Mengelola Jualan Menggunakan Strategi Pemasaran Produk

1 Agustus 2022

Dalam mengelola jualan online, salah satu hal penting yang harus diperhatikan yaitu dapat memahami strategi pemasaran produk. Hal ini memang sulit dilakukan, oleh karena itu, kamu harus memperbanyak pengetahuan dan pengalaman terlebih dahulu untuk mengelola jualan tersebut.

Dengan mengetahui strategi pemasaran produk ini bertujuan untuk mengenalkan produk yang kamu jual kepada calon konsumen secara luas.

Jika kamu bisa membuat strategi pemasaran produk yang tepat, maka bisnis yang kamu miliki akan mampu meningkatkan penjualan yang dapat menghasilkan keuntungan besar. Dengan begitu, kamu harus mengetahui apa saja strategi pemasaran produk, agar bisnis kamu semakin dilirik oleh calon konsumen. Berikut cara mengelola jualan online dengan strategi pemasaran produk yang efektif.

1. Mengenali calon konsumen dengan baik

Strategi pemasaran produk yang harus kamu ketahui adalah mengenali calon konsumen dengan baik. Calon konsumen ini menjadi target atau sasaran dari penjualan produk kamu. Kamu harus mengenalinya dengan cara membuat survey untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan dari calon konsumen.

Selain itu, kamu bisa menganalisis mengenai sistem pembayaran yang disukai hingga distribusi produk yang diinginkan oleh calon konsumen seperti apa. Hal ini akan semakin menarik perhatian calon konsumen.

Baca juga: 6 Cara Jualan di IG untuk Pemula dan Keuntungannya

 

2. Melakukan promosi 

Strategi pemasaran produk selanjutnya adalah melakukan promosi produk yang tepat. Mempromosikan produk kamu bisa melalui media konvensional maupun media baru, seperti media sosial, situs, dan lainnya.

Kamu juga dapat mempromosikan produk dalam bentuk konten-konten yang kreatif. Hal ini memicu munculnya daya tarik calon konsumen pada produk yang ditawarkan.

Dengan mempromosikan produk ini, kamu harus konsisten atau dilakukan secara terus menerus ya. Dengan begitu, hasilnya akan maksimal dan secara bertahap akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Maka dari itu, tetap melakukan promosi yang tepat sasaran serta mempromosikan sesuai dana yang seminimal mungkin. Yang terpenting, calon konsumen tertarik dengan promosi tersebut.

 

3. Pilih tempat usaha yang strategis

Salah satu strategi pemasaran produk yang tepat adalah memilih tempat usaha yang strategis. Tempat tersebut berada di area yang ramai atau di ruang yang mudah diakses publik. Tempat seperti ini berpotensi memberikan keuntungan yang lebih besar.

Jika kamu ingin mencari lokasi usaha yang strategis ini harus survey terlebih dahulu. Jangan langsung asal membeli tempatnya, apalagi mudah tergiur dengan harga yang murah. Selain itu, kamu pastikan tempat tersebut layak menjadi tempat usaha atau tidak. 

Lokasi yang nyaman dan paling berpotensial dalam berbisnis adalah di pinggir jalan protokol. Contohnya, jika kamu menjual produk untuk keperluan sekolah dan alat kantor, disarankan untuk membuka tempat di sekitar sekolah atau lingkungan kampus yang pastinya memiliki peluang sukses yang lebih tinggi.

Dengan begitu, calon konsumen lebih mudah untuk membeli produk yang kamu jual. Sedangkan, untuk memasarkan produk secara online, kamu juga harus memahami teknik pemasaran digital. Dengan memahami penggunaan media sosial maupun platform e-commerce yang banyak tersedia saat ini untuk strategi pemasaran produk. 

 

4. Bekerja sama dengan influencer

Dengan strategi pemasaran produk ini, produk yang kamu tawarkan akan dilihat oleh banyak orang di media sosial influencer tersebut. Oleh karena itu, kamu harus pintar memilih influencer baik dari kalangan ahli, artis ataupun orang yang memiliki followers dan viewers jutaan.

