Tips Jualan Aksesoris Agar Laris Manis Secara Online

12 September 2022

Memulai usaha jualan aksesoris merupakan cara untuk menambah penghasilan bagi siapapun. Jualan aksesoris memiliki banyak sekali peminat karena pengguna aksesoris juga semakin naik. Aksesoris adalah pelengkap penampilan sehingga peminatnya juga cukup banyak.

Tidak hanya itu saja, aksesoris yang menjadi pelengkap fashion memiliki banyak sekali variasi. Mulai dari perhiasan hingga aksesoris pelengkap lainnya seperti topi ataupun sabuk. Tergantung dengan apa jenis aksesoris yang kamu jual, kamu tentunya perlu mengetahui trip dan tips agar jualan aksesoris bisa lancar secara online. Berikut ini adalah beberapa tips agar jualan aksesoris secara online bisa laris manis:

 

1. Membuat Strategi E-Commerce

Jualan aksesoris secara online membutuhkan strategi yang berbeda dengan jualan aksesoris secara offline. Kebutuhan pemasaran dan jangkauan pelanggan dari kedua cara jualan tersebut sangat berbeda satu sama lain. Memulai usaha jualan aksesoris secara online juga perlu strategi yang tepat agar bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan meningkatkan pendapatan.

Strategi jualan aksesoris secara online bisa kamu susun berdasarkan mana marketplace yang paling banyak digunakan oleh pelangganmu. Selain itu kamu juga perlu mempertimbangkan kompetitor yang ada di dalam marketplace tersebut. Semakin banyak kamu melakukan riset terhadap marketplace maka kamu bisa menemukan strategi mana yang palin tepat untuk usaha jualan aksesoris mu.

Kamu juga bisa menggunakan website untuk meningkatkan penjualanmu. Membuat website bisa menjadi strategi untuk meningkatkan brand awareness. Selain digunakan sebagai cara jualan, website juga bisa menjadi katalog untuk produk-produkmu.


2. Buat Tampilan yang Menarik

Jualan aksesoris secara online akan memerlukan tampilan yang menarik untuk pelangganmu. Platform apapun yang kamu gunakan, pastikan kamu memberikan tampilan yang bisa membuat para pembeli tertarik untuk memeriksa produk-produk yang kamu jual. Pengalaman dengan tampilan menarik akan lebih mudah meningkatkan penjualan.

Jika kamu hanya jualan aksesoris lewat marketplace saja, kamu juga bisa menggunakan tampilan yang menarik lewat foto-foto produk. Foto produk yang menarik tentunya bisa menjadi cara jitu untuk menarik perhatian pelanggan dengan produkmu. Kamu juga bisa menambahkan video demonstrasi penggunaan aksesoris yang kamu jual.

Baca Juga: Contoh Loyalty Program untuk Pelanggan
 

3. Pilih E-Commerce yang Tepat

Tips selanjutnya agar jualan aksesorismu bisa laris manis adalah pilih e-commerce yang tepat untuk berjualan. Cara ini sama dengan memilih lokasi berjualan yang paling pas untuk jualan aksesorismu. Saat memilih e-commerce yang tepat, kamu bisa menjual produkmu dengan mudah karena pasar sudah terbentuk dengan baik.

Untuk jualan aksesoris kamu bisa memilih e-commerce yang memiliki kategori fashion. Ada banyak marketplace yang bisa kamu pilih di Indonesia. Selanjutnya adalah tinggal menyeleksi apakah peluang berjualan di marketplace tersebut cukup besar untuk aksesoris. Pastikan kamu menjual di marketplace yang langsung bertransaksi dengan pelanggan dan bukan jenis marketplace B2B untuk bisnis.
 

4. Tingkatkan Pelayanan Pelanggan

Jualan aksesoris secara online akan membutuhkan cara khusus agar pelanggan bisa percaya dengan jualanmu. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan pelayanan pelanggan. Kamu perlu aktif menanggapi pelanggan dan bisa menjawab kebutuhan dari para pelanggan. Ini akan membuat usahamu lebih dipercaya dan para pelanggan bisa melakukan transaksi dengan aman dan nyaman.

Kau bisa menggunakan chatbot untuk membantumu menjawab pertanyaan pelanggan selama 24 jam. Kamu juga bisa meningkatkan pelayanan dengan memberikan kolom FAQ lengkap agar pelanggan bisa memeriksa terlebih dahulu. Kunci dari pelayanan pelanggan yang maksimal adalah komunikasi yang baik. Jadi pastikan kamu berkomunikasi dengan baik kepada pelangganmu agar jualan aksesorismu bisa laris.
 

