Cara Membuat Nama Olshop Kekinian yang Menjual di Pasaran

13 Juni 2022

Cara merealisasikan usaha olshop kamu pertama kali adalah dengan menentukan nama olshop kekinian yang diinginkan. Nah, menentukan nama olshop memang agak tricky, terutama buat pemula. Apalagi kalau mesti nyari nama olshop kekinian di jaman sekarang.

Pastinya, sebelum nentuin nama olshop kekinian, kamu juga perlu tahu nih apa pengertian dari olshop. Seperti yang diketahui, Online Shop adalah toko yang menjual produk secara online dan melakukan transaksi secara digital melalui smartphone yang digunakan oleh pembeli dan penjual.

Hal ini agar mendapatkan kesepakatan kedua belah pihak dalam kegiatan jual beli. Pembeli dengan mudah melihat dan memilih produk yang sesuai kebutuhannya, serta proses transaksinya pun bisa melalui rekening bank, m-banking, OVO, DANA, dan sebagainya. 

Setelah proses transaksi selesai, penjual akan merespon produk yang dibeli dan segera melakukan pengiriman ke alamat tujuan pembeli. Salah satu usaha inilah yang dapat mengikuti jaman yang serba digital.

Dengan itu, kamu nggak perlu bingung lagi buat mencari ide usaha bagi pemula. Nah, ini saya kasih tahu cara membuat nama olshop kekinian, agar konsumen tertarik saat membeli produk kamu. 

1. Pastikan nama olshop kekinian yang kamu pilih sesuai produk dan target

Sebaiknya, kalau kamu ingin membuat nama olshop kekinian, harus disesuaikan dengan produk dan target yang kamu jual. Hal ini berguna supaya nama olshop kekinian yang kamu inginkan dapat menggambarkan produk dengan baik.

Sementara untuk target pasar, juga harus diperhatikan. Ada yang untuk anak muda, dewasa, sampai lansia. Gaya bahasa yang dipakai juga bisa saja berbeda-beda tergantung dengan tren yang sedang happening. Sebisa mungkin, penjual harus menggunakan bahasa yang membuat konsumen menjadi tertarik.

2. Buat nama olshop kekinian yang singkat dan mudah diingat

Tips satu ini juga penting untuk kamu perhatikan, lho. Kalau kamu sudah nemuin nama olshop kekinian yang cocok, sebaiknya perlu dicek lagi nih apakah nama tersebut mudah dibaca khalayak umum atau tidak. Jangan sampai nama olshop kekinian kamu sulit dibaca oleh konsumen yang ngebuat mereka susah mengingatnya. Hal ini guna konsumen dapat lebih mudah mengenali olshopmu.

Nggak cuma itu, harus diperhatikan juga nih nama olshop kekinian kamu dipersingkat atau diperjelas. Disarankan agar tidak memilih nama yang terlalu panjang dan rumit.

Nama olshop kekinian kamu terbagi menjadi satu sampai tiga suku kata saja, contohnya Fanta (dibaca 'fanta' dalam 1 suku kata), Bershka (dibaca ‘bersh-ka’ 2 suku kata), Cotton On (dibaca ‘Cott-on-on’ 3 suku kata).

3. Punya filosofi atau arti dari nama olshopmu

Buatlah nama olshop kekinian kamu yang punya arti bagus atau terdapat makna di dalamnya. Dengan cara ini, kamu harus lebih dalam mengenali value dari toko kamu. Nama olshop kekinian bisa disesuaikan baik dari sisi layanan, kualitas atau apapun yang kamu tawarkan.

Kalau kamu sudah menentukan nama olshop kekinian ini dengan filosofi yang ada, biasanya akan terlihat lebih catchy dan unik di mata orang.

Seperti halnya brand permen cokelat warna-warni yang ikonik banget, ini ternyata juga diambil dari inisial nama belakang para pendirinya. Yakni Forrest Mars, Sr. dan Bruce Murrie yang disingkat menjadi M&M's atau Mars & Murrie's, dan brand lokal lainnya yaitu Ideku Handmade, Burgreens Healthy Food, Gudeg Yu Djum, Sambal Bu Rudy, Batik Danar Hadi, atau Toko Kopi Tuku.