Siapapun influencer yang kamu pilih akan berpotensi untuk mengajak calon konsumen membeli produk. Memang strategi pemasaran produk ini membutuhkan modal yang cukup  mahal. Tetapi jika kamu memiliki anggarannya tepat dan ada modalnya, tidak dipermasalahkan.

Dikarenakan kamu akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan modal promosi yang dikeluarkan.

 

5. Memberikan penawaran menarik

Strategi pemasaran produk lainnya adalah dengan memberi penawaran menarik, hal ini akan mendatangkan calon konsumen maupun konsumen baru. Berbagai jenis penawaran yang bisa kamu buat adalah mulai dari menawarkan diskon, voucher, ataupun membuat giveaway.

Contohnya, pada event atau membagikan produk secara gratis di area publik yang strategis. Calon konsumen akan mencoba produk gratis tersebut, dengan itu barangkali saja mereka akan membelinya sendiri di kemudian hari.

Maka dari itu, strategi pemasaran produk ini nggak ada salahnya untuk kamu coba ya. Dengan begitu, calon konsumen akan tergerak untuk membeli produk kamu.

Baca juga: Cara Bisnis Online Shop Tanpa Modal dan Rekomendasinya

 

6. Menjalin hubungan yang baik dengan konsumen

Banyak pelaku bisnis yang terlalu fokus pada calon konsumen, sehingga konsumen lama pun terabaikan. Nyatanya, dari konsumen lama inilah yang loyal dan konsisten untuk membeli produkmu secara terus menerus. Dengan begitu, kamu harus menjalin hubungan yang baik dengan konsumen yang mana untuk investasi jangka panjang.

Strategi pemasaran produk ini, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjalin hubungan yang baik. Contohnya, kamu bisa membuat konten interaktif atau membuat program loyalitas konsumen. Strategi pemasaran produk yang memiliki konsep terbaik akan menarik calon konsumen hingga mempertahankan konsumen lama. Dengan begitu, bisnis kamu akan berkembang lebih besar lagi.

 

7. Menjalankan dropship atau reseller

Jika bisnis kamu memiliki banyak produk yang terjual, kamu bisa membuat strategi pemasaran produk dengan sistem dropship atau reseller. Sebagai dropshipper, yang mana dapat menawarkan produk kamu tanpa harus menyetok barang.

Sedangkan dengan sistem reseller, sistem ini dijalankan oleh pelaku bisnis lainnya untuk mempromosikan produk kamu kepada orang lain. Dengan begitu, yang menjadi dropshipper ataupun reseller akan mendapatkan keuntungan beberapa persen dari bisnis kamu.  

 

8. Buatlah website jualan kamu

Strategi pemasaran produk yang terakhir adalah kamu bisa membuat website atas nama brand dari jualan kamu yang sedang dijalankan. Dengan melakukan strategi pemasaran produk tersebut, kamu akan mendapatkan keuntungan hasil dari jualan kamu sendiri.

Kamu juga bisa membuat kepercayaan kepada calon konsumen, serta membuat website bisnis atau toko kamu yang mudah dicari. Kalau kamu merasa kesulitan untuk membuat website tersebut, kamu harus mempelajarinya terlebih dahulu.

Dengan memahami website, seperti membuat tampilan website yang menarik, memiliki transaksi yang mudah, dan pilihan jasa pengiriman yang terjangkau, serta membuat produk kamu bisa dikirimkan ke seluruh Indonesia.


Nah, itulah cara mengelola jualan online dengan strategi pemasaran produk yang efektif. Hal ini adalah hal utama yang harus kamu perhatikan, jika bisnis kamu ingin terus berkembang dan bertahan.

Dalam mengatur strategi tersebut, kamu perlu mengamankan data pelanggan agar bisa tersimpan di cloud server dan tidak hilang. Selain itu, kamu bisa kelola kontak dan pesanan pelanggan juga, lho. Semua bisa kamu temukan di dalam satu aplikasi yaitu Koala App! Mudah, bukan?