Cara Promosi di Instagram yang Benar untuk Akun Baru

25 Februari 2023

Bingung promosi produk? Jika iya, kamu bisa melakukan beberapa cara promosi di instagram. Saat ini, instagram menjadi salah satu platform media sosial yang banyak digunakan. Tidak hanya untuk berbagi keseruan saja, instagram juga digunakan untuk promosi produk oleh para pelaku bisnis. Bagaimana caranya? Yuk simak cara promosi produk di Instagram yang benar untuk akun baru dibawah ini.

Cara Promosi di Instagram

Promosi jualan di instagram sangat penting dilakukan karena jangkauannya yang lebih luas sehingga berpotensi mendapatkan lebih banyak pelanggan. Dengan demikian, keuntungan yang kamu dapat juga lebih besar. Meski begitu, promosi di instagram tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa cara yang harus dilakukan agar promosi produk di Instagram efektif dan efisien.

1. Menggunakan Alat Otomatis

Adapun alat otomatis yang dimaksud adalah Social DRift. Alat ini banyak digunakan pelaku bisnis untuk mendapatkan followers lebih banyak di akun baru. Social DRift akan menentukan target audiens kamu, termasuk juga yang menyukai dan mengomentari postingan tersebut.

Selain itu, perangkat tersebut juga bisa mengikuti pengguna lainnya yang berpengaruh agar terlibat dalam promosi bisnisnya hingga 24 jam. Alat ini menggunakan teknologi AI atau kecerdasan buatan yang mampu mengoptimalkan aktivitasmu di instagram sekaligus meningkatkan jumlah followers dengan organik.

Baca Juga : Cara Melihat Insight Instagram untuk Promosi Bisnismu!

2. Membangun Interaksi dengan Influencer

Influencer memiliki kemampuan untuk menjelaskan berbagai topik kepada followersnya. Jadi jangan heran jika ada istilah the power of influencer. Salah satu kunci marketing di instagram adalah memanfaatkan jasa influencer atau berteman dengan influencer. Jika beruntung kamu bisa mendapatkan promosi gratis untuk akun barumu.

Namun yang terpenting adalah memastikan influencer memiliki kepribadian dan konten yang sesuai dengan produk bisnismu. Kamu bisa mengikuti akun instagram influencer tersebut dan berinteraksi. Seperti ikut berkomentar di postingan influencer tersebut. Pastinya, kebanyakan dari followersnya juga sangat relate dengan bisnismu.

3. Jangan Lupa Mengikuti Tren dan Hashtag

Hashtag memberikan pengaruh yang besar terhadap eksposur sebuah postingan akun baru. Terlebih, jika konten tersebut lagi tren di media sosial. Adanya hashtag ini juga mampu menjangkau beranda pengguna lainnya yang mana bukan followers kamu. Akan tetapi, pastikanlah bahwa hastag yang digunakan juga relevan yang dengan konten promosi bisnismu. Jangan terlalu banyak menggunakan hashtag. Apalagi, jika hastagnya tidak relevan. Cukup gunakan 1-2 hastag saja untuk memperbesar jangkauan eksposur postinganmu. Jika tetap dilakukan, cukup beresiko ke akun instagram karena bisa dibatasi fiturnya dan bisa diblokir.

4. Mempromosikan Akun Instagram di Platform Lain

Selain di instagram, kamu juga bisa membagikan postingan ke platform sosial media lainnya, seperti Twitter, Facebook dan sejenisnya. Apalagi, jika kamu sudah memiliki banyak followers, pasti akan lebih mudah pastinya untuk mendapatkan followers baru dari hasil promosi tersebut.

Namun, informasi yang diberikan jangan hanya nama akun instagram baru saja. Pastikan juga menambahkan informasi tentang bisnis kamu di instagram. Setidaknya, sajikanlah informasi yang mampu membuat orang tertarik dengan instagram kamu. Sehingga, mereka akan penasaran dengan konten tersebut.

5. Coba Jasa Paid Promote

Apabila cara-cara diatas belum ampuh dan ingin mendapatkan hasil yang cepat untuk akun baru, kamu bisa menggunakan jasa paid promote yang sering ditawarkan di berbagai event. Kurang lebih, jasa ini sama seperti jasa influencer, tetapi dengan tarif yang lebih murah.

Adapun konten yang diposting bisa berupa gambar ataupun video di feed atau story. Meskipun murah, kamu juga butuh effort lebih untuk melakukan riset manakah akun yang sekiranya cocok diajak untuk bekerja sama. Kamu bisa membuat 3–5 daftar akun dan bandingkan jumlah followers, persyaratan, nilai engagement, serta harga yang diberikan.

Baca Juga : Cara Membuat Iklan di Instagram dan Tips Terbaiknya

6. Membeli Followers Asli

Jasa beli followers instagram sangat banyak peminatnya. Namun, perlu kamu tahu ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan follower yaitu menggunakan follower robot atau asli.

Memilih jasa follower asli tentu lebih menguntungkan kedepannya apalagi untuk akun baru. Sekalipun harganya lebih mahal, tetapi kamu bisa berinteraksi dua arah dengan mereka. Tak menutup kemungkinan, mereka juga akan menjadi konsumen kamu di masa mendatang. Untuk itu, jika memang ingin followers asli, cerdaslah dalam memilih jasa yang berkualitas dan sudah banyak testimoninya.

7. Memberikan Giveaway

Banyaknya akun bisnis baru yang cara promosinya sudah menggunakan strategi dari giveaway. Kebanyakan pelaku bisnis menganggap giveaway ini lebih efektif sebab memngkinkan pelanggan utnuk mencoba dan mengenali produk secara gratis. Lagi pula, kamu juga bisa dapatkan follower secara cuma-cuma dengan memberlakukan persyaratan tertentu.

Apabila pelanggan merasa puas, pastinya mereka tak akan segan untuk melakukan repeat order. Tak terkecuali, juga ikut promosi ke teman-teman terdekatnya. Untuk yang gratis, tentu perlu waktu yang cukup lama agar konten kamu bisa menjangkau lebih banyak target. Sedangkan, yang berbayar lebih instan, tetapi harus siap merogoh kantong lebih banyak.

Itulah beberapa cara promosi di Instagram yang benar untuk akun baru. Agar lebih maksimal, kamu bisa menggunakan aplikasi bisnis yang terintegrasi dengan Whatsapp Business API seperti Koala+. Selain itu, aplikasi ini menyediakan fitur website jualan dengan katalog yang menarik. Caranya sangat gampang, kamu hanya perlu isi nama toko saja lalu tambahkan produk jualanmu.

Aplikasi Koala+ siap membantu perusahaan atau pelaku bisnis memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggannya. Koala+ dibekali fitur pengelola chat yang canggih sehingga cocok untuk para pelaku bisnis. Jadi tunggu apa lagi, segera daftar Koala+ sekarang juga!