5. Pengiriman yang Tepat Waktu

Berjualan secara online tentunya membutuhkan pengiriman yang terbaik. Pelanggan akan merasa kecewa jika proses pengiriman memakan waktu lama, terutama jika pesanan tidak segera diproses. Meningkatkan kinerja pengiriman akan membantu lancarnya jualan aksesorismu secara online.

Kamu perlu bekerjasama dengan kurir yang terpercaya dan mampu menjamin pengiriman yang tepat waktu. Pastikan juga apakah kurir untuk usahamu mampu mengirim ke area-area tertentu atau hanya membatasi area pengiriman di satu wilayah saja. Poin ini sangat penting agar kamu tetap bisa melayani pelanggan yang berada di area cukup jauh.
 

6. Buat Strategi Loyalitas Pelanggan

Selain mencari pembeli untuk usahamu, kamu juga perlu memastikan agar pelanggan tersebut mau melakukan pembelian ulang. Membuat strategi loyalitas pelanggan akan membantumu meningkatkan penjualan dan tentunya pelanggan tidak akan berpaling kepada kompetitor.

Salah satu strategi loyalitas yang bisa kamu gunakan adalah dengan memberikan diskon atau voucher kepada pelanggan yang melakukan pembelian ulang. Cara ini bisa membantu jualan aksesoris lebih laris. Cara ini juga ampuh digunakan meskipun kamu berjualan secara online.
 

7. Bangun Kepercayaan Pelanggan

Meskipun sudah banyak usaha yang dilakukan secara online, bukan berarti para pembeli lengah dan tidak memperdulikan reputasi penjual. Membangun kepercayaan dengan pelanggan adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Kamu perlu membangun kepercayaan ini agar pelanggan bisa berbelanja produkmu dengan mudah dan aman.

Agar kepercayaan tersebut bisa terbangun dengan baik, kamu menjadi penjual yang memproses pesanan dan pengiriman pesanan secara tepat waktu. Tidak hanya itu saja, melayani pertanyaan pelanggan juga bisa membantu untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan. Cara lainnya adalah dengan menampilkan review atau testimoni dari pelangganmu.

Baca Juga: Hal-Hal yang Diperhatikan Dalam Feed Instagram
 

8. Meningkatkan Pengalaman Belanja Pelanggan

Pengalaman belanja pelanggan adalah poin penting jika kamu jualan aksesoris online. Pastikan kamu memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan dan ramah kepada pelanggan. Tidak hanya itu saja, pastikan kamu juga memberikan apa yang pelanggan butuhkan. Cara ini perlu dilakukan karena pengalaman belanja pelanggan adalah salah satu poin yang membuat mereka melakukan pembelian ulang.

Contoh sederhananya adalah jika kamu menjual aksesoris berupa perhiasan, kamu bisa mengarahkan pelanggan perempuanmu kepada produk yang mungkin mereka sukai seperti cincin atau kalung. Namun, kalau kamu memiliki pelanggan laki-laki, kamu perlu bertanya terlebih dahulu jenis perhiasan seperti apa yang mereka cari agar bisa menawarkan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Meningkatkan pengalaman belanja juga bisa dilakukan setelah pelanggan melakukan transaksi. Misalnya setelah pembelian, kamu kembali menghubungi pelanggan untuk bertanya apakah ada kesulitan dengan produk yang mereka beli atau tidak. Pertanyaan lain yang bisa kamu tanyakan adalah apakah pelanggan suka dengan produk yang mereka beli. Cara ini bisa meningkatkan pengalaman belanja yang menyenangkan karena pelanggan merasa dipedulikan olehmu.


Memutuskan usaha jualan aksesoris adalah keputusan yang sangat cocok untuk kamu yang paham tentang aksesoris dan fashion. Jualan aksesoris sebagai pelengkap fashion juga merupakan usaha yang dapat menghasilkan pendapatan tinggi selama kamu paham cara mengelola bisnisnya.

Untuk pengelolaan usaha, kamu juga bisa menggunakan Koala. KOALA+ adalah partner bisnis resmi Facebook yang membantu bisnis kamu agar lebih mudah menjalankan transaksi online berbasis layanan pesan menggunakan WhatsApp Business API. Kamu bisa daftar Koala sekarang juga!