Konsep Marketing Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

3 April 2023

Untuk menghadapi persaingan bisnis, konsep marketing penting dibuat dengan matang. Kenapa penting? Karena dengan hal ini, produk yang kamu jual bisa diterima oleh masyarakat dan berpotensi unggul dalam persaingan bisnis. Konsep dari pemasaran ini juga jadi salah satu aspek yang memudahkan pelaku bisnis meningkatkan penjualan secara maksimal. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Konsep Marketing

Konsep marketing adalah suatu konsep yang dibuat untuk bisa digunakan dalam proses pemasaran agar bisa memaksimalkan keuntungan atau penjualan. Cara yang dimaksud adalah dengan memenuhi kebutuhan konsumen, meningkatkan penjualan, hingga mengalahkan para kompetitor.

Dari konsep marketing ini, yang menjadi titik berat adalah pemahaman kebutuhan konsumen sehingga bisa membangun hubungan yang saling menguntungkan antara konsumen dan pelaku usaha. Berbeda dengan pemasaran yang sifatnya untuk menjual produk, konsep marketing lebih fokus pada kepuasan pelanggan.

Konsep ini juga dimanfaatkan untuk data pemasaran dalam melakukan pemetaan kebutuhan serta keinginan para konsumen atau pelanggan. Dengan beragam data tersebut konsep marketing ini dapat lebih efektif dan memberikan dampak yang positif pada bisnis yang dijalankan.

Agar dapat membuat konsep marketing yang baik seorang pelaku usaha harus mengutamakan kepuasan pelanggan. Jadi yang perlu diperhatikan di sini ada kebutuhan yang dikenal juga dengan istilah needs. Sesuatu yang dibutuhkan untuk bisa bertahan hidup misalnya makanan, tempat tinggal, serta keamanan.

Lalu ada juga wants atau keinginan yang merupakan sesuatu yang diinginkan dalam hidup sehari-hari serta tidak ada pengaruh dalam kebutuhan untuk bertahan hidup. Terakhir ada demand atau permintaan yang merupakan kebutuhan atau keinginan yang disertai dengan kemampuan sehingga timbul tuntutan.

Baca Juga : Cara Promosi di Instagram yang Benar untuk Akun Baru

5 Konsep Pemasaran Beserta Kekurangan dan Kelebihan

Di sini ada lima konsep marketing yang perlu dipahami dengan baik oleh para pelaku usaha. Mari langsung saja simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

1. Konsep Produksi

Konsep marketing pertama ada konsep produksi yang mempunyai asumsi kalau konsumen akan menyukai produk yang harganya murah dan tersedia dalam jumlah yang banyak. Konsep ini membuat bisnis jadi lebih fokus pada proses produksi serta distribusi produk.

Kelebihan dari konsep pertama ini harga yang murah sehingga bisa menarik perhatian banyak konsumen. Sementara kekurangannya adalah kualitas produk yang biasanya tergolong rendah karena lebih mengutamakan sisi kuantitatifnya.

2. Konsep Produk

Konsep yang kedua ini merupakan konsep yang memiliki asumsi kalau konsumen menyukai produk yang berkualitas, berguna, serta mempunyai fitur yang bermanfaat. Pada konsep produk harus fokus pada kualitas produk serta memenuhi permintaan dari pelanggan.

Kelebihannya adalah produk memiliki kualitas yang tinggi sehingga pelanggan akan merasa puas. Namun harga produk yang mahal menjadi kekurangannya. Tidak semua kalangan bisa menjangkau produk tersebut nantinya.

3. Konsep Penjualan

Ada juga yang disebut konsep penjualan yang fokusnya kepada cara melakukan penjualan serta promosi dalam skala besar. Dimana artinya konsep ini mengharuskan pelaku usaha memikirkan cara promosi terbaik untuk bisa menarik perhatian konsumen.

Kelebihannya adalah penjualan bisa dilakukan secara optimal jika bisa menemukan strategi promosi yang tepat dan sesuai. Sementara kekurangannya, bisnis bisa gagal jika strategi promosi yang dipilih tidak sesuai dan tidak tepat. Penjualan akan mengalami penurunan dan bisa mendatangkan kerugian.

4. Konsep Pemasaran

Selanjutnya pada konsep marketing ada juga yang dikenal dengan konsep pemasaran. Ini merupakan konsep yang menempatkan konsumen sebagai fokus utama pelaku usaha. Dimana pengusaha yang menggunakan konsep ini percaya kalau fokus pemasaran ada pada kebutuhan serta keinginan target pasar. Jadi pelaku usaha bisa member value lebih baik dari para kompetitor.

Cara yang bisa dicoba ada content marketing, iklan, dan pemasaran sosial media. Kelebihan dari konsep ini adalah pengusaha dapat memahami pelanggan, sementara kekurangannya butuh waktu yang lama serta biaya tinggi.

Baca Juga : Cara Promosi Makanan di WA agar Jualan Laris Manis

5. Konsep Pemasaran Sosial

Konsep yang terakhir ada pemasaran sosial dimana konsep pemasaran ini dapat mendatangkan keuntungan serta kontribusi dalam menaikkan kesejahteraan masyarakat. Sebuah konsep yang mengedepankan keseimbangan alam.

Kelebihannya adalah bisa menaikkan loyalty pelanggan karena bisa menghasilkan produk yang ramah lingkungan. Hanya saja segmentasi pasar lebih terbatas karena konsep ini hanya berhasil pada konsumen yang sadar lingkungan dan isu sosial.

Pada intinya konsep marketing adalah sebuah aspek penting yang perlu dikuasai dan dipahami pelaku usaha agar bisa mengembangkan bisnisnya melalui kepuasan pelanggan. Terdiri dari beberapa jenis konsep maka bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa menggunakan Koala+ untuk menjalankan konsep marketing ini.

Koala+ dilengkapi beberapa fitur yang mendukung bisnis seperti Chatbot, Broadcast Massage, Manajemen Produk & Transaksi serta Live Customer Service. Dengan fitur-fitur ini, bisa membantu pelaku usaha untuk mengelola bisnis jadi lebih mudah dan meningkatkan pelayanan pelanggan. Fitur canggih ini bisa menunjang dan mendukung perusahaan meraih dan mempertahankan kepuasan pelanggan. Jadi pastikan untuk menggunakan Koala+ agar bisa mengembangkan bisnis dengan cepat.

Kamu juga bisa mendapatkan beberapa keunggulan saat menggunakan Koala+ seperti lebih produktif dengan fitur kelola transaksi dan produk dalam satu dashboard. Dengan begitu penjualan bisa naik secara signifikan. Selain itu, Koala+ meringankan tugas penjual dalam membalas chat dengan chat otomatis akan merespon chat pelanggan 3x lebih cepat. Kamu jadi lebih hemat biaya operasional sebesar 52% karena bisa promosi produk lebih direct & massal, sekaligus punya website sendiri.

Jadi tunggu apalagi segera daftar Koala+ sekarang juga.