Tips Cara Membuat Contoh Promosi yang Menarik Pelanggan

11 November 2022

Sebuah bisnis harus mempunyai contoh promosi yang menarik untuk mendatangkan pelanggan. Promosi wajib dilakukan sebuah usaha, namun promosi yang itu-itu saja tentu akan membuat calon pelanggan merasa tidak tertarik. Oleh karena itu, pelaku usaha harus menggunakan contoh promosi yang menarik untuk mendatangkan keuntungan.

Promosi merupakan bagian penting dari sebuah bisnis. Tanpa promosi, tentu akan sulit bagi calon pelanggan mengetahui sebuah merek atau produk. Oleh karena itu, promosi merupakan proses yang pasti dilalui ketika seseorang ingin berbisnis. Apalagi pasar yang ada semakin kompetitif bagi para pelaku usaha.

Baca Juga: Contoh Kata-Kata Promosi Jualan Baju untuk Online Shop Kamu

Saat ini, persaingan semakin ketat untuk berjualan. Apalagi belanja online juga sering dilakukan. Para pelaku usaha online tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa toko fisik, mereka bisa mengalihkan biayanya untuk keperluan bisnis lainnya. Jadi kamu bisa lihat sendiri ketika mengunjungi e-commerce atau semacamnya, kamu bisa menemukan sebuah produk yang dijual oleh banyak orang dengan kualitas dan harga yang mirip-mirip.

Jadi, setiap orang harus berusaha memberikan pelayanan terbaiknya agar dapat menarik dan mempertahankan pelanggan. Mempertahankan pelanggan juga merupakan sebuah hal yang cukup sulit. Seseorang harus terus melakukan berbagai upaya dan strategi untuk mempertahankan pelanggan.

Namun itu saja tidak cukup. Sebelum mempertahankan pelanggan, tentu kamu harus mendapatkannya. Mendapatkannya juga bukan hal yang mudah. Bahkan terbilang sulit kecuali kamu sudah terkenal akan sesuatu. Hal itu yang biasanya dimanfaatkan artis atau figur terkenal hingga banyak pelanggan datang. Kamu harus memberikan upaya yang cukup keras agar perlahan orang mengenali bisnismu.

Saat ini promosi juga bisa dibilang banyak terbantu dengan kemajuan digital. Kamu bisa melakukan promosi melalui berbagai saluran dan media. Kamu bisa melakukan promosi via media sosial, pesan instan, ads dan semacamnya. Kamu bisa menjangkau banyak orang terutama di media sosial yang digunakan oleh jutaan orang. Biaya yang digunakan juga terbilang tidak mahal. Kamu juga tidak perlu selalu turun di jalan untuk mempromosikan usaha yang kamu jalani.

Tapi, apakah itu semua sudah cukup? Tidak. Kamu bersaing dengan banyak bisnis yang mungkin berada di pasar yang sama. Apalagi banyak merek besar dengan modal yang banyak sehingga bisa melakukan promosi yang masif. Karena itu kamu harus cerdik dalam melakukan promosi sehingga calon pelanggan tertarik untuk sekedar mendatangi atau membeli produk yang kamu jual.

Itulah kenapa di tengah kemajuan yang pesat ini penting untuk terus berpikir kreatif. Dengan berpikir kreatif, maka kamu dapat menarik minat pelanggan. Tentu selain inovatif dalam bisnis, kamu juga perlu menuangkannya dalam melakukan promosi. 

Tips Membuat Contoh Promosi yang Menarik

Mengikuti Tren

Kamu harus terus beradaptasi karena sekarang sesuatu hal cenderung dinamis. Jadi kamu harus mengikuti pasar yang ada termasuk dalam melakukan promosi. Media sosial menjadi salah satu senjata utama untuk promosi, baik brand besar maupun kecil turut meramaikan hal tersebut. 

Dalam sosial media, hal yang paling ramai tentunya adalah tren. Tren juga cenderung dinamis jadi kamu harus benar-benar memperhatikan tren. Jika kamu mengikuti tren yang cocok dengan cara yang tepat, bukan tidak mungkin kamu bisa memberikan contoh promosi yang menarik.