4. Cek nama olshopmu ke domain yang tersedia

Biar nggak sama persis dengan olshop orang lain, kamu bisa mengecek terlebih dahulu ke website domain.com. Pertama-tama, kamu harus membuat nama olshop kekinian. Jika kamu sudah menentukan nama yang sesuai, cek nama domain dan segera register nama domain tersebut.

Hal ini bertujuan supaya nama domain yang kamu inginkan nggak terlanjur dibeli orang lain, sehingga kamu nggak perlu mengganti nama olshop kekinian yang baru lagi.

Untuk mengecek nama domain, kamu bisa pakai layanan hosting. Biasanya, ada menu untuk melakukan cek domain. Di situlah kamu bisa melakukan pengecekan sampai kamu memilih nama olshop kekinian yang sudah kamu buat.

 

Atur Domain Nama Olshop Kekinian Kamu

Kamu juga bisa mengubah ekstensi nama domain yang kamu inginkan. Seperti halnya, memakai ekstensi .com, .my, .co, .shop dan lainnya. Selain itu, kamu bisa coba dengan menambahkan unsur-unsur kata yang punya asosiasi dengan olshopmu.

Contohnya, unsur kata-kata yang bisa kamu tambahkan ke dalam nama olshop kekinian buat menggambarkan produk yang kamu tawarkan. Lalu ada contoh multiple words, yaitu gabungan dua kata, misalnya herbbake, upbake, madbake, dan lainnya. 

Sedangkan untuk kata yang berima, misalnya cake bake, bake state, wake bake, dan lain-lain. Untuk contoh real names, supaya lebih unik dan personal, kamu juga bisa memasukkan unsur namamu sebagai pemilik bisnis.

Misalnya, Maya punya bisnis kuliner yang menjual kue handmade. Maya membuat nama olshop kekinian yakni Dapur Maya, Maya Bakes, Meals by Maya, Maya Cooks. Atau dari nama jenis makanan yang dijual, misalnya brownies, menjadi Brownies Handmade, Jajan Brownies, dan semacamnya.

Kalau kamu punya bisnis di bidang kuliner, kamu bisa menambahkan unsur kata berikut ini, supaya nama olshop kekinian kamu semakin keren, seperti eats, dapur, jajan, kedai, bake, bakery, fresh, bites, homemade, coffee, eatery, cooks, dan lainnya.

Buat di bidang fashion, yang menjual berbagai koleksi pakaian, perlu menambahkan unsur kata, seperti shop, official, store, wear, apparel, dan stuff,

Sementara, di bidang teknologi, kamu bisa menambahkan unsur kata yang bagus untuk nama olshop kekinian, seperti store, official, tech, gadget, mall, dan phone.

Pada bidang aksesoris atau kerajinan tangan, kamu bisa membuat nama olshop kekinian kamu, seperti handmade, craft, artisan, dan by *namakamu*. Selain itu, kamu juga bisa memakai Misspelling name atau salah pengejaan, agar membuat nama olshop kekinian yang unik.

Contohnya, Xero dari zero, Tumblr dari tumbler, Flickr, Froot Loops, Krispy Kreme, dan lain-lain. Misspelling name membuat nama terlihat lebih modern dan menarik. Hal ini adalah salah satu cara untuk membuat nama yang unik dan lebih berani berbeda dari yang lain.

Nah, itu dia cara membuat nama olshop yang kekinian. Setelah nanti kamu dapat ide nama, jangan lupa tentuin sistem olshop yang kamu inginkan seperti apa supaya mudah menjalankannya.

Apakah kamu menginginkan sistem yang bisa merangkap transaksi penjualan, pesanan dari pembeli, maupun kemampuan untuk mengecek pengiriman pemesanan? Yup, semua itu bisa dapatkan dengan Koala. Kamu bisa kelola itu semua tanpa harus pindah aplikasi yang lain. Yuk cari lengkapnya di sini.