Cara Meningkatkan Penjualan baik Online Maupun Offline

6 Oktober 2022

Cara meningkatkan penjualan baik secara online maupun offline ada bermacam-macam cara. Kamu bisa memilih cara yang paling pas untuk usahamu dan menentukan mana cara yang paling sukses untuk meningkatkan penjualanmu. Setiap cara meningkatkan penjualan yang dilakukan oleh bisnis memiliki poin yang hampir sama, tapi cara yang dilakukan berbeda. Ini menimbulkan hasil yang berbeda juga.

Berikut ini adalah cara meningkatkan penjualan baik secara online maupun offline yang bisa kamu lakukan:

1. Tentukan Targetmu

Menentukan siapa target penjualanmu akan sangat berpengaruh pada peningkatan penjualanmu. Seberapa bagus produk yang kamu buat, penjualan tidak akan terjadi jika kamu menjual pada orang yang salah. Untuk itu kamu perlu memperjelas siapa yang akan membeli produkmu, siapa yang akan menjadi target pasarmu, hingga siapa yang akan melakukan pembelian produkmu.

Kamu bisa membuat target pasarmu dengan spesifik seperti berapa usia mereka, apa jenis kelamin mereka, hingga apa hobi mereka. Ini untuk memudahkan cara meningkatkan penjualan usahamu.

2. Perjelas Masalah yang Kamu Selesaikan

Ketika menjelaskan produkmu, tentunya pelanggan lebih suka penjelasan yang langsung dan jelas. Untuk itu kamu perlu menjelaskan permasalahan yang diselesaikan oleh produkmu dengan lebih sederhana. Tanpa berbelit-belit, pastikan bahwa produk yang kamu jual dapat menyelesaikan permasalahan yang mereka alami. Misalnya menjual payung agar pengguna tidak basah saat hujan atau menjual botol minum agar pelanggan dapat tetap membawa minum dengan praktis. Ketika kamu menjual solusi yang benar-benar menyelesaikan masalah, pelanggan akan lebih tertarik dengan produkmu.

3. Telepon Pelanggan

Jika kamu memiliki daftar nomor telepon pelanggan, kamu bisa mencoba menghubungi pelangganmu untuk memberikan penawaran produk. Menggunakan telepon masih menjadi salah satu cara pemasaran yang sangat sering digunakan. Kamu bisa mencoba kesempatan ini untuk menarik perhatian calon pembeli.

4. Gunakan Iklan

Iklan adalah salah satu cara meningkatkan penjualan yang juga cukup sering digunakan. Baik iklan billboard, koran, TV, radio, hingga internet. Semua jenis iklan dapat membantu meningkatkan penjualan selama dilakukan dengan cara yang tepat.

Pastikan kamu memilih mana jenis iklan yang paling sesuai dengan usahamu. Terutama jika usahamu adalah bisnis kecil, maka kamu perlu benar-benar selektif dalam memilih jenis iklan yang kamu pakai.

Baca Juga: Tips Jualan Aksesoris Agar Laris Manis Secara Online

5. Gunakan Media Sosial

Saat ini hampir semua orang memiliki media sosial. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial sebagai cara meningkatkan penjualan. Media sosial memiliki beragam fitur yang bisa digunakan untuk meningkatkan jualanmu. Mulai dari iklan hingga kamu bisa berjualan langsung lewat media sosial.

Saat memutuskan menggunakan media sosial untuk meningkatkan penjualan, kamu juga perlu memastikan bahwa kualitas konten yang kamu berikan kepada pelanggan tetap baik.

6. Jaga Hubungan dengan Pelanggan

Menjaga hubungan baik dengan pelanggan adalah salah satu cara untuk mempertahankan penjualan. Pelanggan yang sudah pernah membeli produkmu tentunya akan lebih senang ketika kamu tetap memberikan informasi menyenangkan kepada mereka. Kamu bisa memberikan diskon spesial atau promosi menarik lainnya agar mereka melakukan transaksi ulang.

7. Referral Program

Cara meningkatkan penjualan yang juga cukup sering dilakukan adalah dengan menggunakan referral program. Ini merupakan program di mana orang yang membagikan kode berbelanja di tokomu akan mendapatkan diskon, potongan harga, bonus, dll. Referral program merupakan cara menarik jika kamu ingin meningkatkan penjualan dan juga memasarkan produkmu kepada yang lain.