Contohnya saat ini salah satu media yang sering digunakan adalah Tiktok. Kamu dapat memanfaatkan tren yang ada sehingga orang melihat promosi yang kamu buat. Sebagai contoh, kamu dapat membuat video dengan backsound yang sedang ramai digunakan atau bisa juga filter yang ada. Hal tersebut tentu membuat calon pelanggan akan tertarik apalagi jika demografi pasar yang kamu tuju mirip dengan demografi rata-rata pengguna Tiktok.

Baca Juga: Kata-Kata Promosi Jualan Makanan Cemilan yang Menarik

Membuat Video

Saat ini, membuat video tidak lagi sesulit dahulu. Jika dulu untuk merekam seseorang membutuhkan handycam, kali ini tidak. Kamu bisa merekam melalui kamera, atau bahkan handphone. Apalagi media yang menonjolkan visual sebagai produk utamanya seperti Instagram atau Tiktok laris digunakan.

Jadi promosi yang kamu buat sebaiknya tak hanya sekedar gambar saja, namun juga video. Lewat sebuah video juga sebuah pesan cenderung lebih mudah tersampaikan. Namun saat membuat contoh promosi yang menarik lewat video tentu ada beberapa hal yang perlu kamu ingat seperti durasi tidak kepanjangan serta pesannya singkat dan padat. Sebagai contoh, kamu dapat membuat video sketsa komedi agar terlihat berbeda.

Pemilihan Kata yang Tepat

Penggunaan kata harus tepat, apapun situasinya. Hal itu juga termasuk dalam promosi. Baik promosi berbentuk video ataupun gambar, kamu harus menggunakan kata yang tepat. Kata yang tepat adalah kata yang sesuai dengan target yang kamu tuju. Baik itu anak-anak remaja ataupun yang dewasa.

Jika kamu menargetkan remaja atau dewasa muda, kamu bisa menggunakan kata-kata atau kalimat yang sedang atau masih sering digunakan oleh kalangan tersebut. Sebagai contoh, kalimat seperti “rasanya enak banget nggak ada obat”. Namun ada hal yang perlu kamu ingat. Pemakaian kata atau kalimat juga harus disesuaikan agar tidak terkesan memaksa atau terdengar cringe.

Memberi Promo

Promo adalah salah satu senjata utama dalam menarik minat calon pelanggan. Tidak ada orang yang tidak tertarik dengan promo. Bahkan banyak orang yang cenderung jadi lebih boros saat ada promo karena merasa harganya murah dan tidak mau kehabisan barang. Hal ini juga bisa kamu aplikasikan pada contoh promosi yang menarik untuk bisnismu.

Sebagai contoh, kamu bisa memberikan potongan harga bagi sebuah produk dengan pembelian minimal 3 buah barang lain. Hal tersebut tentu akan membuat calon pelanggan tertarik. Bahkan mereka yang tadinya hanya berniat membeli 2 buah jadi merasa harus membeli 3 agar bisa mendapatkan 4 produk.

Menekankan Kelebihan Produk atau Layanan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pasar semakin besar dan kompetitif. Saingan kamu dalam berjualan juga semakin banyak. Oleh karena itu, penting untuk mempunyai hal yang berbeda sehingga calon pelanggan mempunyai alasan kuat untuk memilih produk yang kamu jual.

“Satu-satunya layanan cuci helm di Cisauk yang menyediakan layanan antar jemput” kata-kata tersebut akan menarik minat para pelanggan yang ingin mencuci helm, namun malas atau tak ada waktu untuk mencuci helm tersebut. Hal itu dapat menjadi alasan kuat bagi seseorang untuk memilih sebuah layanan karena kelebihannya sudah ditekankan saat melakukan promosi.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai promosi dan tips membuat promosi yang menarik. Yang terpenting adalah kamu harus jeli dalam melihat pasar yang kamu tuju sehingga kamu bisa menyesuaikan cara promosi yang kamu lakukan.


Dengan Koala, kamu bisa terbantu melayani para pelanggan. Apalagi dengan adanya  Koala+ yang terintegrasi dengan WhatsApp Business API jadi transaksi cuma dalam satu dashboard. Ada juga website jualan yang bantu kamu jualan online dan kontak pelanggan untuk menyimpan kontak para pelanggan setia.