dengan psikologi calon pembeli:

 

1. Kata-kata Jualan Online yang Menghindari Risiko

Menghindari risiko tentunya adalah hal yang diperlukan bagi pelanggan. Ketika mereka membeli barang, mereka tidak ingin memiliki risiko yang tingga atas barang tersebut. Mereka lebih memilih produk dengan risiko yang tidak terlalu banyak dan lebih mudah digunakan. Contoh kata yang bisa digunakan untuk menghindari risiko adalah seperti:

  • Jaminan uang kembali.
  • Berhenti langganan kapan saja
  • Coba gratis terlebih dahulu
  • Tidak ada kewajiban membeli produk


Kata-kata yang digunakan cukup sederhana, tapi bisa mengurangi risiko yang dikhawatirkan oleh pelanggan. Seperti kata jaminan uang kembali yang tentunya lebih membuat pelanggan tenang saat mencoba produk tertentu.

Baca Juga: Cara Membuat Nama Olshop Makanan yang Unik dan Menarik
 

2. Kata-Kata Jualan Online yang Mengurangi Keraguan

Calon pembeli yang merasa ragu tentunya bisa berakibat tidak baik untuk usaha. Saat calon pembeli ragu, maka mereka bisa saja tidak langsung membeli produk yang ada. Selain itu, keraguan juga tidak baik bagi citra perusahaan. Semakin banyak pembeli yang ragu dengan produk dan usahamu, maka semakin tinggi pula peluang usahamu untuk gagal. Kamu bisa menggunakan kata-kata berikut untuk menghindari keraguan:

  • Gratis 1 bulan pertama
  • Coba langsung
  • Tanpa biaya tambahan


Kata-kata jualan online tersebut mampu menghindari keraguan yang ada pada pelanggan. Kata-kata tersebut membuat calon pembeli yakin untuk mencoba karena tidak perlu ada tambahan lainnya.
 

3. Kata-Kata Jualan secara Online yang Membangun Kepercayaan

Membangun kepercayaan pelanggan juga sangat penting untuk dilakukan. Kepercayaan pelanggan yang tinggi akan membantu lancarnya penjualan bisnis serta meningkatkan citra usaha yang bisa bermanfaat untuk jangka panjang. Berikut ini adalah contoh kata-kata yang membangun kepercayaan: 

  • Cek review produk kami
  • Tanya pada ahlinya teknologi kami
  • Cek kolom FAQ untuk lebih lengkapnya


Kalimat tersebut akan sangat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap produk dan usahamu. Penggunaan call to action pada kalimat juga dipilih untuk mengajak pelanggan langsung melakukan aksi yang ditujukan.
 

4. Kata-Kata untuk Jualan Online yang Mengajak Pelanggan Membeli

Saat mengajak calon pembeli melakukan transaksi, kamu tidak bisa langsung mengajak mereka begitu saja. Ada langkah-langkah yang perlu kamu lalui misalnya seperti mengedukasi calon pembeli, memberi tahu informasi seputar produk, menjelaskan manfaat produk, dan lainnya. Langkah tersebut adalah proses agar calon pembeli yakin untuk melakukan transaksi. Berikut ini adalah kalimat ajakan melakukan transaksi yang paling pas:

  • Dapatkan harga spesial untuk pembelian di bulan ini
  • Coba dan buktikan sendiri
  • Dapatkan manfaat ini sekarang juga


Kalimat ajakan tersebut bukan sekedar ajakan untuk melakukan transaksi, tetapi kalimat ajakan untuk membuktikan manfaat produk, mendapatkan harga spesial, hingga merasakan manfaat produk secara langsung. Ini membuat pembeli merasa yakin dan penasaran untuk mencoba secara langsung.
 

5. Kata - Kata Jualan Secara Online yang Memberi Kesan Mendesak

Penjualan yang memberikan kesan mendesak bisa membuat penjualan meningkat. Hal ini karena pembeli merasa didesak untuk membeli saat itu juga. Kalimat yang bisa kamu gunakan untuk proses ini adalah kalimat desakan yang mengarah ke positif. Jangan menggunakan kalimat desakan yang terkesan memaksa pelanggan seperti:

  • Download sekarang!
  • Promo berlangsung selama stok masih ada
  • Promo terbatas


Kalimat tersebut memberikan kesan desakan kepada pembeli untuk melakukan transaksi saat itu juga. Tentunya cara tersebut bisa kamu gunakan setelah calon pembeli memahami produk yang kamu jual dan apa saja manfaatnya.

Baca Juga: Tips Kelola Jualan Online Tanpa Modal Besar
 

6. Kata-Kata untuk Jualan Online yang Membuat Penasaran

Setiap manusia tentunya memiliki rasa penasaran untuk berbagai macam hal yang ada. Kamu bisa juga memanfaatkan rasa penasaran pelanggan untuk meningkatkan ketertarikan pelanggan pada produkmu. Misalnya dengan menggunakan kalimat seperti:

  • Temukan sensasi makan baru…
  • Bayangkan jika…
  • Temukan bagaimana cara…


Kalimat tersebut mengundang rasa ingin tahu dari calon pembeli. Mereka akan tertarik dengan topik yang ada lalu melakukan transaksi untuk membuktikannya sendiri. Kunci dari pemilihan kalimat ini adalah agar selalu ambigu. Menggunakan kalimat yang ambigu akan memancing rasa penasaran calon pembeli untuk melakukan transaksi dan mengetahui lebih jauh.
 

7. Kata-Kata untuk Jualan Online yang Terhubung dengan Pelanggan

Cara lain yang bisa digunakan adalah menggunakan kata-kata yang terhubung langsung dengan pelanggan. Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa masalah yang dialami oleh target pasarmu dan apa solusi yang mereka inginkan. Jadi kamu bisa menempatkan dirimu seperti pelanggan agar bisa terhubung dengan mereka. Kemudian kamu bisa menggunakan kalimat seperti:

  • Bosan tiap hari (masukkan permasalahan)
  • Pernahkah kamu ingin (masukkan solusi permasalahan)
  • Capek tiap hari (masukkan permasalahan)


Strategi ini bisa membuatmu lebih dekat dengan pelanggan. Karena selain produk yang kamu jual bisa menyelesaikan permasalahan pelanggan, kamu juga bisa lebih dekat dengan pelanggan karena memahami betul permasalahan yang mereka rasakan.

Pilihan kata-kata jualan online di atas tentunya bisa kamu pilih sesuai dengan jenis produk yang kamu jual. Tentunya kamu perlu juga mempertimbangkan mana kata-kata jualan online yang paling pas untuk target pasarmu juga.

Agar kamu bisa mengelola usahamu dengan baik, kamu bisa coba KoalaApp. Dengan fitur memudahkan chat, kelola transaksi, dan cek ongkos kirim dalam satu aplikasi tentunya proses jualanmu akan lebih praktis. Langsung cek KoalaApp sekarang!