8. Tawarkan Produk Gratis

Menawarkan produk gratis pada pelanggan juga bisa menjadi cara meningkatkan penjualan untuk usahamu. Pembeli lebih suka dengan produk gratis dibandingkan dengan potongan harga atau voucher lainnya. Memberikan penawaran produk gratis akan menarik perhatian pelanggan untuk membeli lebih banyak dan melakukan transaksi lebih sering.

9. Jual Manfaat Produk

Menjual manfaat produk jauh lebih efektif dibandingkan dengan menjual produk saja. Saat menjual manfaat produk, kamu akan berkomunikasi dengan pelanggan dan memberikan solusi untuk masalah mereka. Ini akan lebih ampuh untuk menarik perhatian pelanggan dibandingkan dengan sekedar menjelaskan pengertian produk dan apa saja isi di dalamnya. Contohnya daripada membeli alat pel, tentunya pelanggan lebih memilih pel otomatis yang bisa mengeringkan sendiri tanpa harus menggunakan tangan langsung.

10. Tingkatkan Sisi Kompetitif Produk

Saat kamu memulai usaha, tentunya kamu sudah mempelajari siapa saja kompetitor usahamu. Pastinya kamu juga sudah memahami apa saja sisi kompetitif dari produkmu dibandingkan dengan kompetitor. Pastikan untuk terus meningkatkan sisi kompetitif produk agar kamu tetap bisa memberikan yang terbaik dan berbeda dari kompetitormu. Dengan cara ini, kamu juga menjadi lebih unggul dibanding kompetitor usahamu.

Baca Juga: Tips Kelola Aplikasi Jualan Online Tanpa Modal Besar

11. Gunakan Strategi Harga

Pemilihan harga juga merupakan hal yang penting untuk meningkatkan penjualan. Memberikan harga yang tepat untuk produkmu akan menempatkan produkmu di posisi yang tepat.

Dalam beberapa hal, pembeli lebih memilih barang yang lebih terjangkau dibanding lainnya, tapi dalam beberapa kasus pula pelanggan lebih memilih harga mahal untuk kebutuhan mereka. Pastikan kamu menentukan harga yang tepat agar pelanggan bisa memilih mana produk yang mereka beli.

12. Pasarkan di Banyak Tempat

Baik usaha online maupun offline pasti memerlukan pemasaran. Pemasaran adalah cara meningkatkan penjualan yang juga cukup efektif untuk digunakan. Kamu perlu menggunakan banyak tempat untuk memasarkan produkmu. Misalnya dengan menggunakan brosur yang dibagikan, memasang iklan di media sosial, dan menggunakan cara lain seperti bekerja sama dengan konten kreator.

13. Cari Tahu Bagaimana Pelanggan Menemukanmu

Mempelajari sifat pelanggan juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan penjualan. Dengan mengenal siapa pelangganmu, kamu bisa memilih cara yang tepat untuk menaikkan penjualan. Misalnya dengan mengetahui darimana pelanggan menemukan produkmu. Jika pelanggan menemukan produkmu melaui iklan, maka iklan yang kamu lakukan perlu ditingkatkan lebih baik lagi. Ini juga cara untuk menyaring mana cara yang paling efektif dilakukan untuk pemasaran usaha.

14. Upsell pada Pelanggan

Salah satu cara meningkatkan penjualan yang juga cukup sering dilakukan adalah dengan cara upsell yaitu menjual lagi produk serupa, tapi dengan peningkatan tertentu. Cara ini sangat efektif dilakukan untuk membuat pelanggan melakukan transaksi kembali di usahamu. Misalnya dari berlangganan produk A, kamu bisa menjual lagi produk B yang berisi dengan produk A tapi dengan tambahan pengiriman produk gratis. Upsell pelanggan terbukti cukup efektif terutama jika kamu memiliki layanan berlangganan.

15. Naikkan Harga

Setiap tahun tentunya harga barang selalu naik. Menaikkan harga juga bisa menjadi cara meningkatkan penjualan untuk usahamu. Agar kamu tetap bisa memberikan produk terbaik, kamu bisa pilih mengurangi biaya operasional atau menaikkan harga. Kedua cara tersebut dapat membantu jalannya usahamu semakin lancar.

Semua cara meningkatkan penjualan tersebut merupakan cara yang cukup sering dilakukan. Kamu bisa memilih mana cara yang pas untuk usahamu agar proses usahamu menjadi semakin lancar. Kamu juga bisa menggunakan KoalaApp untuk meningkatkan performa usaha. Dengan fitur website jualan, keyboard jualan, dan atur transaksi, KoalaApp akan memudahkan proses usahamu. Langsung cek KoalaApp sekarang.